Membaca Buku dapat Merangsang Kreativitas Anak

WomanIndonesia.co.id – Buku adalah gudang ilmu dan membaca adalah kuncinya. Dengan membaca akan memperkaya pengetahuan kita tentang banyak hal. Kebiasaan gemar membaca mestinya diterapkan sejak usia dini agar anak terstimulasi dan tumbuh menjadi anak yang cerdas juga kreatif.

Para ahli percaya bahwa anak-anak usia dini memiliki memori yang kuat dan sedang berada dalam tahap pembentukan karakter. Maka dari itu, penting bagi Bunda dan Ayah untuk membiasakan membaca kepada Si Kecil.

“Dengan membaca, anak-anak akan terstimulasi kreativitasnya kemudian juga mempengaruhi kognitif anak,” kata Anna Surti Ariani Psikolog Anak di Jakarta baru-baru ini.

Perempuan yang juga akrab disapa Kak Nina ini menjelaskan tiga manfaat membaca buat anak sebagai berikut.

1. Anak Lebih Cerdas

Dengan membiasakan membaca wawasan Si Kecil lebih luas. Membaca juga membantu anak dalam berkonsentrasi karena ia akan lebih fokus dengan tulisan yang tidak bergerak.

“Nonton di gadget dengan membaca buku jenis konsentrasinya berbeda. Ketika kita nonton sesuatu di gadget kan bergerak jadi konsentrasinya tidak fokus, beda kalau baca buku, gak bergerak maka fokus konsetrasi lebih baik,” jelas Ka Nina.

Konsetrasi yang baik saat membaca buku membantu meningkatkan kemampuan mengingat anak. Kemudian ia mendapat banyak ide memecahkan masalah dan kemampuan imajinasinya lebih baik. “Kemudian anak akan menjadi haus pengetahuan lalu prestsi akdemis lebih baik,” kata Ka Nina.

2. Kemampuan Berbahasa Meningkat

Dengan membiasakan membaca kosa kata anak akan lebih banyak, struktur dan logika bahasanya lebih baik, dan pemahaman bacaan anak juga lebih baik.

3. Meningkatkan Perkembangan Sosioemosional

Ada banyak pesan moral yang bisa didapatnya anak ketika membaca diantaranya anak akan mampu memahami perilaku yang baik dan buruk belajar berempati dengan orang lain.

Selain itu, orangtua juga perlu membiasakan membacakan buku cerita kepada anak (read aloud) atau mendongeng

Gery Puraatmadja, yang sering dipanggil Paman Gery, seorang pedongeng terkenal mengungkapkan, selain mengembangkan kreativitas, mendongeng mampu mengembangkan daya imajinasi, kosakata anak, serta mempererat hubungan antara anak dan orangtua.

“Perkembangan sosial dan emosional anak juga akan menjadi lebih baik apabila orang tua berperan secara langsung dalam pengembangan edukasi anak antara lain melalui mendongengkan kisah-kisah terbaik dari buku cerita,” kata Gery.

Ka Nina menjelaskan beberapa manfaat membacakan buku cerita kepada anak yakni:

– Kesempatan mendekaatkan diri dengan anak dapat meningkatkan hubungan mesra
– Kesempatan membahas berbagai topik yang penting diketahui anak.
– Kesempatan berbagi nilai-nilai yang dianggap penting dalam keluarga

Nah, agar anak gemar membaca orangtua perlu mengasah minat baca Si Kecil dengan cara:
– perlihatkan orangtua senang membaca
– tunjukan berbagai tulisan di manapun
– bacakan buku anak dengan asyik
– obrolkn buku yang dibaca dengan anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *