Moka Gandeng IWAPI untuk Memajukan Ribuan Womenpreneur di Indonesia

WomanIndonesia.co.id – Moka, startup penyedia sistem kasir digital Indonesia gandeng Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Pusat (IWAPI) untuk majukan lebih dari 30.000 pengusaha perempuan di Indonesia. Penandatanganan kerja sama ini diumumkan pada acara wadah edukasi pebisnis usaha mikro Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), A Cup of Moka (ACOM) edisi spesial International Woman’s Day, di Jakarta yang menghadirkan runtutan acara khusus untuk pengusaha perempuan bersama dengan pembicara kenamaan.

Moka dan IWAPI menjalin kerja sama untuk memfasilitasi pelaku UMKM di bawah naungan IWAPI dalam dua lingkup utama, yaitu melalui produk Moka point of sales (POS) dan program edukasi bisnis kreatif. Produk Moka POS yaitu pemanfaatan solusi operasional melalui teknologi real-time agar pelaku usahsa dapat menjalankan bisnisnya sehari-hari dengan lebih efisien, serta program edukasi bisnis kreatif yang akan berfokus untuk meningkatkan inovasi para womenpreneur.

Program edukasi bisnis ini meliputi seminar successpreneur, yaitu seminar yang akan mengundang beberapa panelis sebagai sumber inspiratif, serta creative workshop yang menitikberatkan pada pelatihan praktikal langsung untuk keahlian berbisnis seperti sosial media dan digital branding untuk UMKM. Selain itu, akan dilaksanakan juga program roadshow belajar langsung dengan merchant Moka ternama untuk mengetahui bagaimana cara mereka menangani bisnisnya mulai dari sisi strategi sampai dengan operasional.

Bayu Ramadhan, VP Brand & Marketing Moka menjelaskan fokus kerja sama diantara kedua entitas ini berlandaskan pada kesamaan visi untuk memberikan dorongan berupa edukasi kepada pengusaha perempuan agar terus berinovasi dan meningkatkan daya saingnya, terutama dengan mengandalkan teknologi.

Berdasarkan data World Bank, pengusaha perempuan di Indonesia menyumbang 9,1 persen dari total PDB pada 2017 atau mampu menyumbang sampai dengan USD100 milyar. Kini, pengusaha perempuan memiliki 43% dari total UMKM di Indonesia. “Moka bersama dengan IWAPI menargetkan akan memfasilitasi hingga lebih dari 3.000 womenpreneur di bawah naungan IWAPI skala nasional di sepanjang tahun 2019 ini,” kata Bayu Ramadhan.

Ketua Umum IWAPI Ir. Nita Yudi, MBA, mengharapkan inisiatif ini dapat meningkatkan kualitas pengusaha perempuan dalam berbisnis. “Dengan Moka selaku startup yang berfokus pada pengembangan UMKM, kami berharap dapat bersinergi untuk memberdayakan dan memperkuat kaum wanita di UMKM, terutama untuk mendapatkan akses ke teknologi baru, kemudahan pemasaran, dan keuangan,” jelasnya.

Bayu Ramadhan menambahkan, kontribusi womenpreneur di Indonesia tidaklah kecil. Menurut data IFC World Bank, walaupun waktu dan sumber daya perempuan dalam berbisnis kadang terbatasi karena peran gandanya yang memiliki lebih dari satu tanggung jawab, jumlah pengusaha perempuan (sebanyak 16%) lebih menghasilkan keuntungan bisnis yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria (14%).

“Kami di Moka percaya bahwa solusi teknologi dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengusaha wanita di Indonesia. Dengan menciptakan dukungan ekosistem yang sesuai untuk para womenpreneur melalui teknologi, tidak hanya bertahan, bisnis juga dapat terus berkembang dan bersaing seutuhnya,” ujarnya.

Tidak hanya pengukuhan kerja sama antara Moka dan IWAPI, rangkaian acara A Cup of Moka (ACOM) dalam memperingati Hari Perempuan Sedunia 2019 ini diisi dengan berbagai kegiatan inspiratif yang juga dihadiri oleh para pelaku bisnis perempuan yang ingin belajar langsung dengan ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *