Indeks
Cerita Kita
Monday, May 23, 2022
Womanindonesia.co.id | Inspirations for Indonesia Woman
No Result
View All Result
  • News
    • Economics & Culture
    • Entertaintment
    • Technology & Otomotive
  • Beauty
  • Lifestyle
    • Fashion
    • Financial
  • Healthy
    • Activity
    • Food
    • Mood
  • Relationship
    • Dating
    • Married
    • Parenting
    • Sex
  • Review
    • Books
    • Hotel & Resto
    • Movie
    • Travelling
  • Inspirations
    • Profile
    • Story
  • K-POP
  • Event
#Quotes
Womanindonesia.co.id | Inspirations for Indonesia Woman
Home News Technology & Otomotive

4 E-Commerce Paling Diminati Tahun 2021

Pada kuartal ketiga 2021, Shopee tetap menjadi jawara e-commerce yang terbanyak digunakan masyarakat.

Ditulis oleh Andi Mardana
23 November 2021 wi
in Technology & Otomotive, News
A A
4 E-Commerce Paling Diminati Tahun 2021_womanindonesia.jpg

Istimewa

85
SHARES
381
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Womanindonesia.co.id – Di tengah pandemi yang masih berlangsung, e-commerce mengalami pertumbuhan yang signifikan khususnya di Indonesia. Kemudahan akses yang ditawarkan hingga minimnya kontak yang diperlukan menjadi alternatif utama bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan utama maupun pendukung.

Periode akhir tahun merupakan momentum bagi pemain e-Commerce untuk menambah nilai saing dengan menghadirkan rangkaian inovasi dan fitur menarik guna memberikan pengalaman berbelanja online terbaik bagi konsumen. Melihat pertumbuhan dan persaingan ini, KANTAR merilis hasil riset terbaru terkait e-Commerce.

Melihat perkembangan ini, KANTAR mengadakan penelitian terkait “Peta Persaingan Online Shopping di Indonesia” selama bulan September 2021. Penelitian ini melibatkan total 870 responden yang disurvei dengan menggunakan survei daring kepada responden dari usia 20 – 35 tahun ke atas.

Penelitian ini dilakukan tidak hanya di kota Tier 1 seperti Jakarta dan kota besar lainnya yang menjadi barometer, tetapi juga di kota-kota Tier 2 dan Tier 3 yang memiliki potensi untuk menjadi penopang pertumbuhan Indonesia di masa yang akan datang.

4 E-Commerce Paling Diminati Tahun 2021_womanindonesia.jpg
Istimewa

Dari empat pemain utama e-Commerce di Indonesia, Shopee masih menjadi Jawara dengan menduduki peringkat pertama pada semua indikator penilaian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh KANTAR, terdapat 54% responden menjawab Shopee merupakan merek yang paling diingat konsumen atau Top Of Mind. Peringkat berikutnya adalah Tokopedia (25%), Lazada (6%) dan Bukalapak (1%).

“Kedudukan Shopee pada peringkat pertama dalam peta pertumbuhan e-commerce tidak hanya terlihat dari 1 Indikator. Berdasarkan riset yang kami lakukan, 3 indikator utama lainnya yaitu jumlah pengguna terbanyak pada 6 bulan terakhir, BUMO – Brand Use Most Often (merek yang paling sering digunakan) serta rata-rata nilai transaksi bulanan terbesar juga menunjukan Shopee menempati urutan pertama di semua indikator tersebut.” Darren Cheng, Senior Client Development Director, Kantar.

Hasil riset KANTAR ini sejalan dengan laporan Map of E-commerce in Indonesia yang diterbitkan oleh iPrice pada kuartal kedua 2021. Dalam laporan tersebut terlihat bahwa menurut ranking aplikasi, baik dalam Apple App Store atau Google Play Store, Shopee menempati peringkat pertama.

Dalam Apple App Store, Shopee menduduki peringkat pertama, disusul Tokopedia yang duduk di peringkat kedua. Hasil yang serupa juga ditemukan dalam ranking aplikasi Google Play Store, di mana Shopee masih berada di peringkat pertama, sementara Tokopedia di peringkat keempat.

Data dari App Annie juga menunjukkan hasil yang serupa, di mana sejak awal hingga pertengahan tahun 2021, Shopee tercatat sebagai platform belanja online nomor 1 di Indonesia dengan jumlah total unduhan (total downloads) terbanyak baik di Google Play Store atau Apple App Store. Shopee juga menjadi platform belanja online nomor 1 dalam jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active user).

Hasil riset KANTAR juga semakin diperkuat dengan data dari SimilarWeb for App Performance tentang aplikasi e-commerce di Indonesia. Dalam data ini, Shopee memiliki jumlah daily active user (DAU) atau pengunjung aktif harian yang melampaui Tokopedia hingga lebih dari tiga kali lipat. Selama bulan Agustus 2021 lalu, jumlah pengunjung aktif harian aplikasi Shopee mencapai 28,35 juta, sementara aplikasi Tokopedia di angka 8,43 juta.

E-Commerce Terpercaya dengan Pelayanan Lengkap

4 E-Commerce Paling Diminati Tahun 2021_womanindonesia.jpg
Istimewa

Selain empat indikator utama, riset kali ini juga ditujukan untuk melihat bagaimana aspek-aspek pendukung yang melengkapi pengalaman belanja online konsumen menjadi dasar pemilihan platform e-commerce yang memiliki pelayanan yang lengkap dan menjawab kebutuhan pengguna.

Dalam referensi penggunaan dalam pemilihan platform belanja online, penawaran diskon atau promo bukanlah satu-satunya aspek yang dipertimbangkan oleh konsumen. Kemudahan dalam menggunakan serta kelengkapan yang dimiliki suatu aplikasi mengambil peran penting yang menjadi nilai tambah sebuah merek.

Dalam indikator Ecommerce Image, Shopee memimpin mulai dari aspek Harga & Produk, Logistik, After Sales Service dan Emotional Benefit. Dalam Harga & Produk (90%) responden memilih Shopee dengan pertimbangan pilihan produk yang lengkap, produk sesuai preferensi, kualitas baik, keaslian produk, harga serta promo terbaik dan rangkaian pilihan brand yang ditawarkan.

Peringkat berikutnya adalah Tokopedia (85%), Lazada (70%) dan BukaLapak (57%). Untuk pengiriman dan logistik, Shopee menduduki peringkat nomor 1 dengan 91% responden merasa Shopee merupakan platform e-Commerce yang menawarkan Gratis Ongkir, Pilihan Pengiriman yang Fleksibel, real-time order tracking, tepat waktu dan paket sampai dalam kondisi baik. Posisi ini diikuti oleh Tokopedia (85%), Lazada (75%) dan Bukalapak (66%).

4 E-Commerce Paling Diminati Tahun 2021_womanindonesia.jpg
Istimewa

Tidak hanya itu, rupanya aspek yang sesuai dengan preferensi serta penanganan setelah barang sampai di tempat menjadi penting. Dimana 89% responden memilih Shopee untuk After Sales Service dengan pertimbangan menawarkan kemudahan untuk sistem pengembalian dan penukaran, customer service yang baik serta rewards program menarik.

Kedudukan Shopee di di peringkat pertama juga didapatkan dari pengalaman konsumen yang dapat mengetahui tren terkini melalui aplikasi Shopee, sering direkomendasikan oleh Public Figure hingga mendapatkan kebahagiaan dan hiburan dari permainan yang dihadirkan.

“Keberhasilan Shopee dalam menduduki peringkat pertama pada empat indikator utama yaitu merek yang paling diingat konsumen, jumlah pengguna terbanyak, merek yang paling sering digunakan, dan rata-rata nilai transaksi bulanan terbesar menunjukan komunikasi yang efektif terhadap pengguna,” kata Senior Client Development Director, Kantar, Darren Cheng dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/11).

Hal ini, kata Darren terbukti dengan indikator pendukung, dimana setiap aspek yang menjadi pelengkap konsumen untuk mendapatkan pengalaman belanja online terbaik mendapatkan pilihan tertinggi dari responden.

“Dengan semakin meningkatnya tren belanja online serta para pelaku usaha yang ikut bergabung untuk memperkuat strateginya di ranah digital atau online, penting bagi kita melihat bagaimana dan apa saja aspek dan faktor pendukung yang membuat masyarakat memilih sebuah platform e-Commerce untuk berbelanja,” tutup Darren.

Recommended By Editor

Transisi Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

“FEARLESS” LE SSERAFIM No. 1 di Tangga Lagu K-Pop Soompi 2022

Bahaya Racun Kalium Sianida dari Sate

Perbedaan Not to Land Notice dan Deportasi


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Share35Tweet21Pin8

RELATED ARTICLES

Transisi Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit_womanindonesia.co.id
Married

Transisi Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

1 hour ago
"FEARLESS" LE SSERAFIM No. 1 di Tangga Lagu K-Pop Soompi 2022_womanindonesia.co.id
K-POP

“FEARLESS” LE SSERAFIM No. 1 di Tangga Lagu K-Pop Soompi 2022

6 hours ago
Bahaya Racun Kalium Sianida dari Sate_womanindonesia.co.id
Food

Bahaya Racun Kalium Sianida dari Sate

2 days ago
Perbedaan Not to Land Notice dan Deportasi_womanindonesia.co.id
News

Perbedaan Not to Land Notice dan Deportasi

3 days ago
Mengenal Kisah Asli KKN di Desa Penari yang Diangkat Menjadi Film_womanindonesia.co.id
Movie

Mengenal Kisah Asli KKN di Desa Penari yang Diangkat Menjadi Film

3 days ago
Update Sea Games 2021 Vietnam Kamis 19 Mei_womanindonesia.co.id
News

Update Sea Games 2021 Vietnam Kamis 19 Mei

3 days ago
Next Post
4 Bahaya Makan Sambil Berdiri, Picu Gangguan Pencernaan_womanindonesia.jpg

4 Bahaya Makan Sambil Berdiri, Picu Gangguan Pencernaan

Leave Comment

POPULAR NEWS

  • Ilustrasi kisah inspirasi guru dan murid - Foto Canva

    Kisah Inspirasi : Jangan Remehkan Ungkapan Kebaikan Tentang Seseorang Meski Hanya 1 Atau 2 Kata

    222 shares
    Share 88 Tweet 55
  • Kisah Inspirasi : Warisan Cinta Yang Menciptakan 1 Laki-Laki Yang Baik

    267 shares
    Share 107 Tweet 67
  • 19 Perlengkapan Nail Art yang Harus Anda Dimiliki

    2238 shares
    Share 913 Tweet 552
  • Hari Lingkungan Hidup Nasional 2022: Tips Menjaga Lingkungan

    287 shares
    Share 115 Tweet 72
  • 9 Tips Menghadapi Ipar yang Menyebalkan dan Nyinyir

    563 shares
    Share 228 Tweet 140
Kisah Inspiratif Nafa Salvana Yasmin, Sang Model Internasional_womanindonesia.co.id
Story

Kisah Inspiratif Nafa Salvana Yasmin, Sang Model Internasional

23 May 2022

Read more
Transisi Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit_womanindonesia.co.id

Transisi Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

23 May 2022
7 Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari_womanindonesia.co.id

7 Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

23 May 2022
"FEARLESS" LE SSERAFIM No. 1 di Tangga Lagu K-Pop Soompi 2022_womanindonesia.co.id

“FEARLESS” LE SSERAFIM No. 1 di Tangga Lagu K-Pop Soompi 2022

23 May 2022
10 Faktor Penyebab Perceraian Meski Menikah Pulang Tahun_womanindonesia.co.id

10 Faktor Penyebab Perceraian Meski Menikah Pulang Tahun

23 May 2022

WOMANINDONESIA

Informasi Terkini Untuk Perempuan Indonesia, Mulai Dari Kesehatan, Lifestyle, Keuangan, Fashion, Relationship, Food Review, Hot Issue Terkini dan Terbaru Hari Ini.

Topik Pilihan

usus makan uang bahan nasi anak kesehatan kerja run iu kai sehat ibu aman erha bar Indonesia os Me sel ikan alam

Informasi

  • About Us
  • Career
  • Media Kit
  • Contact Us
  • Sitemap

Alamat Redaksi

PT. Komunikasi Perkasa Indonesia. Epicentrum Walk Lt. 3 Unit A306-A307 Kawasan Rasuna Epicentrum Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta 12960.

: [email protected]
: 0812 8877 7317
: +62 881-1604-210
: +62 881-1604-210
  • Privacy Policy
  • Term & Conditions
  • Indeks

© 2021 womanindonesia.co.id - All rights reserved.

No Result
View All Result
  • News
    • Entertaintment
    • Politics
    • Economics & Culture
    • Technology & Otomotive
  • Lifestyle
    • Beauty
    • Fashion
    • Financial
  • Healthy
    • Activity
    • Food
    • Mood
  • Relationship
    • Dating
    • Parenting
    • Married
    • Sex
  • Review
    • Hotel & Resto
    • Books
    • Movie
    • Music
  • Inspirations
    • Profile
    • Story
  • K-POP
  • Motivasi
    • Jiwa Bahagia
  • Quotes
  • Event

© 2021 womanindonesia.co.id - All rights reserved.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist