INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia berkomitmen untuk memberikan penghargaan kepada merek-merek yang telah memenangkan BRAND CHOICE AWARD 2023 sebagai bentuk pengakuan atas prestasi mereka dalam menjadi merek pilihan konsumen di Indonesia.
Womanindonesia.co.id – Ekonomi digital di Indonesia terus berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Menurut data dari Asosiasi E-Commerce Indonesia (idea), transaksi e-commerce di Indonesia pada tahun 2022 mencapai Rp476,3 triliun, dengan proyeksi meningkat menjadi Rp572 triliun pada tahun ini.
Peningkatan ini semakin optimis dengan Indonesia mencapai tingkat penetrasi internet yang tinggi. Menurut We Are Social, pengguna internet di Indonesia pada Januari 2023 mencapai 77% atau sekitar 212,9 juta pengguna.
“Semua fakta ini menunjukkan peluang yang besar bagi merek-merek di Indonesia untuk memperluas kehadiran mereka di ranah digital, terutama dalam memasarkan produk mereka di platform marketplace,” kata Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID.
Dengan semakin banyaknya merek yang beroperasi di ranah digital, peluang untuk menjadi merek pilihan konsumen semakin terbuka lebar. Menjadi pilihan konsumen adalah prestasi yang perlu diperjuangkan oleh setiap merek.
Dengan strategi yang tepat, fokus pada kualitas, dan komitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen, menjadi merek pilihan konsumen adalah tujuan utama.
Untuk menghargai merek-merek nasional dan internasional yang memasarkan produk mereka melalui platform marketplace di Indonesia dan berhasil menjadi pilihan konsumen Indonesia, INFOBRAND.ID sebagai media yang fokus pada perkembangan merek dan bisnis di Indonesia, bersama TRAS N CO Indonesia, perusahaan konsultan yang juga fokus pada penelitian dan perkembangan merek di Indonesia, akan menyelenggarakan BRAND CHOICE AWARD 2023 untuk yang kesebelas kalinya.
“Saat ini, BRAND CHOICE AWARD telah menjadi identitas merek-merek pilihan konsumen yang unggul dalam 11 penyelenggaraan sebelumnya,” ujar Susi.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, menjelaskan bahwa dalam riset Brand Choice Index 2023 fase ke-2, dilakukan mulai April-Juni 2023 terhadap 300 kategori produk dengan lebih dari 2.500 merek yang terdaftar.
Hasilnya mencakup lebih dari 63 juta transaksi produk, 36,9 juta ulasan konsumen, dan penilaian rata-rata sebesar 4,68 dari 5 melalui official store merek di dua marketplace teratas.
Dari 300 kategori tersebut, terungkap bahwa ada 10 kategori teratas yang memiliki transaksi, rating, dan ulasan terbanyak. Kategori teratas termasuk Face Oil dengan 3,3 juta transaksi, 2,2 juta ulasan konsumen, dan rating rata-rata 4,9. Selanjutnya, ada kategori Anti Aging dengan 2,2 juta lebih transaksi, 1,4 juta ulasan konsumen, dan rating rata-rata 4,9.
Kemudian, kategori Pulpen mencapai 1,9 juta transaksi, 1 juta lebih ulasan konsumen, dan rating rata-rata 4,9. Diikuti oleh kategori Whitening Cream dengan 1,8 juta lebih transaksi, 1,2 juta ulasan, dan rating rata-rata 4,7.
Berikutnya ada kategori Masker KN95 dengan 1,79 juta lebih transaksi, 821 ribu ulasan, dan rating penilaian rata-rata 4,9. Kategori Essence dengan 1,6 juta transaksi, 1,1 juta ulasan, dan rating rata-rata 4,9, serta kategori Clay Mask dengan 1,5 juta lebih transaksi, 1,1 juta ulasan konsumen, dan rating rata-rata 4,9.
Selanjutnya, terdapat kategori Makser Duckbill dengan torehan 1,5 juta lebih transaksi, 845 ribu ulasan, dan rating rata-rata 4,9. Lalu, kategori Acne Gel dengan 1,2 juta lebih transaksi, 829 ribu ulasan, dan rating rata-rata 4,9, serta kategori Pengharum Ruangan dengan 1,2 juta lebih transaksi, 681 ribu ulasan, dan rating penilaian rata-rata 4,9.
“Berdasarkan data-data di atas, kami telah menentukan merek-merek yang memenuhi syarat sebagai merek dengan tingkat keterpilihan tinggi di marketplace. Merek-merek tersebut akan menerima penghargaan Brand Choice Award 2023,” tambahnya.
Tri juga menjelaskan bahwa penilaian dalam riset Brand Choice Index 2023 dilakukan berdasarkan tiga aspek penilaian, yaitu Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Reviews & Rating Aspect, dan Digital Consumer Choice Aspect.
Selain itu, pemenang penghargaan BRAND CHOICE Award 2023 harus memenuhi 3 kriteria, yaitu:
1. Merek-merek ter-riset memiliki official store yang terdaftar secara resmi di marketplace di Indonesia.
2. Merek-merek ter-riset meraih angka final skor 10 persen atau lebih di kategori produknya.
3. Merek-merek pemenang berada pada posisi 3 teratas dalam kategori mereka, atau berada pada peringkat pertama jika hanya terdapat maksimal 3 merek ter-riset di satu kategori tersebut.
INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia berkomitmen untuk memberikan penghargaan kepada merek-merek yang telah memenangkan BRAND CHOICE AWARD 2023 sebagai bentuk pengakuan atas prestasi mereka dalam menjadi merek pilihan konsumen di Indonesia.
Untuk mengetahui siapa sajakah brand-brand peraih penghargaan Brand Choice Award 2023 kali ini, berikut diantaranya: Dekkson (Handle Pintu), Noera (Lip Serum, Lip Scrub, Teh Diet, Minuman Kolagen, dan Deodorant Body Spray), Barbara (Hair Spray), Heylook (Tas Laptop, Jaket Parasut Wanita, dan Tas Gym), Bumbu Bunda Elia (Kaldu Jamur), Y.O.U (Essence), Rexco (Pelumas Anti-Karat), Grace and Glow (Hair Spray), Denali (Syrup Gourmet), American Tourister (Koper), Modena (Dispenser Galon Bawah), Salsa (Peeling-Gel), Enervon-C (Multivitamin), Carvil (Sandal Pria), UBS Lifestyle (Kalung Emas), Niko (Kompor Tanam), dan beberapa brand lainnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News