10 Anak Indonesia Siap Bersaing di Kejuaraan Dunia Jr. NBA

WomanIndonesia.co.id – Sepuluh anak Indonesia siap bertarung pada Kejuaraan Dunia Jr. NBA (Jr. NBA Global Championship) yang akan berlangsung pada 6-11 Agustus di ESPN Wide World of Sports Complex, Walt Disney World, dekat Orlando, Florida.

Jr. NBA Global Championship merupakan turnamen basket bagi anak-anak laki-laki dan perempuan terbaik berusia 13-14 tahun dari seluruh dunia.

Para pemain akan siap bersaing dengan peserta dari sembilan negara Asia Pasifik lain. Mereka merupakan pemain-pemain yang lolos menjadi Jr NBA Indonesia All-Star 2019.

Kelima wakil putra Indonesia adalah Farel Ahmad Sudiro, Brian Leonard, Sean Rowen, Bryan Daniel Angelino dan Paschal Christofer Daniel Tansil. Sedangkan lima wakil putri, Vanissa Renata Siregar, Balqis Amira, Richel Felisha Salim, Angelica Jenifer Candra dan Chumaira Dian Khayra.

Pengumuman Kamp Penyisihan Kejuaraan Dunia Jr. NBA untuk wilayah Asia-Pasifik (Jr. NBA Global Championship Asia Pacific Selection

Camp) dilakukan Minggu (16/6). Penyaringan yang berlangsung selama 2 hari itu diikuti 34 anak-anak laki-laki dan 34 anak-anak perempuan di Asia-Pasifik.

Kamp Penyisihan Kejuaraan Dunia Jr. NBA untuk wilayah Asia Pasifik itu diselenggarakan pada 15-16 Juni di Universitas Pelita Harapan (UPH) di Jakarta.

Kamp tersebut diikuti 68 peserta dari 10 negara di wilayah tersebut, termasuk Australia, Indonesia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Thailand, dan Vietnam.

Carlos Barroca, Jr. NBA Head Coach mengatakan fokus kegiatan itu adalah mengembangkan kemampuan teknis dan taktis anak-anak di samping format pertandingan 5-on-5.

“Puncak acara itu adalah terpilihnya 10 anak-anak laki-laki dan 10 anak-anak perempuan untuk mewakili Asia-Pasifik di Kejuaraan Dunia Jr. NBA pada Agustus mendatang,” ujarnya baru-baru ini.

Program Jr. NBA di Asia bertujuan mengembangkan kesehatan serta mendorong gaya hidup aktif di kalangan angkatan muda dengan mengintegrasikan olahraga basket ke dalam kurikulum pendidikan olahraga lokal.

Sejak diluncurkan pada 2014, program Jr. NBA telah menjangkau lebih dari 18 juta anak-anak laki-laki dan perempuan di Asia, mengajarkan keterampilan dasar dan nilai utama Jr. NBA, yaitu Sportsmanship (sportivitas), Teamwork (kerja sama), a positive Attitude (sikap positif), dan Respect (saling menghargai), atau yang disingkat menjadi (S.T.A.R.).

Selain itu, terdapat program Akademi Pelatih Jr. NBA (Jr. NBA Coaches Academy – program pelatihan guru dan pelatih olahraga, yang didukung pemerintah daerah dengan tujuan mengembangkan potensi lokal dalam bermain dan menikmati olahraga basket- telah melatih lebih dari 62.000 guru dari 37.000 sekolah di 50 kota di seluruh Asia.

Kejuaraan Dunia Jr. NBA akan menampilkan anak-anak laki-laki dan perempuan, yang dibagi ke dalam tim Amerika Serikat dan Internasional, dimulai dengan pertandingan berformat setengah kompetisi (round-robin) dan dilanjutkan dengan sistem gugur. Pemenang di kategori Amerika Serikat dan Internasional tersebut selanjutnya akan bermain di kejuaraan dunia pada 11 Agustus.

Lebih dari 300 anak-anak laki-laki dan perempuan dari 35 negara berpartisipasi dalam pembukaan Jr. NBA Global Championship pada Agustus 2018.

Dalam kegiatan sepekan itu, seluruh tim, yang berjumlah 32, mengikuti berbagai kegiatan di luar lapangan, seperti, pengembangan diri, kunjungan ke taman hiburan Disney, kegiatan sosial, dan pertemuan dengan pelatih, pemain aktif dan non-aktif NBA serta WNBA.

Tim perempuan Central asal Kansas City, Missouri, menang atas tim Eropa dengan hasil akhir 68-38, sementara tim laki-laki Central asal Overland Park, Kansas, menang atas tim Afrika dan Timur Tengah 60-50 pada pertandingan kejuaraan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *