Sunpride Donasi Buah untuk Anak Terdampak Covid-19

WomanIndonesia.co.id – Pandemi virus corona (Covid-19) berdampak sangat luas terutama bagi banyak keluarga atau kelompok yang rentan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Indonesia mengkhawatirkan dampak pandemi Covid-19 pada status gizi dari mereka yang paling terdampak, terutama mereka yang dari keluarga miskin dan rentan.

Pada awal krisis, diperkirakan 2 juta anak balita di Indonesia mengalami wasting (gizi kurang), 7 juta anak stunting (pendek) dan 2 juta lainnya kelebihan berat badan. Terlebih di masa pandemi ini, pemenuhan gizi sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi berbagai penyakit.

Dokter Spesialis Gizi, dr. Florentina M. Rahardja, M.Gizi, Sp.GK menjelaskan, mikronutrien (zat gizi mikro) adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun berperan sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas enzim berbagai metabolisme dalam tubuh, termasuk kerja sistem imun.

“Nutrien yang dimaksud dalam mikronutrien adalah vitamin dan mineral. Salah satu sumber vitamin dan mineral yang alami adalah buah-buahan,” kata Florentina pada virtual konferensi media Kampanye #SunprideBuatKebaikan Kamis (22/10).

Ia menuturkan bahwa kelompok yang paling mudah mengalami kekurangan mikronutrien adalah ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak. Bagi anak-anak, kekurangan mikronutrien dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan, menurunkan fungsi kognitif dan menurunkan imunitas. “Pada akhirnya anak menjadi rentan terhadap infeksi dan berdampak pada prestasi di sekolah,” imbuhnya.

Lebih lanjut dr. Florentina mengatakan, karena kekurangan mikronutrien dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang dan masa depan anak, maka kecukupan mikronutrien mereka sangatlah penting. Buah dapat diberikan sejak usia 6 bulan sebagai makanan tambahan.

“Buah yang diberikan juga harus bervariasi agar vitamin dan mineral yang diperoleh beragam serta anak tidak bosan. Pisang adalah salah satu buah yang tinggi mikronutrien yaitu kalium, karbohidrat, serat, vitamin C dan lainnya,” jelasnya.

Kampanye #SunprideBuatKebaikan

Melihat hal tersebut, PT Sewu Segar Nusantara (SSN) dengan produk buah-buahannya bermerk Sunpride, mengadakan kampanye #SunprideBuatKebaikan yaitu ajakan untuk mengonsumsi buah setiap hari untuk menjaga kesehatan sekaligus mendonasikan buah untuk anak-anak dari keluarga yang terdampak Covid-19 secara ekonomi, untuk memastikan pemenuhan gizi mereka tetap terpenuhi.

Dalam kampanye #SunprideBuatKebaikan setiap pembelian buah Sunpride apapun dan berapapun selama periode 22 Oktober – 7 Desember 2020 berarti menyediakan buah bagi mereka yang membutuhkan. Donasi buah akan disalurkan melalui mitra strategis, Yayasan Waroeng Imaji, ReachOut Foundation dan Foodbank of Indonesia.

Chief Executive Officer PT Sewu Segar Nusantara (SSN), Cindyanto Kristian mengatakan, pihaknya menyadari pentingnya nutrisi buah yang harus dikonsumsi setiap hari. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018, 95,5% penduduk diatas usia 5 tahun masih kurang makan buah dan sayur. Terlebih disaat pandemi ini, banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi, tidak bisa menyediakan buah-buahan bagi anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

Olehnya itu, berangkat dari fakta tersebut dan sekaligus menyambut ulang tahun ke-25 Sunpride, kami berinisiatif mengadakan program #SunprideBuatKebaikan yang tujuannya mengajak masyarakat untuk mengonsumsi buah setiap hari sekaligus ikut serta mendonasikan buah bagi mereka yang membutuhkan. “Harapannya lebih banyak masyarakat yang mengonsumsi buah untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit,” kata Kristian.

Melihat risiko yang tinggi pada anak, maka program #SunprideBuatKebaikan ditujukan untuk anak-anak dari keluarga yang mengalami kesulitan menyediakan buah bagi anak-anak. “Untuk menjangkau anak-anak, kami bersinergi dengan Yayasan Waroeng Imaji, ReachOut Foundation dan Foodbank of Indonesia. Kami sangat mengapresiasi sinergi positif ini,” tuturnya.

Founder Yayasan Waroeng Imaji, Veronika Tan menyampaikan, keluarga yang di tinggal rusun mayoritas adalah mereka yang bekerja di sektor informal dan sangat terdampak Covid-19. Sejak pandemi ini terjadi, pihaknya telah membantu anak-anak rusun yang terdampak Covid-19 khususnya di bidang edukasi dan pemenuhan gizi anak bersama dengan banyak pihak.

“Kali ini kami menyambut baik inisiatif Sunpride karena sejalan dengan program yang tengah kami jalankan saat ini. Donasi akan kami sampaikan ke-7 rusun yang ikut serta dalam Operet Aku Anak Rusun 1 & 2, yaitu Rusun Daan Mogot, Rusun Jatinegara, Rusun Pinus Elok, Rusun Pulogebang, Rusun Rawabebek, Rusun Komarudin, Rusun Pondok Bambu,” katanya.

Director of Communications and Partnership ReachOut Foundation, Cipto Rustianto mengatakan, sejak 2013, Reachout Foundation (ROF) berfokus pada pengembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di daerah pinggiran atau dibawah garis kemiskinan secara holistik-integartif, dimana bukan hanya pendidikan, pendampingan dan perlindungan anak yang baik, namun juga pemenuhan gizi dan kesehatan sebagai penunjang utama tumbuh kembang anak.

“Inisiatif yang dilakukan bersama dengan Sunpride akan membantu anak-anak meningkatkan kualitas pendidikannya dengan lebih dulu meningkatkan nutrisi yang penting untuk fondasinya yaitu tubuh yang sehat,” ujarnya.

CEO Foodbank of Indonesia M. Hendro Utomo mengatakan, perbaikan nutrisi merupakan salah satu misi dari Foodbank of Indonesia. Apalagi dimasa pandemi seperti saat ini dimana banyak keluarga yang kekurangan pangan karena keterbatasan penghasilan akibat Covid-19.

“Kami mendukung inisiatif dari Sunpride ini karena donasi ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh terutama pada anak-anak yang sulit mendapatkan akses pada makanan yang baik seperti buah-buahan. Donasi akan kami distribusikan ke daerah Jabodetabek yang merupakan daerah dengan tingkat Covid-19 yang cukup tinggi,” terangnya.

Lebih lanjut Chief Executive Officer PT Sewu Segar Nusantara (SSN), Cindyanto Kristian menyampaikan, inisiatif semacam ini bukan kali ini saja dilakukan, namun telah dimulai sejak Maret 2020 lalu. PT SSN telah mendonasikan lebih dari 100 ton buah-buahan bagi tenaga kesehatan di 93 rumah sakit, 77 instansi (baik itu sekolah, kampus, penginapan paramedis, organisasi sosial maupun pemerintahan), anak-anak, kepolisian, dan para retailer Sunpride di Jabodetabek, Lampung, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Bali.

“Kami berharap dengan adanya program #SunprideBuatKebaikan ini ada lebih banyak orang yang terbantu tercukupi kebutuhan buah dan tentunya semakin banyak orang yang menyadari pentingnya konsumsi buah setiap hari untuk kesehatan,” pungkasnya.

Program #SunprideBuatKebaikan akan dilakukan mulai periode 22 Oktober – 7 Desember 2020 di store Jabodetabek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *