Penelitian: Atasan Perempuan Masih Alami Kesenjangan Gaji

WomanIndonesia.co.id – Seorang perempuan yang menduduki posisi tertentu dalam perusahaan itu mengalami kesenjangan gaji dibandingkan rekan kerja pria, menurut penelitian.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam European Sociological Review menunjukkan bahwa perempuan dalam posisi managerial di sebuah perusahaan, seringkali mendapatkan perlakuan tidak adil dalam gender dan pendapatan.

Penelitian menemukan bahwa dari para perempuan yang dianalisis, diperoleh data bahwa pendapatan mereka itu lebih rendah ketimbang rekan-rekan kerja lelaki, terlepas atasan mereka itu lelaki atau perempuan, atau posisi managerial perempuan dalam perusahaan.

Sampel ini diambil dari sembilan negara di Eropa dan terkait dengan managerial di pelbagai sektor seperti manufaktur, perawatan kesehatan, pendidikan, transportasi, layanan keuangan dan telekomunikasi.

“Seharusnya perempuan tetap mendapatkan manfaat dari posisinya sebagai manager. Jadi, kami terkejut bahwa kesetaraan tidak terjadi. Tentu, kita mesti menggali mengapa mekanisme ini dapat terjadi,” ungkap Margriet van Hek, peneliti utama studi ini, seperti dilansir laman dpa-international.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *