Kolaborasi Tango x Ban Ban Sasar Gen Z dan Milenial
Womanindonesia.co.id – Generasi milenial dan Gen Z menyumbang lebih dari 50% penduduk Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada sensus penduduk 2022, sekitar 90,27 juta orang adalah Gen Z dan 63,15 juta orang adalah Generasi Milenial.
Dalam 5 tahun ke depan, Gen Z akan memasuki usia produktif. Generasi ini dianggap sebagai masa depan sehingga banyak pihak mencoba mendekati mereka dengan cara kreatif, seperti Tango Waffle dan gerai minuman teh Ban Ban.
Berbeda dengan cara yang biasa dilakukan, Tango Waffle dan Ban Ban memperkenalkan kolaborasi yang lebih dari sekedar produk. Survei yang dilakukan oleh Litbang Kompas pada akhir 2022 mengungkapkan bahwa rata-rata lebih dari 80% Gen Z dan Milenial tetap optimis dengan tahun 2023.
Kedua generasi ini akan menjadi generasi penggerak dan pemimpin dalam waktu dekat, jadi sikap optimis mereka harus dihargai.
Tango dan Ban Ban harus mempertimbangkan bahwa cara konservatif dan biasa tidak akan efektif untuk mendekati generasi kreatif dan dinamis ini, sehingga mereka menghadirkan pendekatan kreatif seperti menggunakan influencer, membuat video campaign, dan promosi kreatif yang relevan dengan karakter Gen Z dan Milenial.
Selain dalam format produk, Tango juga melakukan kolaborasi dengan merek lain dari kategori yang berbeda. Bentuk kolaborasi yang dilakukan Tango memang fokus pada Gen Z dan Milenial yang menyukai tren kekinian, unik dan relevan.
Ban Ban menjadi salah satu minuman kekinian yang disukai oleh Gen Z dan Milenial, memiliki rasa otentik dan dibuat secara segar dari bahan berkualitas tinggi, mirip dengan Tango.
“Kolaborasi ini tidak hanya dalam format produk, tetapi juga hadir dengan video campaign bergenre drama Korea yang disukai oleh Gen Z dan Milenial,” kata Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group dalam keterangan persnya baru-baru ini.
Pada peluncuran eksklusif produk kolaborasi Tango Waffle dan Ban Ban untuk awak media, beberapa awak media mencoba produk kolaborasi yang langsung diracik oleh tim Ban Ban dan Calvin Lorenza, salah satu pemeran dalam video campaign bertema “Bittersweet Love.”
Kolaborasi Tango x Ban Ban Sasar Gen Z dan Milenial
Tango termasuk merek yang cukup aktif melakukan kolaborasi. Tidak selalu dengan produk makanan atau minuman tetapi dengan merek yang berbeda kategori misalnya produk t-shirt, sneaker, bahkan kosmetik.
Bentuk-bentuk kolaborasi yang dilakukan oleh Tango selama ini memang fokus menyasar Gen Z dan Milenial yang menyukai tren kekinian, unik dan relevan. “Ban Ban merupakan salah satu minuman kekinian yang digemari oleh Gen Z dan Milenial.
Ban Ban memiliki rasa yang otentik dibuat secara fresh dan dari bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti halnya juga Tango.” Tambah Harianus. Hal senada juga diungkapkan Wu Yi Jun, CEO Ban Ban Indonesia.
“Kolaborasi Tango x Banban ini juga sebagai simbol untuk menyampaikan pesan kasih sayang terhadap orang yang dikasihi, seperti keluarga, teman, atau juga bisa sebagai simbol self reward untuk diri kita sendiri,” kata Wu Yi Jun.
Meskipun berada dalam industri yang sama, yaitu makanan dan minuman, kolaborasi kali ini tidak sekedar dalam format produk seperti yang telah banyak dilakukan oleh merek-merek lain.
“Dalam kolaborasi ini, Tango Waffle menghadirkan video campaign yang dikemas bergenre drama Korea yang tentunya digemari oleh Gen Z dan Millennial,” jelas Wu Yi Jun.
Awak media juga berkesempatan untuk menyaksikan penayangan perdana video campaign ini yang melibatkan Jerhemy Owen dan Steffanny Tanner sebagai influencer. Kolaborasi ini menghadirkan varian baru seri Waffle, yaitu Tango Waffle Cookies and Cream, yang merupakan inovasi dari Tango.
Produk ini memiliki sheet renyah dengan krim tebal serta isi cookiez crumb dan rice crispies. Video campaign ini menggambarkan dua varian Tango Waffle, yaitu Choco Hazelnut dan Cookiez and Cream, masing-masing mewakili Gen Z dan Milenial dengan sifat lembut, manis, dan penyayang.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News