Plus Minus Pemeriksaan NIPT

WomanIndonesia.co.id – Non Invasive Prenatal Test (NIPT) merupakan keterbaruan di bidang obstetri terutama ibu dan janinnya (Fetomaternal).

Setiap metode dalam dunia medis mempunyai keuntungan dan kerugian bagi pasien atau obu hamil.

Dr. Manggala Pasca Wardhana, SpOG menjelaskan untung dan rugi melakukan NIPT bagi ibu hamil.

Keuntungan

Keuntungan dari teknik pemeriksaan Non Invasive Prenatal Test (NIPT) pemeriksaan ini adalah tingginya kemampuan deteksi hingga 98%. Kemampuan ini paling tinggi dibandingkan pemeriksaan sejenis lainnya.

Pemeriksaan ini juga memiliki waktu pemeriksaan yang cukup luas yaitu setelah 10 minggu (beda dengan USG nuchal scan yang hanya 11-14 minggu).

Kerugian

Kerugian dari pemeriksaan ini antara lain harganya yang sangat tinggi (diharapkan dapat menurun pada beberapa tahun ke depan). Msih belum dapat menggantikan tes diagnostik, sehingga perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan diagnostik dari sampel janin untuk memastikan hasilnya.

Secara umum bagaimana rekomendasi terhadap pemeriksaan NIPT ini?

1. Semua wanita hamil direkomendasikan untuk ditawarkan pemeriksaan kelainan kromosom dengan berbagai metode.

2. NIPT merupakan metode dengan kemampuan deteksi paling baik, namun secara cost effective, pemeriksaan combined First trimester Screening (USG + pemeriksaan Laboratorium) masih direkomendasikan di berbagai negara.

3. Masih belum direkomendasikan untuk pemeriksaan pada wanita hamil risiko rendah mengalami kelainan kromosom dan kehamilan kembar.

4. Lebih direkomendasikan untuk pemeriksaan pada wanita hamil dengan risiko tinggi mengalami kelainan kromosom, yaitu:

a. Usia ibu hami 35 tahun keatas

b. Didapatkan kelainan pada pemeriksaan USG

c. Didapatkan riwayat bayi lahir dengan trisomi sebelumnya

d. Didapatkan hasil positif pada hasil skrining tes lainnya

e. Orang tua dengan kelainan kromosom berupa translokasi robertsonian (meningkatkan risiko terjadinya kelainan kromosom)

5. Pemeriksaan ini masih perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan diagnostik melalui pemeriksaan sampel dari janin secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *