MCI berkolaborasi berbagai mitra pemerintah, mitra swasta dan komunitas lokal di Malang Raya.
Womanindonesia.co.id – Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu korban dari dampak pandemi Covid-19. Demi bisa kembali membangkitkan perekonomian usaha kecil menengah, Mercy Corps Indonesia (MCI) melalui Program CAMELIA (Covid-19 Recovery for Women-led Small Businesses in Greater Malang) membantu perempuan pengusaha kecil di Malang Raya untuk meningkatkan pendapatan, kualitas usaha dan membuka kesempatan kerja melalui peningkatan akses pada keuangan digital dan pendampingan usaha.
Kamis (14/4) MCI mengadakan penutupan Program CAMELIA yang berlokasi di Grand Mercure Malang Mirama di Jalan Raden Panji Suroso no. 7 Kota Malang yang dihadiri oleh peserta, fasilitator, dan mitra program.
MCI Dukung Perempuan Pengusaha Kecil
Mercy Corps Indonesia sebagai organisasi yang bertujuan memberdayakan masyarakat Indonesia dan didukung oleh VISA Foundation, sejak April 2021 hinggal April 2022 telah mendukung 321 perempuan pengusaha kecil di Malang Raya melalui sumber daya pelatihan dan pendampingan dengan metode hybrid (offline dan online).
MCI berkolaborasi berbagai mitra pemerintah, mitra swasta dan komunitas lokal di Malang Raya. Target yang diharapkan dari program CAMELIA adalah peningkatan akses usaha kecil yang dipimpin perempuan ke layanan keuangan seperti tabungan, pinjaman dan layanan pembayaran digital.

Program CAMELIA memberikan fasilitas berupa pelatihan dan pendampingan, baik dalam ataupun luar jaringan yang telah dijalankan sejak September 2021 hingga Februari 2022.
Kemudian, mengadakan berbagai rangkaian kegiatan terkait akses ke layanan lembaga keuangan formal dengan produk tabungan usaha dan pinjaman modal, peningkatan literasi keuangan dan literasi digital yang diperlukan untuk memperkuat bisnis mereka, meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja serta membangun masa depan usaha yang lebih tangguh.
Atya S. Marsyeila selaku Program Manager CAMELIA menyebutkan bahwa, “Program CAMELIA telah memberikan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan literasi keuangan dan literasi usaha kepada 321 peserta dan 33 peserta diantaranya adalah kelompok kurang terepresentasikan (underrepresented group),” ujarnya.
Program juga telah meningkatkan akses usaha perempuan pengusaha kecil ke layanan keuangan dengan sebanyak 266 peserta membuka rekening baru di bank dan dompet digital DANA Indonesia, 48 peserta mengakses pinjaman usaha dan 257 peserta mengaplikasikan pembayaran digital setelah mendapat intervensi dari program.
Terakhir, peserta berhasil meningkatkan pengelolaan keuangan dan pengembangan usaha mereka, terbukti dengan 212 usaha peserta mengalami peningkatan pendapatan dengan rata – rata peningkatannya adalah 58.4% dari pendapatan sebelum mengikuti Program CAMELIA.
“Kegiatan ini juga menjadi wadah yang mana awalnya tidak kenal satu sama lain. Sekarang peserta kita menjalin kolaborasi satu sama lain dan ini yang paling penting. Kita nggak menyangka ini sebelumnya,” tutup Atya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News