Womanindonesia.co.id – Etitut, keterampilan dan pengetahuan, ketiga elemen tersebut disatukan membentuk formula sukses. Ini adalah fakta yang terkenal bahwa setiap orang dengan perpaduan yang luar biasa dari semua tiga karakteristik yang disebutkan di atas akan keluar sebagai manusia dengan banyak kecerdasan, kualitas kepemimpinan dan kemampuan mentoring.
Sebagaimana kita ketahui dan pahami bahwa di era persaingan dan kenaifan seperti sekarang ini, setiap individu diharapkan memiliki keterampilan, pengetahuan dan juga harus memiliki etitut yang benar yang dapat diterima secara universal.
Seseorang dengan hanya seember penuh keterampilan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas dengan jumlah pengetahuan yang sangat sedikit tentang subjek dan mungkin dengan etitut yang buruk tidak dapat dianggap berguna bagi organisasi untuk jangka panjang.
Jika Anda tidak memiliki keterampilan, itu bisa didapatkan dengan latihan. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan, itu bisa diperoleh dari belajar dan membaca. Tapi, kalau tidak punya sikap, Anda dalam masalah. Etitut, secara umum, dianggap negatif.
Memahami Etitut
Arti kamus sikap juga mengatakan, keadaan mental yang kompleks yang melibatkan keyakinan dan perasaan dan nilai-nilai dan disposisi untuk bertindak dengan cara tertentu. Tapi, apakah etitut selalu merupakan keadaan mental yang kompleks atau dapat dipahami dalam arti positif?
Etitut, dalam istilah sederhana dapat menjadi cara setiap individu untuk memahami dan memahami sesuatu. Persepsi ini terhadap situasi atau individu apa pun dapat sekali lagi bervariasi dari orang ke orang dan juga bisa negatif dan positif.
Good attitude merupakan kepribadian atau sikap baik yang Anda miliki. Sikap inilah yang membuat Anda banyak disukai orang, mempunyai banyak teman dan merasa nyaman berada di lingkungan mana pun. Itu sebabnya, banyak yang mengatakan attitude itu penting dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan profesional.
Dalam bekerja, memiliki good attitude adalah sesuatu yang sangat penting. Sikap yang baik akan berpengaruh saat Anda berhubungan dengan banyak orang. Baik dengan sesama karyawan atau atasan. Sikap baik dengan etika sopan juga mempengaruhi mental seseorang, apakah bermental positif atau malah negatif.
Sikap mental positif atau positive mental attitude adalah perbuatan baik yang timbul, berasal dari diri sendiri. Perbuatan yang dilakukan secara sadar dan sangat dinikmati. Didikan orang tua sejak kecil, lingkungan, serta kebiasaan sangat mengacu pada sikap penting yang harus dimiliki, perilaku positif.
Bagaimana jika ada rekan kerja Anda yang memiliki attitude kurang menyenangkan? Saat kerja tim, kepribadian bad attitude bisa memberi rasa kurang nyaman pada rekan lainnya. Jadi, memiliki etika dan attitude yang baik dalam lingkungan kerja adalah suatu keharusan. Dalam kondisi apa pun, sikap profesional ini harus dijunjung tinggi.
Attitude dalam Dunia Kerja
Dunia kerja membutuhkan orang dengan etika dan attitude baik. Tanpa keduanya, perusahaan akan sulit mencari orang kepercayaan, sehingga kinerja perusahaan tidak optimal. Apabila Anda telah memiliki attitude yang baik, maka akan menimbulkan banyak manfaat sebagai berikut:
1. Karir
Karir bukan hanya urusan pintar, dan bernilai tinggi saja. Dalam berkarir, attitude lebih memiliki banyak peran, karena sikap baik akan berhubungan dengan orang-orang yang menyukai dan terkesan pada kepribadian Anda. Apalagi jika good attitude Anda diikuti dengan knowledge skill attitude.
Tiga kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti satu kesatuan untuk pengembangan karir, yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap. Memiliki ketiganya akan mempermudah karir Anda menuju level lebih tinggi. Good attitude, sikap profesional, dan skill mumpuni bisa jadi Jalan Pintar untuk Menggapai Karir impian.
2. Mudah beradaptasi
Bekerja harus mampu beradaptasi dengan lingkungan, termasuk lingkungan baru. Good attitude akan membawa Anda lebih mudah dalam beradaptasi dengan rekan kerja, atasan, dan tanggung jawab Anda. Mengapa? Karena saat memiliki attitude yang baik, Anda pun akan bersikap sopan dan dapat menghargai orang lain.
3. Attitude is Everything
Attitude is everything, sikap adalah segalanya dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Jika Anda memiliki sikap baik terhadap sesama, mereka juga akan bersikap baik kepada Anda. Namun, jika sikap Anda kurang baik, orang akan cepat meninggalkan Anda.
Dalam hubungan dengan sesama rekan kerja, memiliki sikap baik adalah keharusan. Supaya terjalin hubungan baik saat bekerja, ingatlah hal di bawah ini.
- Tidak egois, tidak mementingkan diri sendiri adalah bekal membangun tim bagus dan pekerjaan terselesaikan dengan lancar serta sesuai target.
- Menghargai orang lain. Bagaimana akan dihargai orang lain jika Anda sendiri tak menghargai orang lain? Menghargai sesama akan membuat hidup Anda bahagia. Sudahkah Anda mengetahui arti bahagia?
- Dipercaya orang. Memiliki good attitude membuat orang lebih percaya terhadap apa yang Anda lakukan. Orang akan melihat kepribadian Anda berdasarkan sikap dan ketulusan. Hal ini nantinya bisa membawa Anda pada kebaikan tak terduga.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News