Tak Hanya Perempuan, Pria Juga Perlu Merawat Kulit

WomanIndonesia.co.id – Keinginan untuk memiliki kulit sehat serta terawat tidak hanya menjadi harapan kaum perempuan saja, ternyata kaum pria pun punya keinginan serupa. Namun ada beberapa perbedaan mendasar antara kulit pria dan kulit perempuan sehingga berbeda pula kebutuhan dan perawatannya.

“Terdapat beberapa perbedaan karakteristik pada kulit pria dan wanita, diantaranya ketebalan kulit dimana kulit pria Iebih tebal bila dibandingkan kulit wanita,” kata dr. Yuda Ilhamsyah, SpKK di Jakarta belum lama ini.

Umumnya, produksi dan kelenjar minyak pada kulit pria Iebih banyak bila dibandingkan kulit perempuan. Rambut pada kulit pria pun Iebih banyak daripada perempuan.

“Karena karakteristik dan jenis kulit pria yang lebih tebal, berminyak dan berambut maka perawatan untuk kulit pria harus disesuaikan kondisi dan jenis kulit tersebut,” kata dr. Yuda.

Pemilihan pembersih wajah, tabir surya, produk shaving, moisturizer selain yang diperuntukan untuk jenis kulit pria tetapi juga harus mempertimbangkan penyakit kulit yang mendasari.

“Permasalahan kulit yang paling banyak dihadapi kaum pria diantaranya adalah jerawat dan bekas jerawat, pori-pori besar, kulit sensitif, dermatitis atopik, dermatitis seboroik dan keratosis seboroik,” ujar dr. Yuda.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa tidak ada satu jenis terapi yang paling tepat untuk pria pada segala jenis usia dan segala aktivitas. Terapi yang diberikan selalu bersifat personalized (pribadi), terapi akan disesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit pasien, usia, aktivitas, lifestyle, kepatuhan dan keinginan dari pasien itu sendiri.

“Terapi yang aman dan sering dikerjakan pada pria contohnya, chemical peeling, microdermabrasi dan suntik jerawat,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *