Womanindonesia.co.id – Meningkatnya tren gaya hidup sehat membuka peluang besar bagi para pebisnis kuliner dalam menyajikan pilihan makanan yang lebih sehat dan bernutrisi bagi masyarakat Indonesia. Perubahan ini makin terasa di masa pandemi, bahkan tercatat 7 dari 10 orang di Indonesia mengaku ingin lebih teratur mengonsumsi makanan sehat.
Menanggapi tren gaya hidup sehat, owner dan founder YellowFit Group, Christopher Aldo menjelaskan, pada dasarnya, plant-based foods sudah sangat dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia. Apalagi semenjak pandemi, mereka menjadi lebih concern menerapkan gaya hidup sehat dengan mengganti makanan olahan, daging merah, dan gula dengan alternatif yang lebih sehat, memilih makanan yang lebih segar, mulai memperhatikan keamanan pangan serta konsumsi berkelanjutan yang bertanggung jawab, dan menaruh minat lebih pada plant-based foods.
“Fakta ini tentunya menjadi peluang yang harus dioptimalkan bagi para pelaku bisnis kuliner healthy foods agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan terus berkembang,” kata Aldo dalam sesi talkshow peluncuran “Knorr Mushroom and Vegetable Seasoning” Unilever Food Solutions, Rabu (24/11).
Di tengah tren ini, kata Aldo, ternyata masih banyak pebisnis kuliner yang kurang percaya diri bahwa makanan sehat bisa disajikan lebih variatif dan sedap. “Padahal, menu makanan sehat yang lezat sangat bisa didapatkan dengan penggunaan bahan berkualitas, teknik memasak yang tepat, dan pemanfaatan bahan-bahan yang lebih beragam,” lanjut Aldo.
Memahami kondisi dan tantangan para pebisnis kuliner healthy foods, Knorr yang kini bertransformasi menjadi Knorr Professional juga mendorong para chef untuk #EksploRasa, yaitu mengkreasikan sajian yang lebih beragam dengan tidak ragu mengeksplorasi bahan-bahan baru, dan memasak secara lebih progresif.
Langkah Knorr Professional di Indonesia diawali dengan kehadiran Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning, kaldu bubuk tanpa tambahan penguat rasa (atau MSG) yang mengandung ekstrak jamur serta mirepoix sehingga berbagai menu makanan sehat dapat ‘naik kelas’.
“Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning, kaldu yang pertama kalinya mengombinasikan ekstrak jamur serta mirepoix di Indonesia ini hadir untuk membantu para pebisnis kuliner menambah kelezatan beragam menu sehat, termasuk plant-based foods yang kian digemari,” kata Managing Director Unilever Food Solutions Joy Tarigan.
Dorong Pebisnis Kuliner Terapkan Gaya Hidup Sehat
Dengan mengusung pesan “Kini Masakan Sehat Bisa Seenak Itu”, kehadiran Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning dapat membantu para chef dan pebisnis kuliner untuk terus berkembang, memanfaatkan tren, dan memuaskan konsumen yang makin menggemari pola makan sehat.
Chef Norman Ismail yang juga merupakan seorang pelaku gaya hidup sehat yang lebih sehat mengungkapkan, kaldu merupakan salah satu bumbu dasar kunci untuk menguatkan cita rasa suatu hidangan. “Jamur yang menghasilkan rasa umami alami memang telah umum digunakan sebagai kaldu, namun seringkali ketika sudah bercampur cenderung mendominasi rasa masakan,” imbuhnya.
Penambahan mirepoix atau kaldu sayur yang sering digunakan di dapur professional, seperti yang terkandung dalam Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning, dapat menyeimbangkan dan memantapkan nikmatnya berbagai hidangan sehat para chef.
Chef Norman juga mengingatkan agar para chef lebih berani mengeksplorasi berbagai teknik masak serta kreatif dalam mencari alternatif bahan-bahan yang lebih sehat. Menurutnya, dengan pengolahan yang tepat, makanan sehat bisa seenak lainnya.
Saat ini, Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning sudah dipasarkan secara lebih luas, namun untuk pertama kalinya produk ini hanya tersedia secara eksklusif di Tokopedia melalui official store Unilever Food Solutions.
Hartawan Lesmana, Merchant Development Senior Lead Tokopedia, menyatakan, kegemaran masyarakat Indonesia mengonsumsi makanan dan minuman sehat juga tampak jelas di platform kami. Kategori Makanan dan Minuman terus menjadi salah satu kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi pada kuartal III 2021, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.
Bahkan jumlah transaksi produk makanan dan minuman sehat meningkat sebanyak 2,5 kali lipat. “Harapannya, Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning yang lebih mudah didapatkan melalui Tokopedia dapat mendukung para pebisnis lokal, termasuk UMKM, memajukan industri kuliner makanan sehat, demi sekaligus mendorong pemulihan ekonomi Indonesia,” kata Hartawan.
Melalui peluncuran Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning, Unilever Food Solutions terus mendorong para chef dan pebisnis kuliner untuk memperbanyak porsi sayuran di dalam masakannya sambil mengeksplorasi kekayaan pangan nabati yang dimiliki Indonesia, memperkaya nutrisi dari tiap hidangan, dan memberikan alternatif untuk mulai mensubstitusi bahan-bahan makanan meat-based menuju plant-based dengan cita rasa maupun tampilan yang tak kalah menggugah selera.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News