Philips Avent Kolaborasi dengan Alodokter Tingkatkan Pelayanan Ibu Hamil

WomanIndonesia.co.id – Pregnancy+ oleh Philips Avent, pemimpin global yang mendukung pasangan dalam perjalanannya menjadi orangtua, mengumumkan kerja sama dengan super app kesehatan Indonesia, Alodokter.

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan konsumsi konten lokal terkait kehamilan bagi calon orangtua. Pengguna aplikasi juga dapat terhubung dengan tenaga kesehatan profesional di Indonesia. Tujuan utama dilakukannya kerjasama antara Philips Avent dan Alodokter ini adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna aplikasi Pregnancy+ dalam hal personalisasi, keberagaman dan inklusivitas.

Indonesia merupakan negara berpenduduk terpadat keempat di dunia. Demografi penduduknya memiliki komposisi yang unik baik secara ekonomi, sosial, politik, dan budaya yang memberikan tantangan tersendiri dalam membawa akses kesehatan terpersonalisasi untuk segala lapisan masyarakat.

Berdasarkan prediksi laporan United Nation, populasi di Indonesia dapat meningkat dari 273 juta jiwa menjadi 311 juta jiwa pada tahun 2045. Dengan perkiraan 38 juta kelahiran, ditambah dengan meningkatnya permintaan akan akses dan pelayanan kesehatan berkualitas, solusi kesehatan digital menyediakan peluang untuk menjembatani kesenjangan tersebut.

“Kami berkomitmen menyediakan inovasi dan solusi yang telah teruji secara klinis oleh tenaga kesehatan bagi penduduk Indonesia yang terus meningkat,” kata Pim Preesman, Presiden Direktur Philips Indonesia dalam siaran persnya baru-baru ini.

“Dengan kerjasama aplikasi Pregnancy+ oleh Philips AVENT dan Alodokter, kami berharap dapat memberikan berbagai macam dukungan bagi para orangtua dari generasi penerus Indonesia mulai dari awal kehamilan, hingga menemani perjalanan tumbuh kembang si kecil,” sambung Pim.

Kolaborasi digital antara aplikasi Pregnancy+ dan Alodokter dilakukan untuk memberikan dukungan medis yang sangat edukatif, inklusif, dan relevan bagi calon orangtua di Indonesia dalam tiga bidang berikut:

Pregnancy+ oleh Philips Avent menyediakan konten inklusif untuk semua pengguna. Istilah medis yang ada diceritakan dalam narasi yang mendukung dan pragmatis. Alodokter juga nantinya akan melengkapi perjalanan pengguna dengan menyediakan chat 24/7 dengan dokter di platformnya.

Promosi silang ini menyediakan pengalaman holistik agar pengguna dapat mengakses informasi kesehatan terpercaya dan berinteraksi dengan dokter. Interaksi ini diharapkan dapat membantu pengguna mengambil keputusan terbaik untuk dirinya dan keluarga.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaporkan bahwa sebelum pandemi COVID-19, sekitar 17,5% kehamilan tidak direncanakan. Keterbatasan akses kesehatan dan informasi kesehatan terpercaya merupakan salah satu penyebabnya.

Oleh sebab itu, kolaborasi ini dilakukan untuk menyediakan akses bagi tenaga kesehatan agar bisa mendukung semua calon ibu di Indonesia tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi, terutama dalam keterbatasan yang disebabkan COVID-19. Hal ini akan membantu menjembatani kesenjangan dalam perawatan kesehatan fisik selama isolasi, serta meningkatkan hasil perawatan kesehatan bagi ibu dan bayi.

Berdasarkan penelitian World Bank, penduduk area perkotaan yang makmur memiliki kesempatan 7 kali lebih besar untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan dibandingkan mereka yang kurang beruntung di area pedesaan. Angka ini merupakan hasil langsung dari wawancara dengan dokter dan bidan yang memilih bekerja di kota yang lebih padat.

Oleh sebab itu, Philips menyediakan aplikasi Pregnancy+ yang dapat diunduh secara gratis dengan konten yang telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia untuk kenyamanan semua pengguna. Kepercayaan dan keandalan aplikasi ini diperkuat saat pengguna mengonsumsi konten yang didukung oleh super app kesehatan nomor 1 yang telah banyak digunakan di Indonesia.

Selain itu, biaya perawatan kesehatan dapat lebih terjangkau karena keterbatasan yang selama ini dihadapi pengguna dan tenaga kesehatan – seperti biaya dan jarak – dapat dihilangkan. Pengguna dapat terkoneksi dengan tenaga kesehatan di Alodokter kapan saja mereka perlukan. Pengguna juga dapat membuat janji dengan tenaga kesehatan terpercaya dengan mudah.

“Kemitraan ini merupakan contoh nyata dari kerjasama untuk mencapai tujuan. Kami sangat senang bisa bermitra dengan Alodokter sebagai upaya meningkatkan kualitas Pregnancy+ milik Philips Avent dan menambah nilai serta kualitas konten kehamilan premium di Alodokter. Kami berharap dapat membangun relasi di 2021 dengan lebih banyak penawaran yang bermanfaat bagi calon ibu dan orangtua baru dalam perjalanan mereka membangun keluarga bersama si kecil,” tambah Amber Vodegel, Business Category Leader Pregnancy+ Baby+, Philips Avent.

“Kerjasama antar-dua pemain paling besar di bidangnya ini dapat membawa perubahan signifikan dalam kemajuan konten kesehatan untuk perempuan Indonesia, terutama perempuan hamil sebagai penjaga keluarga untuk mengambil keputusan kesehatan yang lebih baik,” tambah CEO Alodokter Nathanael Faibis.

Pendekatan sinergi yang dilakukan oleh Pregnancy+ milik Philips Avent dan Alodokter memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk berkontribusi di bidang keahlian mereka gaya hidup dan kesehatan sehingga dapat menjadi aspirasi dalam peningkatan konsumsi konten kesehatan di Indonesia. Hasil dari kerjasama ini adalah terciptanya aliansi yang harmonis, yang dapat meningkatkan ekuitas merek untuk Pregnancy+ dan Alodokter melalui konten lintas promosi yang baru, menarik, dan sesuai dengan masyarakat di Indonesia.

Memberdayakan calon orangtua dari berbagai latar belakang sosial ekonomi dengan menyediakan informasi medis terkait kehamilan yang relevan; anjuran ahli, serta tip perawatan kesehatan; dapat membantu meningkatkan percaya diri mereka dalam mengambil pilihan dan keputusan sepanjang perjalanan kehamilan dan seterusnya.

Aplikasi Pregnancy+ oleh Philips Avent difokuskan untuk beradaptasi dengan solusi dan teknologi perawatan kesehatan yang selalu berubah. Philips AVENT bertujuan meningkatkan makna, kesadaran budaya, dan membantu meningkatkan kesejahteraan calon orangtua di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *