Perempuan Usia Lanjut Rentan Patah Tulang

WomanIndonesia.co.id – Osteoporosis adalah penyakit pada tulang di mana kepadatan dan kualitas tulang berkurang dan berisiko patah terutama di bagian pergelangan tangan, pangkal paha, dan yang paling sering di tulang belakang bagian bawah.

Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) DR. dr. Fiastuti Witjaksono, MKM, MS, Sp.GK-K, , menerangkan osteoporosis perlu diwaspadai karena dapat terjadi tanpa gejala hingga terjadi patah tulang, sehingga disebut dengan ‘silent disease’.

Berdasarkan data International Osteoporosis Foundation, satu dari tiga perempuan usia di atas 50 tahun dan satu dari lima pria di atas 50 tahun berisiko mengalami patah tulang akibat Osteoporosis, dan bahkan setiap 3 detik terjadi patah tulang akibat penyakit ini.

“Hal ini tentu perlu mendapatkan perhatian penuh dan kontribusi dari berbagai pihak untuk menjadikan masyarakat Indonesia bebas dari penyakit Osteoporosis,” jelas Fiastuti.

Lebih lanjut ia menuturkan, kunci untuk mencegah isteoporosis adalah dengan gaya hidup sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Protein, kalsium, dan vitamin D berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot.

“Semua bisa didapati dari makanan dan minuman sehari-hari seperti daging ayam dan telur untuk protein tinggi, atau tahu dan segelas susu yang merupakan sumber kalsium dan vitamin D,” katanya.

“Hindari konsumsi alkohol, merokok, atau terlalu banyak minum kopi dan soda agar penyerapan kalsium dan pembentukan tulang baru berlangsung optimal dalam tubuh,” sambungnya.

Marketing Manager Anlene, Fonterra Brands Indonesia Rhesya Agustine mengatakan, selama lebih dari dua dekade, Anlene bersama PEROSI dan PERWATUSI selalu aktif mengedukasi masyarakat tentang kesehatan tulang, sendi, dan otot melalui edukasi dan gerakan sosial untuk mendukung program pemerintah dalam rangka melawan gaya hidup sedentari seperti kegiatan 10.000 langkah, Move Now Day, dan Ayo Indonesia Bergerak.

“Beradaptasi dengan situasi pandemi tahun ini, kami meningkatkan komitmen dalam memberikan edukasi yang kontinu hadir dalam format virtual agar dapat menjangkau masyarakat lebih luas,” kata Rhesya.

Sejak awal, pembatasan berskala besar bulan Maret lalu, Anlene selalu mendampingi masyarakat untuk tetap aktif bergerak di rumah, melalui digital challenge seperti Move at home, Yoga Challenge, HAORNAS 14 Days Challenge, dan menyosialisasikan pentingnya nutrisi untuk menjaga kebebasan bergerak hari ini dan nanti.

‘Program ‘Love Your Bones, Protect Your Future’ merupakan perpanjangan dari tema Hari Osteoporosis Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan risiko dan pencegahan Osteoporosis, agar mereka dapat menjalani masa depan yang berkualitas dengan tulang, sendi, dan otot yang sehat.

“Melalui rangkaian program ini, kami ingin membantu masyarakat memperoleh informasi akurat tentang kesehatan tulang, sendi, dan otot langsung dari pakarnya dengan menggunakan platform yang digunakan dalam keseharian mereka,” tambah Rhesya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *