Inilah Pemenang UOB Most Promising Artist of The Year 2019

WomanIndonesia.co.id – Muhammad Yakin, 26 tahun, berhasil memenangkan penghargaan UOB Most Promising Artist of the Year 2019 (Indonesia) untuk karyanya yang berjudul “Human, Human, Human, Copy of Mimetic Desire” dalam kategori perupa Pendatang Baru.

Lukisan yang terbuat dari media campuran ini menggambarkan fenomena saat ini untuk merepnesentasikan diri sendiri kepada seorang idola dalam masyarakat; menyimbolkan hasrat untuk meniru dan mendapatkan pengakuan sosial.

Namun, karya seninya sendiri sesungguhnya merefleksikan perjalanan penemuan jati diri sebelum seorang individu menemukan identitas sejatinya.

Wakil Presiden Direktur UOB Indonesia, Hendra Gunawan memberikan apresiasi kepada seluruh pemenang atas puncak pencapaian prestasi mereka.

“Saya bangga melihat munculnya bakat-bakat baru dari seluruh Indonesia melalui kompetisi UOB Painting of the Year. Kami percaya bahwa komitmen jangka panjang kami terhadap perkembangan seni telah membantu perupa di seluruh Indonesia menjadi terhubung pada lebih banyak peluang di panggung seni lokal dan intemasional,” kata Hendra pada penganugrahan penghargaan UOB Painting of the Year 2019 (Indonesia) di Museum Nasional Jakarta, Kamis (17/10).

Kolaborasi strategis dengan pemerintah dan institusi swasta juga mengemban misi bersama untuk mempromosikan para perupa generasi berikutnya kepada masyarakat secara keseluruhan.

“Sejak tahun 2011, program UOB Painting of the Year telah memungkinkan kami untuk memperdalam hubungan dengan komunitas seni seiring dengan upaya kami untuk terus menginspirasi semangat dan kreativitas masyarakat Indonesia,” kata Hendra.

Ia telah melihat bagaimana perupa Indonesia telah mampu mendorong batasan kreatif mereka hinga tingkat regional. “Saya berharap mereka dapat meraih kesuksesan yang Iebih besar di masa yang akan datang dan terns mengmspurasu masyarakat,” kata Hendra.

Selama 9 tahun terakhir kompetisi ini telah meluncurkan banyak perupa terkenal di Indonesia termasuk Y. Indra Wahyu, pemenang UOB Southeast Asian Painting of the Year tahun 2012; Antonius Subiyanto, pemenang tahun 2014; Anggar Prasetyo, pemenang tahun 2015. Indrajati pemenang tahun 2016; dan Suvi Wahyudianto, pemenang tahun 2018.

Sebanyak 50 karya seni yang menjadi finalis, termasuk delapan karya yang menjadi pemenang dari kompetisi UOB Painting of the Year 2019, akan dipamerkan di Ruang Pamer Temporer di Museum Nasional Indonesia mulai 17 hingga 31 Oktober mendatang. Pameran ini dibuka untuk umum dari Selasa hingga Minggu, pukul 08:00 hingga 16:00 WIB.

Kategori Perupa Pendatang Baru

1. Muhammad Yakin dengan karya “Human, Human, Human, Copy of Mimetic Desire” pemenang 2019 UOB Most Promising Artist of the Year (Indonesia) dengan hadiah Rp30 juta.

2. Nanang Sarifudin “The Scream of The Rangers”, Gold Winner dengan hadiah Rp25 juta.

3. Nadya Jiwa Saraswati “Bukankah Redam Membuat Ceruk yang Gaduh” Silver Winner mendapatkan apresiasi Rp15 juta.

4. Ms Yawara Rahmawati Oky “Jalan-Jalan Bersama Bunda”, terpilih sebagai Bronze Winner dengan hadiah Rp10 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *