Indeks
Cerita Kita
Sunday, October 19, 2025
No Result
View All Result
  • News
    • Economics & Culture
    • Entertaintment
    • Technology & Otomotive
  • Beauty
  • Lifestyle
    • Fashion
    • Financial
  • Healthy
    • Activity
    • Food
    • Mood
  • Relationship
    • Dating
    • Married
    • Parenting
    • Sex
  • Review
    • Books
    • Hotel & Resto
    • Movie
    • Travelling
  • Inspirations
    • Profile
    • Story
  • K-POP
  • Event
#Quotes
Home Lifestyle Financial

Libur Lebaran di Indonesia, Transaksi Belanja di E-commerce Melampaui Transaksi di Toko Offline

Ditulis oleh Andi Mardana
2 July 2024 wi
in Financial, News, Technology & Otomotive
Libur Lebaran di Indonesia, Transaksi Belanja di E-commerce Melampaui Transaksi di Toko Offline_Womanindonesia.co.id

Istimewa

76
SHARES
Share on FacebookShare on Twitter

Womanindonesia.co.id – Setiap tahunnya, menjelang libur lebaran Idulfitri, masyarakat Indonesia biasanya memperbanyak pembelanjaan. Namun, kali ini terdapat pergeseran signifikan dalam hal preferensi belanja. Visa, sebagai pemimpin global dalam pembayaran digital, menemukan bahwa transaksi belanja e-commerce melampaui transaksi di toko offline pada periode Idulfitri.

Analisis data yang dilakukan oleh unit konsultasi pembayaran Visa, Visa Consulting Analytics, menggunakan data VisaNet, menemukan bahwa volume transaksi e-commerce tumbuh dua kali lebih cepat daripada transaksi di toko offline.

Pertumbuhan tersebut terutama dipengaruhi oleh pergeseran signifikan pada cara belanja masyarakat Indonesia, yaitu pergeseran dari berbelanja secara langsung di toko ke berbelanja secara online. Pasar e-commerce Indonesia adalah yang terbesar di Asia Tenggara, mengungguli negara-negara lain di kawasan tersebut.

Konsumen Indonesia mempersiapkan hari raya Idulfitri dengan berbelanja di department store, serta membayar untuk layanan ritel dan perjalanan. Kategori-kategori ini menjadi penyumbang utama yang mencakup sepertiga kontribusi dari total pengeluaran domestik selama periode tersebut.

Menurut Vira Widiyasari, Country Manager Visa Indonesia, “Seiring dengan pertumbuhan e-commerce di Indonesia, konsumen semakin mengutamakan kenyamanan dan efisiensi transaksi online untuk kebutuhan sehari-hari.” Visa mendukung pergeseran ini dengan berkolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan di ekosistem pembayaran di Indonesia untuk memberikan solusi pembayaran yang inovatif, lancar, dan aman yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis dan konsumen.

Tidak hanya itu, studi terbaru dari Visa juga menunjukkan bahwa embedded payment (pembayaran dalam aplikasi/situs web) adalah yang paling banyak digunakan dan diminati oleh masyarakat Indonesia yang disurvei. Tiga alasan utama yang mendorong hal ini adalah kemudahan, kecepatan, dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

Namun, bukan hanya tren belanja online yang meningkat. Studi Global Travel Intentions dari Visa mengungkapkan bahwa perjalanan ke luar negeri juga meningkat selama periode ini, yang mencerminkan meningkatnya daya beli konsumen. Singapura, Jepang, dan Malaysia menjadi destinasi utama wisatawan Indonesia karena lokasinya yang dekat dan terjangkau. Hal ini tercermin dari pertumbuhan volume pembayaran dari tahun ke tahun untuk pengeluaran internasional, hampir 10 kali lipat lebih tinggi daripada pengeluaran domestik.

Dalam konteks ini, Vira menambahkan, “Pola belanja yang kami amati selama musim liburan Idulfitri menjadi pembelajaran yang berharga. Di Visa, tujuan kami adalah memberikan pengalaman pembayaran yang menyenangkan dan dapat diandalkan melalui peningkatan kenyamanan, kelancaran, dan keamanan.”

Perubahan perilaku belanja online masyarakat Indonesia menjadi sangat signifikan. Blanja.com melaporkan bahwa tingkat penjualan selama libur lebaran melonjak hingga 70 persen dibandingkan periode normal. Hal ini menunjukkan bahwa e-commerce di Indonesia semakin berkembang dan semakin diandalkan untuk kebutuhan belanja sehari-hari.

Selain itu, perubahan ini juga memacu perusahaan-perusahaan lain untuk lebih menerapkan teknologi dan memperluas akses ke produk dan layanan melalui e-commerce, serta menjawab permintaan konsumen yang semakin tinggi akan efisiensi dan kemudahan belanja.

Recommended By Editor

Transformasi Hiburan Keluarga di Era Digital: Timezone Hadirkan Konsep Baru di Mal Taman Anggrek

TCL Dorong Revolusi Udara Bersih Dunia Lewat Manufaktur Hijau di Wuhan

Kolaborasi Strategis untuk Menutup Kesenjangan Akses dan Peluang Ekonomi bagi Perempuan dan Kaum Muda

Yadea Ubah Gaya Peluncuran Otomotif: TikTok Jadi Panggung Digital Pertama di Indonesia


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Share30Tweet19Pin7

RELATED ARTICLES

Transformasi Hiburan Keluarga di Era Digital: Timezone Hadirkan Konsep Baru di Mal Taman Anggrek_womanindonesia.co.id
Lifestyle

Transformasi Hiburan Keluarga di Era Digital: Timezone Hadirkan Konsep Baru di Mal Taman Anggrek

1 day ago
TCL Dorong Revolusi Udara Bersih Dunia Lewat Manufaktur Hijau di Wuhan_Womanindonesia.co.id
News

TCL Dorong Revolusi Udara Bersih Dunia Lewat Manufaktur Hijau di Wuhan

3 days ago
Kolaborasi Strategis untuk Menutup Kesenjangan Akses dan Peluang Ekonomi bagi Perempuan dan Kaum Muda_Womanindonesia.co.id
Economics & Culture

Kolaborasi Strategis untuk Menutup Kesenjangan Akses dan Peluang Ekonomi bagi Perempuan dan Kaum Muda

3 days ago
Yadea Ubah Gaya Peluncuran Otomotif: TikTok Jadi Panggung Digital Pertama di Indonesia_Womanindonesia.co.id
Technology & Otomotive

Yadea Ubah Gaya Peluncuran Otomotif: TikTok Jadi Panggung Digital Pertama di Indonesia

4 days ago
Kolaborasi Pengetahuan Global di Pacific Coatings Show & Conference 2025: Saat Sains, Inovasi, dan Keberlanjutan Berjumpa_Womanindonesia.co.id
News

Kolaborasi Pengetahuan Global di Pacific Coatings Show & Conference 2025: Saat Sains, Inovasi, dan Keberlanjutan Berjumpa

1 week ago
Ofero Ride Fest 2025: Saat Mobilitas Jadi Gaya Hidup Baru_Womanindonesia.co.id
Technology & Otomotive

Ofero Ride Fest 2025: Saat Mobilitas Jadi Gaya Hidup Baru

1 week ago
Next Post
Revolusi Perawatan Kecantikan dan Kesehatan dengan Mini Surgery dan Regenerative Medicine_Womanindonesia.co.id

Revolusi Perawatan Kecantikan dengan Mini Surgery dan Regenerative Medicine

WOMANINDONESIA

Informasi Terkini Untuk Perempuan Indonesia, Mulai Dari Kesehatan, Lifestyle, Keuangan, Fashion, Relationship, Food Review, Hot Issue Terkini dan Terbaru Hari Ini.

Topik Pilihan

usus makan uang bahan nasi run kerja anak iu kai sehat kesehatan ibu aman erha bar Indonesia os Me sel ikan alam

Informasi

  • About Us
  • Career
  • Media Kit
  • Contact Us
  • Sitemap

Alamat Redaksi

PT. Komunikasi Perkasa Indonesia. Epicentrum Walk Lt. 3 Unit A306-A307 Kawasan Rasuna Epicentrum Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta 12960.

: halo@womanindonesia.co.id
: 0812 8877 7317
: +62 812 8877 7317
: +62 812 8877 7317

BLOGROLL

  • Womenpedia
  • Trend.co.id
  • CaraLengkap.com
  • Create.web.id
  • DapurLetters.com
  • JasaSaya.com
  • KataSandi.com
  • zonanusantara.com
  • Desa.or.id
  • RedJasa.com
  • School.sch.id
  • SEO.sch.id
  • SLI.sch.id
  • Social.or.id
  • Whuzzz.com
  • TukuDong.com
  • Urbanoir.net
  • YPI.ac.id
  • idkoe.com
  • bukupandu.com
  • Privacy Policy
  • Term & Conditions
  • Indeks

© 2021 womanindonesia.co.id - All rights reserved. | DMCA.com Protection Status

No Result
View All Result
  • News
    • Entertaintment
    • Politics
    • Economics & Culture
    • Technology & Otomotive
  • Lifestyle
    • Beauty
    • Fashion
    • Financial
  • Healthy
    • Activity
    • Food
    • Mood
  • Relationship
    • Dating
    • Parenting
    • Married
    • Sex
  • Review
    • Hotel & Resto
    • Books
    • Movie
    • Music
  • Inspirations
    • Profile
    • Story
  • K-POP
  • Motivasi
    • Jiwa Bahagia
  • Quotes
  • Event

© 2021 womanindonesia.co.id - All rights reserved. | DMCA.com Protection Status

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist