WomanIndonesia.co.id – Bisnis kuliner di Indonesia saat ini berkembang dengan pesat. Berdasarkan Go-Food Business Intelligence Report 2018, ada empat kategori kuliner yang saat ini menjadi tren hampir di semua kota besar di Indonesia, yakni bisnis makanan pedas bernuansa geprek, makanan dan minuman yang mengandung keju, minuman kopi lokal, makanan dan jajanan dengan rasa Salted Egg.
Berangkat dari peluang yang sangat besar untuk berpartisipasi dalam mengembangkan bisnis kuliner di Jakarta, maka Modal Rakyat sebagai peer to peer (P2P) lending di Indonesia mendukung terselenggaranya “Cooking Class for Business – Kreasi Cheese Stick” bersama Forum Wartawan Lifestyle (Fowarlife) di Cosmo Amaroossa Jakarta, Sabtu (4/5).
Hendoko Kwik selaku Chief Sales Officer Modal Rakyat) saat memberikan edukasi pentingnya mengelola keuangan dalam berbisnis. Ia mengatakan, para pelaku usaha rumahan bisa merintis bisnis mulai dari makanan ringan yang dijual secara online.
“Harapannya bisa berkembang menjadi bisnis yang lebih besar dengan adanya pengelolaan keuangan yang tepat. Bisnis tidak harus dimulai dengan modal yang besar, melainkan bisa juga bisa dimulai dari modal kecil,” ungkap Hendoko pada sesi talkshow “Cooking Class for Business – Kreasi Cheese Stick”.
Modal Rakyat sangat mendukung ibu-ibu dalam berkreasi, secara khusus melalui acara ini bersama Fowarlife Jakarta. Modal Rakyat telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak Juni 2018.
Hingga saat ini lebih dari 10.000 Pendana yang telah ikut berkomitmen dalam memajukan inklusi keuangan. Modal Rakyat telah mendanai lebih dari 600 Peminjam dengan nilai penyaluran lebih dari Rp20 Miliar, dimana mencakup pada jenis bisnis di berbagai sektor seperti agen pulsa, perdagangan, IT, logistik, kesehatan, kelautan, otomotif, perikanan dan lain-lain.
Talkshow Modal Rakyat mendukung terselenggaranya “Cooking Class for Business – Kreasi Cheese Stick” bersama Forum Wartawan Lifestyle (Fowarlife) di Cosmo Amaroossa Jakarta, Sabtu (4/5).
“Berbekal pengalaman dari nara sumber professional, kami ingin berbagi ilmu untuk dapat memberikan inspirasi dalam membantu mengembangkan minat masyarakat yang ingin mencoba membuka bisnis masakan secara profesional dalam skala kecil (UMKM) hingga menengah,” jelas Hendoko.
Untuk itu, Fowarlife bekerjasama dengan Modal Rakyat membantu memberikan arahan bagaimana berbisnis untuk peserta yang ingin memulai bisnis terutama dari sisi permodalan.
Suasana “Cooking Class for Business – Kreasi Cheese Stick” yang diselenggarakan Forum Wartawan Lifestyle (Fowarlife) di Cosmo Amaroossa Jakarta, Sabtu (4/5).
Modal Rakyat sebagai P2P lending karya anak bangsa tentu mengedepankan satu pesan, yakni “Dari Rakyat untuk Rakyat”. Tidak hanya itu, Modal Rakyat sendiri ke depan akan fokus untuk memberikan sarana bagi Peminjam dan Pendana, khususnya pada Peminjam yang memiliki bisnis pinjaman pada toko kelontong dan memperbanyak bisnis kuliner.
“Modal Rakyat hadir di Indonesia untuk mendorong pertumbuhan UMKM, tidak hanya usaha dengan nilai bisnis dengan omset yang besar. Justru Modal Rakyat fokus pada peminjam yang memiliki bisnis mikro, mulai dari pinjaman Rp500 ribu – Rp1 juta,” tutur Hendoko.
Melalui kegiatan workshop “Cooking Class for Business Kreasi Cheese Stick” Fowarlife mengajak 50 peserta yang terdiri dari komunitas, ibu rumah tangga, pelajar, penggiat kuliner dan sebagainya untuk membuat peluang bisnis khususnya dalam lini kuliner.
Forum Wartawan Lifestyle, merupakan wartawan yang tergabung dalam liputan lifestyle terutama liputan kuliner.
“Berbekal pengalaman dari berbagai narasumber professional dari beragam bidang, kami ingin berbagi ilmu untuk dapat memberikan inspirasi dalam membantu mengembangkan minat masyarakat yang ingin mencoba membuka bisnis masakan secara professional dalam skala kecil (UMKM) hingga menengah,” ujar Nina Karlita Ketua FoWarLife.
Masing-masing kelompok terlihat sangat antusias dalam membuat cheese stick. Tak hanya bersemangat dalam membuat cheese stick mereka juga terlihat kreatif dalam menyajikan makanan renyah tersebut menggunakan wadah Tupperware yang dihiasi pernak-pernik cantik.
“Dari acara ini kami berharap, para peserta bisa membawa bekal ilmu yang bermanfaat dengan membawa tips dan trik mendapatkan modal yang sehat dalam pengembangan usaha, serta membuat cheese stick yang renyah,” ungkapnya.
Kegiatan “Cooking Class for Business Kreasi Cheese Stick” yang di sponsori Bank Negara Indonesia (BNI) dan didukung Cosmo Amaroossa Hotel Jakarta, Modal Rakyat (PT Modal Rakyat Indonesia), Tupperware, Indofood, Kokola, Beko, Ajinomoto, Dapur Umami, McDonalds Indonesia, Superindo, J & C, Indonesiatripnews.com (media partner) ini dimeriahkan dengan kehadiran MC Fatin yang berbagi games, door prize, lomba Instagram, dan pemberian hadiah bagi pemenang Cooking Class for Business Kreasi Cheese Stick.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News