Yuk, Rayakan Hari Es Krim Sedunia

WomanIndonesia.co.id – Es krim merupakan makanan favorit sebagian besar orang di berbagai belahan dunia. Bagaimana tidak, tekstur yang creamy, manis dan gurih meleleh di mulut dipercaya dapat memperbaiki mood.

Tapi tahukah Anda tentang World Ice Cream Day (Hari Es Krim Sedunia)? Ya, es krim juga punya hari besar lho.

Hari Es Krim Sedunia diperingati setiap hari Minggu ketiga di bulan Juli setiap tahunnya sejak 1984. Tahun ini, Hari Es Krim Sedunia jatuh pada tanggal 21 Juli.

Asal Muasal

Hari Es Krim Sedunia pada awalnya dicanangkan oleh Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan pada tahun 1984. Sebelum ikut merayakannya tahun ini, mari simak beberapa informasi menarik seputar es krim berikut.

Es krim pada pada awalnya dibuat dengan mendinginkan campuran susu, gula dan perasa, dan sering dinikmati sebagai hidangan penutup atau camilan.

Beberapa ahli sejarah meyakini bahwa es krim berasal dari Cina. Namun ada juga temuan bahwa prototipe es krim pertama diciptakan oleh orang Romawi yang mencampurkan salju dengan madu dan buah-buahan.

Dari mana pun asalnya, es krim zaman dulu berbeda dengan es krim yang kita kenal sekarang ini.

Hanya untuk Keluarga Kerajaan

Pada zaman dulu, sebelum kulkas menjadi perlengkapan umum di dapur, es krim hanya dihidangkan untuk keluarga kerajaan dan orang kaya, dan hanya dimakan saat acara-acara khusus.

Perkembangan teknologi kulkas dengan cepat membuat es krim sebagai dessert yang dinikmati oleh masyarakat umum.

Banyak Dibeli di Hari Minggu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa es krim lebih banyak dibeli dan dimakan pada hari Minggu dibandingkan hari-hari lainnya.

Mood Boosters

Es krim telah terbukti secara ilmiah dapat membantu membuat seseorang merasa senang, mengubah mood yang negatif menjadi positif, serta membuat mood yang sudah positif menjadi lebih bahagia.

Sensasi es krim yang dingin dan menyegarkan, rasa yang lezat dan tampilan yang berwarna semua hal ini dapat membuat kita merasa bahagia dan semakin bahagia saat sudah dalam mood yang baik.

Negara dengan Konsumsi Es Krim Terbanyak

Menurut hasil sebuah survey, pada tahun 2016 China adalah negara di mana es krim paling banyak dikonsumsi dengan 4,3 milyar liter es krim, diikuti oleh Amerika dengan 2,7 milyar litar es krim.

Cara Merayakan Hari Es Krim Sedunia

1. Nikmati es krim bareng orang-orang terdekat. Seru juga saat sekeluarga nonton acara TV sambil makan es krim, atau piknik dengan es krim berbagai rasa.

2. Hadiri acara #21isJoyDay di Jakarta CFD (Car Free Day) pada Minggu (21/7) di Dukuh Atas (depan patung Jenderal Sudirman), Sarinah Thamrin dan FX Senayan dengan berbagai kegiatan dan kejutan menarik. Khusus untuk Dukuh Atas akan ada:

– Long march dari Dukuh Atas ke Bunderan HI dan kembali ke Dukuh Atas, dimeriahkan dengan marching band.
– Zumba dance
– Bagi-bagi es krim gratis
– Games seru
– Stand-up comedy
– Sesi perayaan #21isJoyDay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *