Menjaga Kesehatan Gigi dengan Siwak ala Pepsodent

WomanIndonesia.co.id – Bagi umat muslim, siwak telah menjadi alat untuk membersihkan gigi sejak 3500 Sebelum Masehi (SM). Siwak adalah bahan alami yang berfungsi menghambat dan mematikan pertumbuhan bakteri serta menguatkan permukaan email gigi sehingga mencegah tumbuhnya gigi berlubang.

Selain itu, siwak juga dapat menjaga kesehatan gusi dan jaringan penyangga gigi, menghentikan pendarahan dan peradangan gusi, dan menstimulasi peningkatan produksi air liur yang berfungsi menetralkan kondisi asam di dalam mulut.

Sejak 1984, WHO merekomendasikan siwak sebagai bahan yang efektif untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. Begitu banyaknya manfaat siwak membuat Pepsodent meluncurkan produk baru yang mengandung ekstrak siwak.

“Dengan kandungan ekstrak siwak yang dilengkapi mint alami, inovasi ini dapat merawat kekuatan gigi sekaligus memberikan kesegaran nafas yang lebih tahan lama,” tutur Distya Tarworo Endri, Senior Brand Manager Pepsodent, PT Unilever Indonesia Tbk, dalam peluncuran Pepsodent Siwak pada Jumat, 31 Januari 2020 di Rumah Maroko Menteng, Jakarta.

Khusus untuk Pepsodent Siwak, pihak Pepsodent akan mendonasikan 2,5% dari laba tiap kemasan produk yang terjual untuk memperbaiki kesehatan gigi dan mulut anak yatim piatu di berbagai wilayah Indonesia. Berbagai program yang akan dilaksanakan antara lain adalah aktivitas edukasi, membangun/memperbaiki fasilitas tempat cuci tangan, penyediaan produk, serta fasilitas cek gigi dan mulut gratis dengan dokter gigi secara berkala.

Untuk mekanisme dan penyaluran donasi, Pepsodent bekerja sama dengan BAZNAZ yang membawahi ribuan panti asuhan di seluruh Indonesia. Mohammad Arifin Purwakananta selaku Direktur Utama BAZNAZ menerangkan tentang jalannya program kolaborasi tersebut.

“Kita mengajarkan anak-anak melakukan tarian cuci tangan, untuk memberi mereka knowledge. Karena mereka masyarakat miskin yang jangankan beli pasta gigi, beli makan pun sulit. Akhirnya itu menjadi concern kita, sehingga mengajak para stakehoulder untuk sharing dan membantu mereka,” ucapnya.

Demi tercapainya tujuan program sosial ini, Pepsodent bersama BAZNAZ mengajak masyarakat untuk menjadi “Pahlawan Senyum” dengan membantu membebaskan sebanyak mungkin anak Indonesia dari permasalahan gigi dan mulut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *