Womanindonesia.co.id – Perubahan perilaku konsumen di era digital kembali menegaskan pentingnya kanal e-commerce sebagai motor penggerak pertumbuhan brand di Indonesia. Hal ini tergambar dari hasil riset yang menjadi dasar ajang Brand Choice Award Special Achievement 2025 yang digelar INFOBRAND.ID bersama TRAS N CO Indonesia.
Menurut Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID, penghargaan ini bukan sekadar seremoni, melainkan bentuk apresiasi nyata terhadap brand nasional maupun internasional yang sukses meraih hati konsumen melalui platform marketplace.
“Brand Choice Award Special Achievement merupakan apresiasi dan pengakuan bergengsi kepada brand-brand Nasional dan Internasional, yakni; kebutuhan Ibu & Anak, kategori produk kesehatan dan kecantikan, dan di kategori produk home & living. Penghargaan ini merupakan apresiasi dan pengakuan atas kesuksesan brand di kategori tersebut dalam memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen di kategori masing-masing,” jelas Susilowati, Senin (15/9/2025).
Ia menambahkan, tujuan penghargaan ini adalah untuk memperkuat kepercayaan konsumen terhadap brand. “Dan tentunya kami berharap penghargaan ini dapat mendorong perusahaan-perusahaan dan brand-brand di segmen market, Mom & Kids, Health & Beauty, maupun Home & Living untuk semakin mengoptimalkan channel marketplace untuk mendorong penjualan produknya,” tambahnya.
Riset Digital Jadi Fondasi Penilaian
INFOBRAND.ID menggandeng TRAS N CO Indonesia untuk melakukan riset komprehensif yang berlangsung pada April–Juni 2025. Menurut Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, riset dilakukan dengan metode digital research menggunakan tiga parameter: Digital Brand Awareness Aspect, Brand Choice Aspect, dan Social Media Aspect.
“Untuk kategori Mom & Kids riset dilakukan terhadap 143 kategori dengan 1.291 brand, kemudian di kategori Health & Beauty dilakukan terhadap 200 kategori dengan 2.386 brand, dan di kategori Home & Living dilakukan terhadap 163 kategori dengan 1.447 kategori,” ungkap Tri Raharjo.
Data yang terkumpul mencerminkan besarnya pasar digital Indonesia. “Dari riset yang dilakukan terungkap, ada 111 juta akumulasi transaksi dan 33,9 juta ulasan untuk kategori Mom & Kids. Lebih dari 565 juta akumulasi transaksi dan 196 juta ulasan untuk kategori Health & Beauty. Dan lebih dari 108 juta akumulasi transaksi dan 34,6 juta ulasan untuk kategori Home & Living,” jelasnya.
Kategori dengan Transaksi Tertinggi
Berdasarkan riset, kategori produk yang paling diminati konsumen digital di masing-masing segmen cukup menarik.
Mom & Kids: Pulpen (9,5 juta transaksi), Popok (7,2 juta), Penghapus (4,5 juta), Pelancar ASI (3,9 juta), dan Susu Formula 1–3 Tahun (3,9 juta).
Health & Beauty: Moisturizer (28,8 juta), Sunscreen (25,1 juta), Masker Wajah (21,7 juta), Lip Cream (20,3 juta), dan Body Serum (18,7 juta).
Home & Living: Wallpaper Dinding (11,2 juta), Deterjen (6,4 juta), Sabun Cuci Piring (6,4 juta), Lampu LED (4,4 juta), dan Pelicin Pakaian (4,3 juta).
“Secara keseluruhan, kategori produk Mom & Kids, Home & Living, serta Health & Beauty tahun 2025 menunjukkan tingkat kepuasan konsumen yang sangat tinggi dengan rata-rata rating mendekati angka sempurna, yakni 4,8–4,9. Hal ini menandakan bahwa meskipun volume transaksi di masing-masing kategori berbeda, kualitas produk yang ditawarkan secara konsisten mampu memenuhi harapan konsumen,” tegas Tri Raharjo.
Deretan Brand Pemenang
Hasil riset ini menjadi dasar penentuan pemenang penghargaan Brand Choice Award Special Achievement 2025. Berikut deretan brand yang berhasil meraih pengakuan:
Health & Beauty: Mama’s Choice (Nipple Cream), WRP (Healthy Snack), Mlen Diary (Extension Lashes), Sinocare (Alat Cek Gula Darah), dan Dermatix Ultra (Krim Penghilang Bekas Luka).
Mom & Kids: BerryC (Patch Anti Nyamuk), Purela (Facial Wash Kids), Nafa Baby (Kasur Bayi), Morinaga Chil-Kid Platinum (Susu Formula 1–3 Tahun), dan Transpulmin (Baby Balm).
Home & Living: Gaabor (Air Fryer), Dekkson (Handle Pintu), Dreame (Robot Vacuum Cleaner), Turu (Springbed), Simbadda (Soundbar), ISKU (Kunci T, Kunci L, dan Palu), Mesin HL (Coffee Grinder), MODENA (Water Heater), dan Prokleen (Pemutih Pakaian).
Selain itu, ada juga Brand Choice Award 2025 (Reguler) yang diraih Ecentio untuk kategori Termos.
“Selain itu ada juga peraih Brand Choice Award 2025 (Reguler), yakni Ecentio untuk kategori Termos,” tutup Tri Raharjo.
Hasil riset dan penghargaan ini menunjukkan konsumen Indonesia semakin selektif dalam memilih produk. Tidak hanya berdasarkan harga, tetapi juga kualitas, ulasan pengguna, hingga kepercayaan terhadap brand. Melalui Brand Choice Award, INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia memberikan gambaran jelas tentang bagaimana dinamika pasar digital bergerak, sekaligus memetakan peluang baru bagi brand untuk terus berkembang di era ekonomi digital.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
 







