Siapa Bilang Perempuan Tak Bisa Mandiri, Simak Tips Ini

WomanIndonesia.co.id – Menjadi perempuan haruslah mandiri, jangan sampai harus bergantung pada pria. Seorang perempuan kuat tidak bergantung kepada orang lain untuk menangani masalah-masalahnya sendiri.

Buktikan kepada diri sendiri dan orang lain bahwa kamu bisa menemukan solusi untuk masalah yang timbul. Bagaimana tips agar menjadi mandiri? Yuk kita simak tips sederhana berikut ini:

1. Ubah Pola Pikir

Ubah pola pikir bahwa kedudukan perempuan itu lebih inferior dari pria dan ditakdirkan untuk tergantung dengan pasangan, teman, saudara atau orangtua karena secara fisik dan emosional lebih lemah.

Pola pikirnya harus, “saya mandiri dan bisa sendiri”. Cara menjadi perempuan kuat yang mandiri adalah dengan tidak membiasakan diri untuk tidak mengandalkan orang lain, karena kelak akan lebih banyak masalah-masalah yang datang dan hanya dapat ditangani sendiri.

2. Berhenti Mengeluh

Merasa sedih itu normal, namun coba untuk tidak terlalu sering mengeluh. Mengeluh memang membuat diri kita merasa lega namun tidak menyelesaikan masalah. Daripada mengeluh, kenapa tidak mensyukuri apa yang kita telah dimiliki.

3. Belajar Mengenali Diri Sendiri

Apabila telah mengenali diri sendiri, kita dapat berusaha mengontrol diri sendiri dari hal-hal yang merugikan. Jujurlah pada diri sendiri apa kekurangan dan kelebihan yang dimiliki.

4. Keluar dari Zona Nyaman

Mencoba sesuatu yang belum pernah dicoba dan menantang tentunya sangat bermanfaat. Banyak yang dipelajari ketika kita melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, kita dipaksa untuk berpikir kritis, analitis sekaligus strategis bagaimana menghadapi situasi baru tersebut.

Kita juga sedikitnya belajar bagaimana menghitung resiko agar kita tidak menjadi korban atas keputusan yang diambil.

5. Berani Berpendapat

Perempuan mandiri dituntut untuk tidak takut menyuarakan pendapatnya dalam berbagai hal. Tidak perlu takut pada dominasi kaum pria jika memang benar. Berani berpendapat juga salah satu cara menjadi perempuan yang matang dalam berpikir dan bertindak.

6. Disiplin Keuangan

Perempuan mandiri jangan tergantung secara finansial dengan orang lain. Disinilah kedisiplinan dan ketelitian wajib dilaksanakan, jangan sampai gaji yang telah didapatkan dengan susah payah menguap begitu saja.
(eka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *