Rina Rien, Berkarya Lewat Rasa Cinta Pada Kain Nusantara

WomanIndonesia.co.id – Bagi seorang fashion desainer membuat rancangan baju tidak hanya untuk kepuasan penggunanya melainkan ada rasa yang disematkan di setiap desain yang dibuat.

Termasuk bagi Rina Rien yang memiliki rasa cinta terhadap kain nusantara. Dengan tangannya, Riena telah membuat banyak pakaian yang dipadu padankan dengan kain nusantara yang berlabel Rien Collections.

Riena yang terjun di bidang fashion karena hobi, awalnya mencoba untuk mendesain da n membuat pola sendiri. Awalnya koleksi Rina dipakai sendiri dan mengundang perhatian orang-orang di sekitarnya yang menyukai pakaian yang dibuatnya.

“Akhirnya saya mempelajari bagaimana desain yang baik, bagaimana menjahit agar memiliki nilai jual tinggi, pemasaran saya pelajari kalo daerah sini seperti ini, saya berpikir juga Indonesia banyak sekali ragamnya dan dari awal memang pengen sekali mengangkat kain-kain nusantara,” tutur Rina Rien pada WomanIndonesia.co.id.

Bagi Rielna, mendesain pakaian adalah hobi yang menyenangkan dan menguntungkan. Setiap membuat desain, Rina akan menyesuaikan tema dengan tempat fashion show diadakan. Saat berkunjung ke Sulawesi, karena letaknya seperti anjungan, dia menyesuaikan kembali lagi dalam memadu padankan busana ciptaanya.

Saat menggelar acara di Yogyakarta atau Bali, Rina pun akan mengangkat kain khas dari daerah tersebut. Tujuannya adalah untuk menghormati penduduk setempat bahwa mereka memiliki kain yang bagus dan bisa dipadu padankan menjadi pakaian mewah, serta meningkatkan nilai dari kain daerah tersebut.

Rina yang memiliki ciri khas casual dalam setiap sentuhan desainya ingin menunjukan bahwa kain nusantara tidak hanya bisa dibuat untuk sarung atau kebaya dan dapat disulap menjadi pakaian yang beraneka ragam dan cantik.

Dari semua kain nusantara yang memiliki ciri khas masing-masing, Riena mengaku sangat tertarik dengan kain Sulawesi yang memiliki keanekaragaman yang bervariasi. Motifnya yang indah, menurutnya sangat mewah dan megah ketika dibuat menjadi sebuah gaun.

Menurut Rina, dalam mendesain yang paling penting adalah harus melihat siapa yang akan memakainya, proposional tubuh pemakainya dan digunakan untuk acara apa.

“Apalagi kalau seorang perempuan kan selalu pengen ekslusif, chick, limited dan yang terpenting melayani customer itu harus dari hati,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *