Womanindonesia.co.id – Sebuah mobil, sebuah pesawat, dan sebuah komik strip digital. Tiga elemen berbeda ini bersatu dalam sebuah kolaborasi kreatif bertajuk Sky Explorer yang digagas oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Bersama Garuda Indonesia dan kreator komik digital Tahilalats, Sky Explorer menjadi lebih dari sekadar kampanye otomotif – ia adalah bentuk eksplorasi lintas medium yang menjangkau keluarga Indonesia melalui cerita, pengalaman, dan humor.
Mitsubishi Destinator, model terbaru yang diluncurkan pada Juli 2025, menjadi pusat dari kampanye ini. Namun alih-alih hanya menampilkan keunggulan teknis, MMKSI memilih menyampaikan nilai produk melalui cara yang lebih emosional dan membumi: menyatu dengan gaya hidup, dikisahkan dengan ilustrasi jenaka, dan dihadirkan lewat pengalaman terbang.
Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI menuturkan melalui kampanye Sky Explorer, pihaknya ingin memperluas makna sebuah perjalanan bukan sekadar mobilitas, tetapi juga pengalaman yang menyenangkan dan membekas. Mitsubishi Destinator hadir untuk menjawab kebutuhan keluarga Indonesia modern yang menginginkan kendaraan yang tangguh, nyaman, dan dapat diandalkan untuk menjelajahi setiap tujuan dengan percaya diri.
“Kami melihat adanya potensi besar dalam kolaborasi ini, karena Mitsubishi Motors dan Garuda Indonesia memiliki kesamaan dalam profil konsumen, terutama dari sisi gaya hidup, aspirasi, dan semangat muda,” katanya di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Minggu (27/7).
Hal ini semakin diperkuat dengan kehadiran Tahilalats, yang mampu menyampaikan pesan brand Mitsubishi dengan cara yang atraktif, kreatif, dan relevan dengan generasi saat ini.
“Kami percaya kolaborasi lintas industri seperti ini akan menghadirkan nilai tambah yang kuat, baik secara emosional maupun fungsional, bagi seluruh konsumen kami,” ujar Atsushi.
Bagi Garuda Indonesia, kolaborasi ini menjadi kesempatan untuk membuktikan bahwa maskapai nasional juga dapat menjadi ruang tumbuh bagi kekayaan intelektual lokal.
Pada kesempatan yang sama, Wamildan Tsani, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Mengungkapkan sebagai flag carrier, perusahaan pelat merah ini meyakini bahwa kolaborasi lintas industri merupakan strategi penting dalam mendorong potensi kekayaan intelektual lokal untuk menjangkau lebih luas.
“Melalui kolaborasi ini, kami menghadirkan tidak hanya pengalaman terbang yang berbeda, tetapi juga peran aktif dalam memperkenalkan IP lokal ke dalam ekosistem jenama global. Ini adalah bentuk kontribusi nyata Garuda Indonesia dalam mengintegrasikan nilai ekonomi kreatif ke dalam industri layanan,” ujar Wamildan.
Ia menambahkan bahwa kerja sama seperti ini bisa menjadi contoh kemitraan masa depan. “Ini menunjukkan model kemitraan masa depan, di mana platform distribusi nasional (seperti maskapai), brand global (seperti Mitsubishi Motors), dan kreator lokal (seperti Tahilalats) dapat saling menguatkan untuk membangun ekosistem yang inklusif dan produktif bagi IP lokal,” katanya.
Sky Explorer berjalan dari Juli hingga Desember 2025 melalui berbagai kanal dan titik interaksi. Di Sarinah Jakarta, publik bisa mengunjungi instalasi photo booth Sky Explorer yang menampilkan karakter Tahilalats. Di pameran otomotif GIIAS, tersedia Sky Explorer Lounge sebagai zona eksklusif bertema keluarga urban. Bahkan karyawan dan pengunjung kantor pusat Garuda Indonesia dapat menjajal langsung Mitsubishi Destinator dalam sesi test drive.
Lebih jauh, branding Sky Explorer juga hadir di penerbangan Garuda Indonesia. Selama periode 20 Juli hingga 20 Agustus 2025, penumpang dapat menemukan elemen kampanye pada headrest, paper cup, boarding pass sleeve, hingga luggage tag. Tidak hanya itu, Mitsubishi Destinator juga hadir di layar in-flight entertainment selama Agustus hingga September 2025.
Untuk memperluas jangkauan ke generasi digital, MMKSI dan Garuda menggandeng Tahilalats merancang booklet eksklusif yang dibagikan di lounge, pesawat, dan diler Mitsubishi. Komik dan video animasi juga akan dirilis secara berkala di media sosial.
Kolaborasi ini menyampaikan satu pesan utama: bahwa perjalanan adalah pengalaman emosional. Lewat narasi visual khas Tahilalats, kenyamanan produk Mitsubishi, dan kebanggaan nasional dari Garuda Indonesia, Sky Explorer menjadi perayaan keluarga, petualangan, dan cerita.
Mitsubishi Destinator sendiri hadir sebagai kendaraan keluarga modern yang menggabungkan desain tangguh, fitur lengkap, dan kenyamanan. Dalam kampanye ini, Destinator bukan hanya mobil baru, tapi simbol petualangan baru bersama keluarga.
Dan melalui Sky Explorer, MMKSI membuktikan bahwa peluncuran mobil pun bisa menjadi gerbang kolaborasi yang lebih besar menyatukan darat, langit, dan imajinasi dalam satu perjalanan yang mengesankan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News