Asia Jadi Kawasan dengan Tingkat Penuaan Dini Tercepat di Dunia

WomanIndonesia.co.id – Herbalife Nations hari ini (16/11) meluncurkan Asia Pacific Wellness Tour ke-13 di Indonesia sebagai upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya nutrisi yang baik sebagai bagian dari gaya hidup aktif dan sehat di kawasan Asia Pasifik.

Penyelengaraan Wellness Tour kali ini difokuskan pada kesadaran masyarakat akan permasalahan penuaan dini. Kegiatan ini akan diisi dengan talkshow, pelatihan, webinar yang diisi oleh Dewan Penasehat Nutrisi (NAB) Herbalife yang terdiri dari para ahli terkemuka di bidang nutrisi dan kesehatan.

Merujuk pada data dari Asia Pacific Research Center, Asia Pasifik adalah kawasan dengan tingkat penuaan paling cepat di dunia dengan lebih dari 200 juta akan memasuki usia lanjut (usia 65 tahun
keatas) mulai saat ini hingga 2030 mendatang.

Selain itu, menurut United Nations World Population Ageing Report 2017 mengungkapkan, penduduk usia lebih dari 60 tahun ke atas akan mencapai 24
persen dari populasi Asia yang akan melebihi jumlah remaja (usia 10-24 tahun) yang mencapai 2,1 miliar pada 2050 mendatang.

Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi mengungkapkan dengan cepatnya tingkat penuaan populasi di Asia akan berbanding lurus dengan tantangan sosial ekonomi di masyarakat.

Herbalife Nutrition menyadari hal itu, dan mencoba memberikan kontribusi sesuai dengan kemampuan dan keahliannya yaitu salah satunya dengan konsisten melakukan kampanye guna mendorong masyarakat mengambil langkah-langkah untuk mendapatkan masa tua yang sehat.

Hal tersebut diperkuat oleh tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat aktif menjelang masa tua.

“Komitmen kami semakin diperkuat oleh hasil survei Herbalife Nutrition 2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey yang menyatakan 92 persen responden di Asia Pasifik percaya bahwa langkah-langkah
aktif dapat diambil untuk membantu mereka menua secara sehat,” jelas Andam pada temu media di Jakarta, Sabtu (16/11).

Di antara kelompok ini, lanjut ia 81 persen percaya mereka dapat menua secara sehat dengan membuat pilihan nutrisi yang lebih baik, dan 75 persen mengatakan ini dapat dicapai melalui aktivitas fisik yang teratur.

Di Indonesia sendiri, mayoritas responden di Indonesia (71%) percaya bahwa mengambil langkah seperti perubahan gaya hidup lebih sehat akan membantu mereka dalam menghadapi masa penuaan yang sehat.

Bahkan 90% responden Indonesia mengatakan mereka sadar dan telah mengambil langkah positif dalam menghadapi penuaan. Selain itu, peran keluarga atau lingkungan sekitar sangat berpengaruh bagi seseorang untuk termotivasi dalam menghadapi fase menua dengan sehat.

Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil survei
yang menunjukkan 77% responden menyatakan keluarga adalah faktor paling memotivasi mereka dalam melakukan gaya hidup sehat menghadapi masa penuaan, disusul di urutan kedua (49% responden) menyatakan teman akan memberikan pengaruh positif kepada mereka dalam
menghadapi fase penuaan yang sehat.

Selama Oktober hingga November 2019 ini, sejumlah pakar Nutrisi dan anggota Dewan Penasihat Nutrisi (NAB) Herbalife akan secara aktif melakukan kampanye melalui ajang Asia Pacific Wellness Tour di beberapa kota di Asia Pasifik.

Pesan yang dibawa adalah pengembangan kesehatan pencernaan, kesehatan jantung, kesehatan tulang, kesehatan sendi, dan kesehatan otak. Para ahli ini akan berbagi prinsip-prinsip tentang ilmu pengetahuan terkait nutrisi yang dipersonalisasi untuk
membantu konsumen mendapatkan masa penuaan dengan sehat untuk jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *