Womanindonesia.co.id – Dalam beberapa tahun terakhir brand Indonesia terus menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Sejumlah merek lokal berhasil mendominasi pasar domestik dan bahkan merambah pasar ekspor. Kategori seperti makanan dan minuman, kosmetik, hingga berbagai produk lokal lainnya kini mampu bersaing dengan brand global, menjadi bukti nyata bahwa brand Indonesia semakin mendapatkan tempat di hati konsumen.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menyebut, pertumbuhan positif ini tak lepas dari berbagai faktor pendukung, seperti percepatan perizinan oleh pemerintah, ekosistem bisnis yang semakin kondusif, serta inovasi tiada henti dari para pelaku brand lokal. Produk-produk lokal kini tidak hanya unggul dari sisi kualitas, namun juga semakin relevan dengan kebutuhan dan preferensi konsumen modern.
Pertumbuhan brand dalam negeri juga didorong oleh perkembangan infrastruktur distribusi, logistik, dan sistem pembayaran yang semakin maju. Penguatan tren digital seperti pemanfaatan media sosial dan strategi live streaming, menjadi sarana penting dalam membangun komunikasi dua arah yang efektif antara brand dan konsumennya.
“Di tengah tantangan dan dinamika pasar, brand lokal dituntut untuk tetap adaptif. Inovasi berkelanjutan dan pemanfaatan teknologi digital menjadi kunci agar brand Indonesia dapat terus bertumbuh dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif,” ujar Tri Raharjo di Jakarta, Kamis (31/7).
Sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan brand-brand lokal, INFOBRAND.ID bersama TRAS N CO Indonesia kembali menghadirkan Brand Indonesia Excellence Award 2025, sebuah ajang penghargaan bergengsi yang ditujukan bagi brand Indonesia yang unggul dalam membangun popularitas, keterpilihan, dan kepuasan konsumen, khususnya di ranah digital.
Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID menjelaskan, Brand Indonesia Excellence Award adalah simbol keunggulan dan keterpilihan konsumen atas brand Indonesia. Lebih dari sekadar penghargaan, ini merupakan bentuk apresiasi atas kontribusi brand lokal dalam pertumbuhan industri dan perekonomian nasional.
“Penghargaan ini juga menjadi motivasi bagi brand-brand lainnya untuk terus berinovasi dan meningkatkan standar kualitasnya. Diharapkan melalui penghargaan ini, kepercayaan publik terhadap brand lokal akan semakin meningkat, menjadikannya pilihan utama di pasar dalam negeri dan berpotensi besar untuk bersaing di pasar global,” ujar Susilowati Ningsih, dalam The 30th INFOBRAND FORUM & Awarding Ceremony BRAND INDONESIA EXCELLENCE AWARD 2025, yang digelar di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta, Kamis 31 Juli 2025.
Untuk menentukan peraih penghargaan, dilakukan berdasarkan riset dan penilaian Brand Indonesia Excellence Indeks 2025, yang dilakukan dengan pendekatan Digital Research untuk menganalisa data brand di internet melalui mesin pencari dan official online store brand di Marketplace di Indonesia.
Proses riset dan penilaian di lakukan mulai bulan Februari – April 2025 terhadap 8.791 brand terriset di Indonesia, dengan mengacu kepada tiga aspek parameter penilaian;
Pertama, Digital Brand Aset Aspect, untuk memastikan bahwa brand-brand terriset merupakan merek Indonesia yang memiliki hak ekslusif atas merek dibuktikan dengan status didaftar, kewarganegaraan Indonesia atau berbadan hukum Indonesia, dan brand-brand tersebut memiliki official online store yang terdaftar secara resmi di Marketplace di Indonesia.
Kedua, Digital Brand Awereness Aspect, untuk mengukur tingkat intensitas dari suatu merek tampil di halaman internet, serta mengukur banyaknya pengguna internet yang mencari suatu merek melalui mesin pencari internet.
Dan ketiga, Digital Consumer Review & Rating Aspect, yang mengukur banyaknya ulasan dan penilaian (rating) yang diberikan konsumen atas transaksi produk melalui official online store brand di marketplace, serta mengukur tingkat kecepatan respon layanan pelanggan official store brand.
Lebih lanjut Tri Raharjo mengungkap, riset Brand Indonesia Excellence Index 2025 dilakukan terhadap 8.791 brand. Hasilnya terungkap ada 1,57 miliar akumulasi transaksi dengan rating penilaian konsumen rata-rata di 4,87 dari total review 748,8 juta ulasan konsumen. Sementara dari pengikut official store dari brand teriset mencapai 968,7 juta pengikut aktif.
“Jika dikategorikan setidaknya ada tujuh kategori produk, yakni; Food & Beverage, Fashion & Accesories, Health & Beauty, Electronic & Accessories, Perlengkapan Rumah, Ibu & Anak, terakhir kategori Otomotif, Olahraga dan Hobi,” ungkap Tri Raharjo.
Selanjutnya, peraih penghargaan Brand Indonesia Excellence Award 2025 dinilai telah memenuhi 3 kriteria penilaian yakni; brand terriset merupakan merek Indonesia yang statusnya didaftar dan tercatat pemilik kewarganegaraan Indonesia atau berbadan hukum Indonesia.
Brand terriset memiliki serta memasarkan produk melalui Official Online Store di Marketplace dengan total transaksi minimal 100.000 transaksi. Dan brand terriset meraih angka final skor minimal 80 poin berdasarkan hasil penilaian dan memiliki online customer rating minimal 4.5.
Adapun brand-brand peraih Brand Indonesia Excellence Award 2025 antara lain; Polini untuk kategori Fashion dan Accessories, Scarlet Racing untuk kategori Otomotif, Noera By Reisha untuk kategori Health & Beauty, HSD untuk kategori Food & Beverage, CuddleMe untuk kategori Ibu dan Anak, In-Lite untuk kategori Electronic & Accessories, DAP untuk kategori Electronic dan Accessories, Brasov untuk kategori Health & Beauty, Momogi untuk kategori Food & Beverage, Montiss untuk kategori Perlengkapan Rumah, Scelta untuk kategori Fashion dan Accessories, dan No Void Minds untuk kategori Fashion & Accesoies.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News