Erlangga Talent Week 2019 Dukung Pengembangan Bakat Anak

WomanIndonesia.co.id – Setelah sukses terselenggara di tahun 2018 lalu, Erlangga Talent Week (ETW) 2019 kembali hadir menyuguhkan berbagai aktivitas perlombaan, unjuk bakat dan kreativitas, hiburan, serta pameran buku pendidikan/referensi belajar/literasi bagi siswa, guru, orangtua dan masyarakat umum.

Berbeda dengan tahun lalu, penyelenggaraan ETW tahun ini dibagi dalam dua acara yaitu Road to ETW yang berlangsung 1-4 Oktober 2019 di Main Atrium Lotte Shopping Avenue dan acara puncak ETW itu sendiri yang akan berlangsung 5-6 Oktober 2019 di Ciputra Artpreneur Theater.

Dalam event ini, Penerbit Erlangga berkolaborasi dengan mitra utamanya yakni Solidaritas Erlangga (SOGA).

Ada empat kompetisi utama yang dilombakan dalam Erlangga Talent Week 2019, yaitu Erlangga English Speech Contest tingkat SD, SMP, SMA, SMK sederajat, Modern Choir tingkat SD dan SMP sederajat, Traditional Dance tingkat SMA/K, dan Battle of The Band tingkat SMA/K, serta Perguruan Tinggi.

Acara Road to ETW terdiri atas babak penyisihan dan semi final lomba. Hampir 15 ribu siswa dan mahasiswa secara nasional telah mendaftar di Road to ETW ini. Mereka akan bersaing untuk menjadi yang terbaik di Erlangga Talent Week 2019.

Arief Subahagiyo, selaku Direktur Pemasaran Penerbit Erlangga memaparkan dalam kegiatan ETW tahun ini Penerbit Erlangga khusus berkolaborasi dengan Solidaritas Erlangga (SOGA), sebuah wadah CSR dari Penerbit Erlangga.

Kolaborasi ini merupakan wujud cita-cita perusahaan agar tidak hanya menerbitkan buku-buku yang berkualitas melainkan juga ikut serta melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan bakat anak-anak Indonesia baik di bidang olah raga, seni, lingkungan hidup, maupun sosial.

“ETW kata Arief telah memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, di antaranya semakin luasnya jaringan rekanan Erlangga, serta munculnya para duta bakat dari para finalis dan pemenang lomba ETW 2018 yang menjadi duta bakat kami,” kata Arief pada temu media yang berlangsung di panggung utama Road to ETW, Main Atrium Lotte Shopping Avenue Jakarta, Rabu (2/10).

Ia menjelaskan bahwa tahun 2019 ini, ETW memfokuskan pada peningkatan jumlah partisipan baik lomba, sponsor, maupun media partner.

“Kami ingin peserta lomba ini berasal dari setiap pelosok Indonesia. Di tahun 2019 peserta lomba terjauh dari Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Kami sangat mengapresiasi dan berharap tahun depan akan menjangkau lebih jauh lagi hingga ke pelosok tanah air,” terang Arief.

Selain itu, untuk menambah wawasan masyarakat, terutama siswa, guru, dan orangtua, pada 5 Oktober 2019 di ETW 2019 akan diadakan acara seminar Menjadi Remaja Berprestasi dan Berkarakter Tangguh.

Acara ini akan menghadirkan bintang tamu bertalenta dan berprestasi tinggi, yaitu Liliyana Natsir (Juara Dunia dan Peraih Medali Emas Bulu Tangkis Olimpiade 2016), Hanifah Yudani K. (Peraih Medali Emas Pencak Silat Asian Games 2018), Joshua Suherman (Aktor dan Komika), Sandrina Azzahra (Penari dan Juara 1 Indonesia Mencari Bakat 2013). Mereka semua akan berbagi cerita dan pengalaman suksesnya.

Event ETW 2019 dirangkai dengan berbagai macam acara-acara menarik yaitu dalam bentuk lomba (speech contest, traditional dance, modern choir, dan battle of the band), seminar dan talkshow bersama pakar dan selebritas, pameran buku dan alat tulis, dan acara hiburan dengan bintang tamu idola generasi Z saat ini: Rizky Febian dan Barasuara (acara selengkapnya dapat dilihat di lampiran).

Ajang Unjuk Bakat

Erlangga English Speech Contest 2019

Salah satu lomba terbaik di ajang Erlangga Talent Week adalah Erlangga English Speech Contest (EESC). EESC merupakan lomba pidato berbahasa Inggris dengan pesertanya adalah siswa/siswi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK di seluruh Indonesia.

EESC tahun 2019 merupakan pelaksanaan kali ketujuh setelah sebelumnya berlangsung di tahun 2012, 2013, 2016, 2017, dan 2018. Rata-rata peserta lomba setiap tahunnya selalu meningkat. Di tahun 2019 ini ada sebanyak 15 ribu peserta mewakili 2000 sekolah mengikuti audisi EESC dari seluruh Indonesia.

Tujuan diadakannya lomba ini adalah membudayakan semangat bersaing positif dan sportivitas dalam menerapkan dan mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris di kalangan para pelajar. EESC berfungsi sebagai sarana bagi pelajar Indonesia untuk menampilkan kemampuan dan keberanian berpidato di depan umum.

Ada tiga babak yang harus dilalui oleh para peserta lomba yaitu penyisihan, semifinal, dan grand final. Untuk babak penyisihan dan semifinal diselenggarakan di 11 kota yaitu Medan, Semarang, Makassar, Palembang, Jakarta, Bandung, Samarinda, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali pada bulan Agustus-September 2019.

Sedangkan babak penyisihan dan semifinal Jabodetabek berlangsung pada tanggal 1-4 Oktober 2019 di Main Atirum Lotte Shopping Avenue. Satu orang peserta terbaik masing-masing kota akan bertanding di grand final pada event Erlangga Talent Week, 6 Oktober 2019, Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta.

Penjurian babak penyisihan dan semifinal EESC ini bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris (MGMP) di tiap-tiap kota penyelenggara Sedangkan juri untuk grand final adalah para native speaker yaitu Justin Roberts (English Education Center), Tessa Frenche (The International Japan School), dan Michael Miller (British Shcool).

Adapun poin yang dinilai adalah content, delivery, dan language. Peserta terbaik masing-masing jenjang akan mendapatkan hadiah yaitu Juara 1 Rp 10 juta, Juara 2 Rp 7 juta, dan Juara 3 Rp 5 juta, sertifikat, piala, dan goodie bag sponsor.

Erlangga Battle of The Band
Selain bakat akademik, lomba pada event Erlangga Talent Week 2019 adalah Battle of The Band yang merupakan sebuah kompetisi band yang ditujukan untuk para pelajar SMA/K dan mahasiswa perguruan tinggi secara nasional.

Dalam lomba ini, ada tiga babak penjurian yaitu babak penyisihan online dan semifinal di Main Atrium Lotte Shopping Avenue, 1-4 Oktober 2019 dan babak final yang akan diadakan di Ciputra Artpreneur Theater, 5-6 Oktober 2019.

Sebanyak 152 peserta grup band yang mendaftar secara online, terpilih 10 grup band yang akan bertanding di babak semifinal. Kemudian lima 5 grup band terbaik akan masuk ke babak grand final untuk merebut hadiah: Juara 1 Rp10 juta, Juara 2 Rp7 juta, dan Juara 3 Rp5 juta, sertifikat, piala, dan goodie bag sponsor.

Juri lomba Battle of The Band adalah Sony Ismail (gitaris band J-Rocks), Wanda Omar (Music Influencer), dan Iqball (music influencer) untuk jenjang SMA/K. Sedangkan untuk jenjang perguruan tinggi adalah, Ramadhista Akbar (gitaris band Nidji), Iga Massardi (front man band Barasuara), dan Ray Prasetya (drummer Agnez Mo). Sedangkan untuk juri babak penyisihan online adalah Ale Funky.

Modern Choir Competition

Lomba Modern Choir atau Paduan Suara adalah lomba paduan suara jenjang SD/MI dan SMP/MTs sederajat Jabodetabek. Dalam lomba ini, peserta melakukan pendaftaran online dengan mengunggah video penampilan paduan suaranya. Tercatat sebanyak 53 grup paduan suara SD/MI dan 39 grup paduan suara

SMP/MTs yang mendaftar sebagai peserta lomba. Kemudian dipilih 15 grup masing-masing jenjang untuk tampil dan merebut hadiah: Juara 1 Rp 10 juta, Juara 2 Rp 7 juta, dan Juara 3 Rp 5 juta, sertifikat, piala, dan goodie bag sponsor.

Sementara itu, tim juri lomba ini adalah Indra Bekti, (selebriti dan presenter), Luciana Oendoen (intstruktur vokal The Resonanz Music Studio), Septo Simanjutak (founder Jakarta Youth Choir), Kenar Pradipto (Batavia Madrigal Singer Coach), dan Lucky Oktavian (Finalis Indonesian Idol).

Traditional Dance Competition

Ajang unjuk bakat terakhir adalah Traditional Dance Competition. Peserta lomba Traditional Dance ini adalah siswa-siswi SMA/SMK sederajat.

Sama halnya dengan lomba sebelumnya, untuk peserta melakukan pendaftaran online dengan mengunggah video penampilan tarinya. Tercatat sebanyak 115 grup tari SMA/K Jabodetabek menjadi peserta.

Kemudian dipilih 30 semi finalis yang akan bertanding langsung di panggung utama Erlangga Talent Week, Main Atrium Lotte Shoppin Avenue, 3-4 Oktober 2019. Berikutnya akan dipilih lima finalis untuk bersaing hadiah utama yakni Juara 1 Rp10 juta, Juara 2 Rp7 juta, dan Juara 3 Rp5 juta, sertifikat, piala, dan goodie bag sponsor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *