Womanindonesia.co.id – Sinema kini bukan hanya tentang hiburan. Menyambut Hari Anak Nasional, CGV Cinemas Indonesia bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) serta Yayasan Waroeng Imaji menghadirkan pengalaman menonton yang sarat makna bagi 400 anak dari berbagai latar belakang sosial, melalui pemutaran film edukatif JUMBO di CGV Grand Indonesia, Minggu (20/7).
Dengan mengusung semangat “Anak Hebat, Indonesia Kuat Menuju Indonesia Emas 2045”, kegiatan ini menjadi ruang bagi anak-anak untuk belajar melalui media yang menyenangkan, serta membangun kepekaan sosial lewat cerita yang dekat dengan dunia mereka.
Film JUMBO menceritakan perjuangan Don, seorang anak bertubuh besar yang kerap mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari teman-temannya. Lewat tekad dan keberanian, Don ingin membuktikan bahwa setiap anak punya keunikan dan potensi yang bisa bersinar. Cerita ini menyentuh persoalan penting yang sering terjadi dalam keseharian anak-anak: bullying, kehilangan, kepercayaan diri, dan kekuatan mimpi.
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Arifah Fauzi, menyambut baik kolaborasi ini sebagai bagian dari upaya kolektif membentuk generasi masa depan yang kuat secara karakter.
“Peringatan Hari Anak Nasional ini adalah kesempatan kita untuk kembali menegaskan komitmen terhadap perlindungan dan pemenuhan hak anak. Saya mengajak kepada seluruh pihak untuk mendukung karya anak bangsa karena akan ada karya Jumbo-Jumbo berikutnya ke depan. Kami yakin anak-anak Indonesia sebagai generasi masa depan akan menciptakan inovasi-inovasi bagi bangsa,” ujarnya.
Ia juga menambahkan bahwa film JUMBO mengandung pesan yang kuat. “Jangan membully teman, tetap semangat untuk membuktikan kemampuan diri, dan jangan ragu untuk membantu teman yang membutuhkan, itulah pesan baik yang bisa dipetik dari film JUMBO. Kami senang sekali dan mengapresiasi CGV atas dukungannya dalam memperkuat pendidikan karakter melalui media film,” kata Arifah.
Ketua Yayasan Waroeng Imaji, Dovieke Angsana, menambahkan bahwa kegiatan ini selaras dengan misi yayasan mereka dalam pengembangan karakter anak-anak Indonesia.
“Sebagai yayasan nirlaba yang berfokus pada pemberdayaan dan pengembangan karakter anak, Waroeng Imaji menyambut baik kegiatan nonton bersama ini. Semoga dengan menyaksikan JUMBO, anak Indonesia dapat belajar saling menghargai serta memahami arti persahabatan sejati dalam perbedaan,” ujar Dovieke.
Acara ini juga menjadi ajang bagi anak-anak dari rusunawa, panti asuhan, dan mereka yang memerlukan perlindungan khusus untuk merasakan pengalaman menonton film di bioskop dengan nyaman. CGV turut menyediakan snack dan mainan edukatif untuk membuat suasana semakin hangat dan menyenangkan.
CEO CGV Cinemas Indonesia, Mark Nah, menjelaskan bahwa pihaknya akan terus memperkuat komitmen menjadi bioskop yang ramah anak dan edukatif.
“Tidak hanya menjadi sarana hiburan, kami berharap CGV dapat menjadi ruang pembelajaran dan inspirasi yang menyenangkan bagi anak-anak dan generasi muda melalui penayangan film-film ramah anak, program edukatif seperti kids field trip di bioskop, maupun menyediakan wadah kreasi dan kolaborasi kegiatan positif,” tutur Mark.
Dengan 71 bioskop dan 405 layar di seluruh Indonesia, CGV membuka diri untuk terus menghadirkan konten dan program yang membangun, memperluas akses terhadap pendidikan karakter, dan menciptakan ruang inklusif yang menyatukan hiburan dan pembelajaran, khususnya bagi anak-anak.
Hari Anak Nasional tahun ini pun terasa lebih berkesan, bukan hanya karena perayaannya, tetapi karena hadirnya sinema sebagai media refleksi, harapan, dan pembentukan karakter untuk generasi penerus bangsa.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News