Lima Alasan Mengapa Butuh Dana Darurat

WomanIndonesia.co.id – Dalam kehidupan keseharian kita, tentu pernah mengalami yang namanya hal tak terduga. Dan kejadian ini mau tak mau menguras uang kita yang selama ini kita alokasikan untuk keperluan lainnya.

Contoh yang paling sering terjadi adalah, jika seorang anggota keluarga sakit, atau bahkan Anda sendiri. Apakah Anda sudah siap menghadapinya?

Dana darurat adalah bagian dari pengaturan keuangan pintar dengan mengantisipasi kebutuhan di masa depan

Adanya dana darurat tidak hanya akan membantu Anda secara finansial, tapi juga memberi ketenangan pikiran karena Anda tahu bahwa saat ada pengeluaran mendadak yang penting, Anda bisa langsung menanganinya.

Lantas, untuk apa sajakah dana darurat kerap kali dibutuhkan? Berikut alasan mengapa perlu ada dana darurat seperti yang dikutip dari laman Cermati.

Baca terus womanindonesia.co.id untuk mendapatkan informasi penting bagi kehidupan Anda.

1. Kehilangan Pekerjaan

Adanya dana darurat akan menjamin bahwa untuk beberapa bulan kedepan, Anda setidaknya memiliki uang cukup untuk menutupi pengeluaran inti, seperti makanan dan transportasi. Sehingga Anda bisa tetap memenuhi kebutuhan tanpa perlu mengorek dana tabungan Anda.

2. Darurat Medis

Masalah medis sering tidak bisa diprediksi dan begitu terjadi, tidak bisa ditunda. Anda atau keluarga Anda bisa tiba-tiba mengalami kecelakaan atau sakit mendadak hingga harus ke rumah sakit.

Untuk saat-saat kritis seperti ini, dana darurat bisa menjadi penyelamat hidup Anda. Dana yang sudah disiapkan dapat digunakan untuk membayar selisih yang tidak tertutup asuransi yang Anda gunakan.

3. Perbaikan Rumah Tak Terduga

Memelihara sebuah rumah pasti menemui saat di mana rumah tiba-tiba perlu perbaikan. Genteng bocor saat musim hujan, toilet tersumbat, atau AC rusak, perbaikan rumah biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Di saat inilah dana darurat bisa digunakan agar tidak mengurangi secara drastis tabungan yang mungkin saja Anda butuhkan untuk membayar tagihan lain dan juga bayaran KPR.

4. Alat Transportasi Rusak

Sama seperti rumah, alat transportasi baik mobil atau motor bisa saja rusak mendadak. Membetulkan mesin di bengkel atau biaya mengganti spare part tidaklah murah, apalagi kalau sudah harus turun mesin atau menyangkut kelistrikan kendaraan.

Tentunya, Anda pun tidak bisa menunda perbaikan karena bisa berdampak pada produktivitas dan mobilitas sehari-hari Anda. Adanya dana darurat akan memastikan bahwa kendaraan Anda bisa langsung ditangani tanpa mengorbankan stabilitas finansial Anda.

5. Pengeluaran Perjalanan Mendadak

Maksud perjalanan mendadak bukan traveling ke luar kota atau negeri karena Anda mendapatkan tiket murah. Perjalanan mendadak adalah situasi di mana keluarga atau kerabat Anda tiba-tiba harus terbang keluar kota atau negeri karena ada anggota keluarga lainnya yang mengalami musibah, seperti sakit, kecelakaan atau meninggal dunia.

Jika Anda perlu terbang kesana, membeli tiket di saat-saat terakhir biasanya mahal, belum lagi jika Anda harus memesan akomodasi seperti penginapan. Banyak sekali biaya tak terduga yang harus dikeluarkan saat traveling seperti ini, dan dana darurat bisa saja akan membantu Anda menekan pengeluaran yang Anda bebankan ke kartu kredit.
(eka)