Indeks
Cerita Kita
Sunday, June 15, 2025
No Result
View All Result
  • News
    • Economics & Culture
    • Entertaintment
    • Technology & Otomotive
  • Beauty
  • Lifestyle
    • Fashion
    • Financial
  • Healthy
    • Activity
    • Food
    • Mood
  • Relationship
    • Dating
    • Married
    • Parenting
    • Sex
  • Review
    • Books
    • Hotel & Resto
    • Movie
    • Travelling
  • Inspirations
    • Profile
    • Story
  • K-POP
  • Event
#Quotes
Home News Technology & Otomotive

2 Langkah Strategi Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM

Ditulis oleh Andi Mardana
27 May 2022 wi
in Technology & Otomotive, News
2 Langkah Strategi Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM_womanindonesia.co.id

Strategi Digital Marketing/Istimewa

76
SHARES
Share on FacebookShare on Twitter

Womanindonesia.co.id – Strategi digital marketing sangat penting dalam mengembangkan bisnis di era digital seperti sekarang ini.  Terutama bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jadi, sebelum terjun ke dunia bisnis, sebaiknya Anda memahami strategi digital marketing agar memudahkan Anda untuk mempromosikan serta meningkatkan penjualan.

Melalui peluncuran buku panduan UMKM gratis berjudul “Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay” bulan lalu, diharapkan mendukung geliat pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya dan bangkit pascapandemi.

Buku panduan UMKM ini merupakan hasil kolaborasi ShopeePay bersama ukmindonesia.id, sebuah portal edukasi pengembangan UMKM persembahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI.

Hal ini juga sejalan dengan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM yang menyediakan berbagai solusi dan dukungan bagi UMKM lokal agar bisa berkembang dan berdaya.

Founder Suwe Ora Jamu dan Giorrando Grissandy selaku Co-Founder agensi marketing Garis Temu, yang juga turut berkolaborasi dalam penyusunan buku panduan UMKM tersebut membahas dua langkah penting dalam membangun bisnis UMKM di era digital.

Langkah Strategi Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM

2 Langkah Strategi Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM_womanindonesia.co.id
Page 1 of 2

1. Riset Sebagai Kunci Menentukan Harga yang Tepat

Strategi Digital Marketing/Istimewa

Strategi digital marketing yang pertama adalah riset kata kunci (keyword). Menurut Nova Dewi, riset pasar adalah kunci dari penentuan harga jual produk yang tepat yang wajib dilakukan oleh setiap pelaku bisnis saat memulai usaha atau memperkenalkan produk baru ke pasar.

“Riset pasar sangat membantu dalam berbagai informasi mengenai kompetitor yang sudah lebih dulu hadir di pasar, sehingga harus dilakukan oleh pelaku UMKM saat memperhitungkan harga jual suatu produk,” jelas Nova dalam virtual talkshow baru-baru ini.

Harga produk yang telah ditetapkan oleh kompetitor, kata ia bisa memberikan gambaran mengenai letak kedudukan produk kita di pasar nantinya. “Setelah mengetahui harga yang umum untuk suatu produk, bisa dipertimbangkan apabila ingin memberikan harga premium yang lebih tinggi, atau bersaing dengan harga yang lebih rendah atau sepadan,” jelas Nova.

Bagi pelaku UMKM yang baru memulai bisnisnya, Nova mengatakan bahwa keberanian mereka pasti akan disambut hasil yang baik apabila mereka memiliki sikap pantang menyerah serta kemauan untuk belajar.

“Jangan takut untuk mengambil keputusan, karena kita bisa melakukan evaluasi secara berkala dan mengukur apabila harga yang ditentukan sudah tepat atau perlu penyesuaian. Hal seperti itu merupakan bagian dari berbisnis, dan kita akan selalu mempelajari hal baru dari setiap keputusan yang kita ambil,” tambah Nova.

2 Langkah Strategi Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM_womanindonesia.co.id
Page 2 of 2

2. Kenali Karakter Pelanggan untuk Memaksimalkan Upaya Promosi

Talkshow Strategi Digital Marketing/Istimewa

Strategi digital marketing yang kedua adalah kenali karakter pelanggan. Dalam pembahasan mengenai digital marketing, menurut Giorrando Grissandy, cara promosi paling efektif adalah dengan mengenal target pasar secara baik dan mendalam.

Pemahaman pelaku bisnis mengenai perilaku target pasarnya akan menentukan berbagai hal, termasuk penggunaan kanal komunikasi yang sesuai dengan preferensi demografi yang disasar.

“Digital marketing berkaitan langsung dengan konten digital untuk mempromosikan suatu jasa atau produk. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan mengenai tipe konten yang disukai oleh target pasar kita, dan kita bisa mulai mencoba mengambil perhatian mereka dengan cara tersebut,” jelas Giorrando.

Seseorang atau bisnis yang dapat disebut sebagai ahli marketing adalah pihak yang paham cara menarik perhatian. Baik itu melalui tulisan, gambar, maupun video, harus dipastikan bahwa konten yang kita rancang akan menarik perhatian target pasar kita dan menginformasikan mereka tentang produk yang kita tawarkan.

“Satu tipe konten yang dibuat dengan baik dan tepat akan memiliki dampak yang lebih besar dibandingkan beragam konten yang dibuat tanpa pemahaman target pasarnya,” tambah Giorrando.

Kedua topik yang dibahas secara mendalam oleh kedua pembicara pada sesi diskusi tersebut turut diulas secara mendetail dalam buku panduan UMKM ShopeePay yang dapat diunduh secara gratis melalui laman situs ShopeePay di bawah program Semangat UMKM Lokal.

Program Semangat UMKM Lokal merupakan upaya lain dari ShopeePay dalam meningkatkan visibilitas UMKM lokal untuk menjangkau lebih banyak konsumen melalui promo khusus yang dihadirkan untuk UMKM di berbagai kota di Indonesia.

Recommended By Editor

Tangis Haru Warnai Kampanye Azarine Kids: “Nggak Ada Orang Tua yang Sempurna, dan Itu Nggak Apa-Apa

Kolaborasi Alfamart Bersama SGM Eksplor, Luncurkan Kalkulator Zat Besi di Alfagift

Syifa Hadju Ajak Perempuan Indonesia Memilih Pembalut Ramah Lingkungan

Manfaat Multi-Learning bagi Tumbuh Kembang Si Kecil: Siapkan Generasi Hebat yang Future-Ready


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Share30Tweet19Pin7

RELATED ARTICLES

Tangis Haru Warnai Kampanye Azarine Kids: “Nggak Ada Orang Tua yang Sempurna, dan Itu Nggak Apa-Apa_Womanindonesia.co.id
News

Tangis Haru Warnai Kampanye Azarine Kids: “Nggak Ada Orang Tua yang Sempurna, dan Itu Nggak Apa-Apa

46 minutes ago
Peluncuran kalkulator zat besi, sebagai kolaborasi Alfamart & SGM (Tangerang, 06/4/25)
News

Kolaborasi Alfamart Bersama SGM Eksplor, Luncurkan Kalkulator Zat Besi di Alfagift

2 weeks ago
Syifa Hadju Ajak Perempuan Indonesia Memilih Pembalut Ramah Lingkungan_Womanindonesia.co.id
Activity

Syifa Hadju Ajak Perempuan Indonesia Memilih Pembalut Ramah Lingkungan

2 weeks ago
Manfaat Multi-Learning bagi Tumbuh Kembang Si Kecil: Siapkan Generasi Hebat yang Future-Ready_Womanindonesia.co.id
Parenting

Manfaat Multi-Learning bagi Tumbuh Kembang Si Kecil: Siapkan Generasi Hebat yang Future-Ready

2 weeks ago
Tips Menciptakan Momen Hangat Bersama Keluarga: Mulai dari Obrolan Ringan hingga Nonton Bareng dengan TV Layar Besar_Womanindonesia.co.id
Technology & Otomotive

Tips Menciptakan Momen Hangat Bersama Keluarga: Mulai dari Obrolan Ringan hingga Nonton Bareng dengan TV Layar Besar

2 weeks ago
Basket Bukan Sekadar Olahraga: Sun Life Gaungkan Semangat Hidup Sehat untuk Generasi Muda_Womanindonesia.co.id
Healthy

Basket Bukan Sekadar Olahraga: Sun Life Gaungkan Semangat Hidup Sehat untuk Generasi Muda

2 weeks ago
Next Post
Selamat Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Momentum Mengenal Isi, Sejarah Dan Makna Pancasila Bagi Bangsa Indonesia

WOMANINDONESIA

Informasi Terkini Untuk Perempuan Indonesia, Mulai Dari Kesehatan, Lifestyle, Keuangan, Fashion, Relationship, Food Review, Hot Issue Terkini dan Terbaru Hari Ini.

Topik Pilihan

usus makan uang bahan nasi anak run kerja iu kai sehat kesehatan ibu aman erha bar Indonesia os Me sel ikan alam

Informasi

  • About Us
  • Career
  • Media Kit
  • Contact Us
  • Sitemap

Alamat Redaksi

PT. Komunikasi Perkasa Indonesia. Epicentrum Walk Lt. 3 Unit A306-A307 Kawasan Rasuna Epicentrum Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta 12960.

: [email protected]
: 0812 8877 7317
: +62 812 8877 7317
: +62 812 8877 7317

BLOGROLL

  • Womenpedia
  • Trend.co.id
  • CaraLengkap.com
  • Create.web.id
  • DapurLetters.com
  • JasaSaya.com
  • KataSandi.com
  • zonanusantara.com
  • Desa.or.id
  • RedJasa.com
  • School.sch.id
  • SEO.sch.id
  • SLI.sch.id
  • Social.or.id
  • Whuzzz.com
  • TukuDong.com
  • Urbanoir.net
  • YPI.ac.id
  • idkoe.com
  • bukupandu.com
  • Privacy Policy
  • Term & Conditions
  • Indeks

© 2021 womanindonesia.co.id - All rights reserved. | DMCA.com Protection Status

No Result
View All Result
  • News
    • Entertaintment
    • Politics
    • Economics & Culture
    • Technology & Otomotive
  • Lifestyle
    • Beauty
    • Fashion
    • Financial
  • Healthy
    • Activity
    • Food
    • Mood
  • Relationship
    • Dating
    • Parenting
    • Married
    • Sex
  • Review
    • Hotel & Resto
    • Books
    • Movie
    • Music
  • Inspirations
    • Profile
    • Story
  • K-POP
  • Motivasi
    • Jiwa Bahagia
  • Quotes
  • Event

© 2021 womanindonesia.co.id - All rights reserved. | DMCA.com Protection Status

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist