Simak Cara Mengembalikan Mood Kerja Setelah Libur Lebaran Berikut Ini:
Womanindonesia.co.id – Kembali bekerja setelah liburan panjang tidak pernah mudah. Apalagi libur Lebaran yang hampir semua orang menikmatinya dengan berbagai hal menyenangkan, meski masih dalam suasana pandemi.
Beberapa orang telah memutuskan untuk menghabiskan liburan mereka di kota atau negara yang sama, umumnya dikenal sebagai staycation, yang lain dapat bepergian ke luar negeri. Terlepas dari jenis liburannya, kembali ke jalur yang benar dapat menjadi tantangan, dan pada beberapa kesempatan, mungkin ada kasus yang kita kenal sebagai post-holiday blues.
Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi sindrom pasca-liburan dan mengumpulkan beberapa tips atau cara mengembalikan mood kerja setelah libur Lebaran.
Apa itu sindrom pasca liburan?
Juga dikenal sebagai ‘holiday blues’, sindrom pasca-liburan adalah suasana hati yang rendah yang muncul setelah periode emosi atau stres yang intens. Beberapa gejala utama gangguan pasca-liburan adalah insomnia, energi rendah, mudah marah, kurang konsentrasi dan kecemasan.
Sindrom pasca-liburan dapat digambarkan sebagai akibat dari pelepasan hormon stres secara tiba-tiba setelah peristiwa penting, seperti pernikahan atau liburan.
Sebuah survei menunjukkan 87% orang mengaku khawatir ketika kembali bekerja setelah berlibur. Berikut adalah beberapa alasan utama yang menjelaskan hasil:
- Kembali ke rutinitas, 37%
- Mengejar pekerjaan yang menumpuk, 31%
- Lingkungan yang sibuk, 27%
- Volume email yang belum dibaca, 26%
Angka-angka ini mungkin tampak luar biasa; namun, post-holiday blues dapat dicegah dengan menerapkan beberapa tips khusus.
6 Cara Mengembalikan Mood Kerja Setelah Libur Lebaran
Berikut adalah beberapa tip efisien untuk kembali bekerja setelah libur Lebaran:
1. Buat daftar hal-hal yang harus dilakukan sebelum berangkat liburan
Cara Mengembalikan Mood Kerja Setelah Libur Lebaran yang ke-1: Sebelum berangkat liburan, penting untuk memprioritaskan tugas dan membuat to-do list; ini akan membantu mengurangi pekerjaan yang menumpuk sebelum Anda pergi berlibur.
Sangat penting untuk membuat daftar yang akurat. Hindari membuat daftar periksa dengan ratusan tugas karena ini dapat meningkatkan tingkat stres sebelum berangkat dan memperumit keterpisahan dari pekerjaan. Centang semua kotak sebelum pergi dan bersiaplah untuk memutuskan sambungan.
2. Blokir kalender Anda untuk pagi pertama kembali untuk membuat rencana
Cara Mengembalikan Mood Kerja Setelah Libur Lebaran yang ke-2: Penting untuk mundur demi kesehatan mental Anda dan memberi Anda kesempatan untuk memahami situasi saat ini. Kembali bekerja dengan hari yang penuh rapat dapat menghambat kemajuan tugas yang telah menumpuk saat Anda pergi. Memblokir kalender membantu Anda melihat secara umum apa yang terjadi saat Anda tidak ada, mengatur rencana tindakan, dan memprioritaskan tugas.
3. Rencanakan strategi email
Cara Mengembalikan Mood Kerja Setelah Libur Lebaran yang ke-3: Email adalah alat komunikasi utama untuk bisnis. Menurut Statista, pada tahun 2025, 376 miliar email akan dikirim dan diterima di seluruh dunia. Tips penting adalah untuk menghindari stres tentang jumlah email, karena ini mungkin iklan, rantai percakapan, atau spam.
Sebaliknya, mengatur email adalah cara terbaik untuk melewatinya, mengkategorikan dan membaginya berdasarkan tugas dan prioritas; ini akan memberikan gambaran yang lebih baik dari kotak masuk Anda tanpa tenggelam dalam angka.
4. Mengejar rekan kerja
Cara Mengembalikan Mood Kerja Setelah Libur Lebaran yang ke-4: Meskipun beban kerjanya bisa tinggi, cara terbaik untuk memutuskan hubungan selama beberapa menit adalah rehat kopi dengan rekan kerja. Berbicara tentang liburan, pengalaman, dan anekdot membantu mengurangi tingkat stres dan membuat Anda mengetahui apa yang terjadi dalam organisasi.
Komunikasi antara rekan tim berdampak positif di tempat kerja , mempengaruhi karyawan, manajer, dan lingkungan perusahaan. Pada akhirnya, percakapan dengan rekan kerja dapat membuat minggu pertama setelah liburan lebih tertahankan.
5. Jangan berlebihan
Cara Mengembalikan Mood Kerja Setelah Libur Lebaran yang ke-5: Setelah absen, mudah untuk percaya bahwa untuk mengejar ketertinggalan Anda perlu memperpanjang jam kerja Anda. Namun, ini dapat menyebabkan stres tambahan dan kemungkinan besar akan berdampak negatif pada produktivitas Anda dalam jangka panjang bahkan jika Anda merasa Anda melakukan lebih banyak dalam jangka pendek.
Liburan adalah bagian penting dari keseimbangan kehidupan kerja. Dengan demikian, perasaan bersalah apa pun tentang mengambil cuti perlu dihilangkan dan Anda harus menghindari bekerja terlalu keras ketika kembali untuk menjaga energi positif terakumulasi selama liburan Anda selama mungkin.
Inilah saatnya kerja tim berperan; semua organisasi harus dapat melanjutkan tanpa individu tertentu selama periode yang berbeda sepanjang tahun. Memastikan Anda memiliki rencana untuk mendelegasikan tugas dan membuat proyek tetap berjalan saat Anda pergi dapat membantu mengurangi kebutuhan akan upaya ekstra saat Anda kembali.
6. Utamakan perawatan diri
Cara Mengembalikan Mood Kerja Setelah Libur Lebaran yang ke-6: Kembali ke rutinitas sehari-hari dapat memfasilitasi proses penyesuaian kembali bekerja. Cobalah untuk pulang dari liburan beberapa hari sebelum Anda mulai bekerja lagi; ini akan memberi Anda waktu untuk menyelesaikan tugas sehari-hari seperti berbelanja bahan makanan atau membersihkan rumah.
Bayangkan tiba di rumah pada hari Minggu malam, tanpa makanan di lemari es, rumah yang berantakan dan harus bangun pagi-pagi untuk pergi bekerja; terdengar menegangkan, bukan?
Mulailah dengan mengatur rumah, berjalan-jalan santai atau sesi yoga, cobalah bangun pagi untuk menyesuaikan kembali jam tidur Anda, dan kembali ke jalur yang benar dengan pola makan yang sehat. Trik-trik kecil ini semuanya dapat membantu memudahkan proses kembali ke rutinitas Anda.
Itulah beberapa cara mengembalikan mood kerja setelah libur Lebaran. Semoga bermanfaat!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News