Womanindonesia.co.id – Tidak hanya memperkenalkan lima solusi unggulannya, Midea menegaskan strategi jangka panjang untuk memperkuat ekosistem teknologi dan layanan lokal di kawasan Asia-Pasifik melalui konferensi dealer regional perdananya. Langkah ini menandai komitmen Midea dalam memimpin pasar global dengan pendekatan yang berfokus pada kebutuhan konsumen dan mitra lokal.
Dalam acara ini, Midea menghadirkan SMART MASTER, AI ECOMASTER, SPACE MASTER, Residential Air Conditioner, dan Midea Building Technology Solutions sebagai solusi terintegrasi yang mewakili inovasi perusahaan. Namun lebih dari sekadar produk, Midea menitikberatkan pada visi besar: menghadirkan pengalaman hidup yang lebih baik bagi masyarakat dengan menggabungkan teknologi, keberlanjutan, dan layanan purna jual yang handal.
Ekspansi Produksi dengan Sentuhan Teknologi AI
Midea kini mengoperasikan 63 pabrik global, termasuk fasilitas besar di Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Pabrik di Thailand menjadi sorotan sebagai World Economic Forum Lighthouse Factory pertama di industri AC global, sekaligus pabrik pertama di Asia Tenggara dengan konektivitas penuh 5G.
Dengan investasi sekitar USD 168 juta, pabrik seluas 208.000 m² itu ditargetkan mampu memproduksi enam juta unit per tahun pada 2026. Teknologi AI yang diterapkan bukan hanya untuk kontrol kualitas, tetapi juga untuk keselamatan kerja, efisiensi energi, dan pengurangan emisi karbon. Hasilnya, fasilitas ini mencatat penghematan energi hingga 40,2% per unit AC dan pengurangan emisi karbon 68,3%.
Penguatan Layanan Lewat Teknologi Digital
Midea juga meluncurkan aplikasi Midea Club di Asia-Pasifik, yang didedikasikan untuk mendukung teknisi dalam hal pengiriman, instalasi, pelatihan, hingga layanan garansi. Inisiatif ini diperkuat dengan lebih dari 200 acara pelatihan dan layanan tiap tahun, serta target melibatkan 30.000 teknisi dalam tiga tahun mendatang. Saat ini, jaringan layanan Midea telah mencakup lebih dari 1.800 mitra DSC dan ASP, memastikan layanan purna jual cepat, andal, dan berkualitas.
Komitmen Lingkungan dan Komunitas
Selain fokus pada pasar, Midea juga menegaskan kepeduliannya terhadap keberlanjutan. Pada 28 September 2025, Midea bekerja sama dengan Yayasan Mangrove Indonesia Lestari untuk menanam lebih dari 1.000 terumbu karang di Bali.
“Menanam terumbu karang bukan hanya tentang menyelamatkan laut, tetapi juga menjaga keanekaragaman hayati, mendukung perikanan, melindungi masyarakat, dan menjamin masa depan Bali yang berkelanjutan,” ujar Zeal Jiang, Presiden Midea Asia Pacific dikutip, Selasa (30/9).
Atas upaya keberlanjutan dan kinerja ESG-nya, Midea masuk dalam Sustainability Yearbook (Edisi China) 2025, memperkuat reputasinya sebagai perusahaan yang tidak hanya berorientasi pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga keberlangsungan lingkungan.
Kemitraan Global yang Menguatkan Citra
Midea juga terus membangun citra global melalui dunia olahraga. Pada 2 September 2025, perusahaan resmi menjadi Main Partner Sleeve Sponsor FC Barcelona, melengkapi deretan kemitraan prestisiusnya bersama Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Manchester City FC.
Investasi Besar untuk Masa Depan
Dalam lima tahun terakhir, Midea telah menggelontorkan USD 10 miliar untuk riset dan pengembangan, dengan 23.000 profesional R&D dan lebih dari 100.000 paten. Ke depan, perusahaan menargetkan investasi lebih dari CNY 50 miliar (USD 6,96 miliar) dalam tiga tahun ke depan, khususnya di bidang AI, energi baru, robotika, dan embodied intelligence.
Salah satu bukti keseriusan ini adalah peluncuran robot humanoid rumah tangga MIRA di World AI Conference 2025, yang menandai babak baru Midea dalam teknologi kecerdasan buatan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News