Inilah Para Pemenang Lomba Cipta Lagu Radio & Radio Award 2019

WomanIndonesia.co.id – Di tengah gempuran platform musik digital, radio tetap menjadi media favorit bagi masyarakat Indonesia. Baik untuk mendengarkan informasi, juga mendengarkan lagu request pendengar setia. Bahkan pendengarnya pun didominasi oleh generasi centennial atau generasi z.

Data Nielsen pada kuartal ke tiga tahun 2019 menunjukkan bahwa 57 persen pendengar radio adalah generasi z dan nillenials alias generasi masa depan. Empat dari 10 orang pendengar radio melalui perangkat yang Iebih personal yaitu mobile phone dengan lama mendengar radio selama 14 jam 47 menit per minggu.

“Penetrasi jumlah pendengar radio di Jakarta saja sekitar 1,1 juta. Penetrasi pendengar musik melalui platform digital gak sampai 1 persen. Kita gak menyepelekan, kita gak tau 1 tahun lagi seperti apa. Di Amerika pendengar radio masih 90an persen dari populasi, pengguna platform musik digital masih di bawah 2 persen. Sedangkan di Korea Selatan dan China penetrasi platform musik digital diatas 5 persen,” jelas M. Rafiq, Sekertaris Umum PRSSNI pada temu media di Jakarta, Jumat (20/12).

Melihat hal ini, dalam rangka memperingati ulang tahun yang ke-45 yang jatuh pada 17 Desember lalu, Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) mempersembahkan Radio Day 2019.

Radio Day 2019 untuk kembali memperkenalkan radio sebagai media komunikasi yang efektif dalam merangkul berbagai segmen usia lintas generasi dan masih selalu dekat di hati pendengarnya.

Rangkaian aktifitas Radio Day 2019 ini meliputi dukungan PRSSNI terhadap komitmennya untuk menjaga dan menghargai keberagaman. Komitmen ini disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Erick Thohir Ketua Umum PRSSNI, dan M.Rafiq Sekretaris Umum PRSSNI yang disiarkan serentak di seluruh radio anggota PRSSNI mulai Pkl 07.00 WIB.

Radio Day 2019 dimeriahkan oleh beberapa rangkaian acara seperti Anugerah Lomba Cipta Lagu Radio dan Radio Awards 2019. Ada dua kategori lagu yang dilombakan yakni dangdut dan pop. Dimana sebanyak 1.287 peserta mengikuti ajang ini.

Dari semua peserta yang mengikuti, tersaring menjadi lima finalis untuk kategori pop dan empat finalis untuk kategori dangdut. Mereka memperebutkan hadiah total Rp200 juta untuk Juara 1, 2, 3 pilihan juri, serta Juara Favorit melalui voting terbanyak.

Adapun Pemenang Lomba Cipta Lagu Radio 2019 yang diumumkan pad malam penganugrahan di Hard Rock Cafe Pacific Place, Jakarta, Jumat malam (20/12) sebagai berikut:

Kategori Dangdut:

  • Juara 1 (hadiah 35jt)
    Judul: Derita Cinta
    Karya: Sunaryo (Gresik)
  • Juara 2 (hadiah 25jt)
    Judul: Terkubur Dalam Hati
    Karya: Sualuddin (Lombok)
  • Juara 3 (hadiah 15jt)
    Judul: Arti Cinta Sejati
    Karya: Silvy Nurmayasari (Kediri)
  • Favorit (hadiah 25jt)
    Judul: Derita Cinta
    Karya: Sunaryo (Gresik)

Kategori Pop:

  • Juara 1 (hadiah 35jt)
    Judul: R.A.-Dio
    Karya: Nata Ryan (Depok)
  • Juara 2 (hadiah 25jt)
    Judul: Mari Berdansa
    Karya: Rully Indra Taruna (Bekasi)
  • Juara 3 (hadiah 15jt)
    Judul: Usai Denganmu
    Karya: The Midnight Grid (Bandung)
  • Favorit (hadiah 25jt)
    Judul: Mari Berdansa
    Karya: Rully Indra Taruna (Bekasi)

“Lomba Cipta Lagu Radio (LCLRadio) 2019, sebagai salah satu program kerja PRSSNI yang dilaksanakan dalam rangka memperkuat eksistensi media radio di tanah air,” kata Denny Sompie, Ketua Bidang Organisasi PRSSNI.

Lomba ini juga melibatkan partisipasi radio anggota PRSSNI di seantero tanah air untuk mengajak pendengar radio di Indonesia untuk menjadi peserta.

Musisi, pengamat musik nasional, dan juga music director radio turut dilibatkan sebagai dewan juri dalam LCLRadio 2019 ini, seperti lkke Nurjanah, Hendro Saky, lrwan Jhons selaku juri Genre Dangdut dan Adib hidayat, Nina Tamam serta Temmy Motion Radio selaku juri Genre Pop.

Kegiatan ini mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat terutama para pendengar radio, yang dalam waktu 3 minggu berhasil mengumpulkan sebanyak 1,287 karya lagu, dan pada fase pemilihan lagu favorit pendengar diikuti lebih dari 4.000 voters hanya dalam waktu promosi empat setengah hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *