Salon by Houzcall Ubah Konsep Salon Konvensional Ke Digital

WomanIndonesia.co.id – Kemudahan mengakses teknologi membuat sebagian besar orang terus mencari cara-cara praktis setiap harinya. Konsep serba instan dan cepat membentuk fenomena baru di berbagai sektor termasuk dalam ranah gaya hidup.

Jasa perawatan yang semula ditawarkan secara konvensional kini promosinya semakin gencar dilakukan melalui gawai (gadget).

Menyadari adanya fenomena sekaligus melihat tingginya minat pasar untuk mendapatkan jasa yang serba praktis, Salon by Houzcall hadir di tengah persaingan ketat pasar digital di sektor beauty and wellness.

Di bawah naungan PT Houzcall Teknologi Indonesia, Salon by Houzcall memulai langkahnya sebagai salon premium sejak 2015.

Kemudian mulai Maret 2016, Salon by Houzcall merilis aplikasi digital salon premium yang dapat diunduh di app store baik Android maupun iOS sejak Maret 2016.

Adapun layanan yang ditawarkan meliputi hair services (cut, blow, dan updo), nail services (manicure, pedicure, termasuk gel remover), waxing, dan massage untuk pria, wanita, dan anak-anak.

Secara teknis, aplikasi Salon by Houzcall mengusung konsep sederhana dimana pelanggan cukup memesan layanan salon dari rumah, kantor, ataupun hotel. Pelanggan yang mengatur sendiri waktu layanan dengan menyesuaikan pada jadwal sehari-hari mereka.

Setelahnya, terapis akan datang ke lokasi yang sudah ditentukan sesuai dengan waktu yang dipilih pelanggan. Dengan konsep ini, pelanggan dapat menghemat waktu sampai dengan 90 menit bahkan tak perlu sampai terjebak macet di jalan raya hanya demi melakukan perawatan di salon.

Salon by Houzcall didirikan oleh David Susanto bersama sang istri, Priescilia Chairil. Lahirnya Salon by Houzcall juga berangkat dari kepekaan David melihat aktivitas sang istri yang relatif padat setiap hari.

“Istri saya tak hanya merawat tiga putra kami, tapi juga bekerja, dan mengurusi keadaan rumah, sehingga kebutuhan personalnya bukan lagi prioritas utamanya. Bahkan kadang dia datang ke acara undangan pernikahan tanpa persiapan yang cukup. Misalnya, untuk melakukan manicure saja dia tidak sempat,” katanya.

Ia melanjutkan, dari hal tersebut ia pun mulai berpikir untuk mencari solusi. Tak hanya untuk sang istri, tapi juga perempuan di luar sana yang bergelut dengan kesibukan mereka. Untuk itu, Salon by Houzcall pun mengusung misi yaitu menjadikan hidup lebih baik melalui solusi inovatif di bidang kecantikan, perawatan diri, dan kesehatan.

Lantas apa keunggulan Salon by Houzcall dibanding yang lain? David mengatakan, dalam menyeleksi calon terapis, timnya melakukan proses kurasi yang detail sehingga terapis yang bergabung ialah yang kompeten dalam memberikan layanan di bidang beauty and wellness.

“Terapis kami juga dilengkapi alat dan produk yang berkualitas tinggi. Misalnya saja, kami menggunakan OPI, CND, dan Inglot untuk nail services kami. Serta memakai Solis, Goldwell Schwarzkopf Silhoutte untuk hair styling. Kami sangat memperhatikan kualitas pelayanan,” jelasnya.

Sebagai ilustrasi, dari 2016 (saat mulai beroperasi) sampai 2019 jumlah pesanan meningkat hingga 40 kali lipat. Selain itu, David mengatakan, Salon by Houzcall juga berhasil mendapatkan 55 ribu pengguna terdaftar yang siap dilayani oleh sekitar 250 mitra dengan rata-rata nilai kepuasan pelanggan sebesar 4,8 hingga 5 bintang.

Layanan Salon by HOUZCALL kini mencakup di Jakarta, Depok, Tangerang Selatan (Alam Sutera, Ciputat, Bintaro, Ampera, Pondok Aren), dan Bekasi. Kedepannya, Salon by HOUZCALL akan meluncurkan solusi produk untuk skincare. Layanan yang tersedia seperti servis rambut, kuku, waxing, dan pijat akan terus ditingkatkan.

Salon by Houzcall sepakat menyebut para terapis dan stylist sebagai Mitra Houzcall. Salah satu stylist yaitu Yuda. Ia sudah dua tahun bergabung dengan Salon by Houzcall.

“Saya tidak sendiri bergabung di Houzcall, tapi bersama istri saya juga. Senang sekali menjadi bagian dari Houzcall, karena waktu kerja bisa fleksibel sehingga saya bisa menjaga anak bergantian dengan istri,” ujar Yuda.

Jika bicara mengenai rata-rata penghasilan para mitra, dalam sebulan bahkan ada yang mampu mencapai angka Rp 10 juta per bulan. Tak hanya itu, kesejahteraan hidup para mitra Salon by Houzcall pun terus diupayakan. Untuk mitra yang membutuhkan bantuan dana misalnya, perusahaan turut memberikan fasilitas pinjaman.

Secara garis besar, fasilitas lainnya yang didapatkan mitra meliputi bonus harian, asuransi ketenagakerjaan setiap bulannya. Sementara untuk pengadaan starter kit, Salon by Houzcall menerapkan sistem syariah dengan skema bagi hasil sehingga tak menyulitkan para mitranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *