Alat tulis juga dapat mendorong performa kinerja seseorang selama beraktivitas di kantor atau WFO.
Womanindonesia.co.id – Penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa wilayah di Indonesia membuat beberapa sektor pekerjaan kembali melaksanakan kegiatan work from office (WFO).
Setelah 2 tahun melakukan kegiatan perkantoran melalui rumah, tentunya alat kebutuhan kantor seperti alat tulis kembali dibutuhkan oleh pekerja.
Saat Anda WFO, pasti menggunakan berbagai macam alat tulis dan perlengkapan kebutuhan kantor. Alat tulis kantor ini biasanya banyak sekali macamnya, mulai dari alat tulis, office equipment, office furniture, filling dan dokumen sistem, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini tips mengelola alat tulis kantor yang tepat.
Tips Mengelola Alat Tulis Kantor yang Tepat
Ada begitu banyaknya jenis alat tulis kantor, tentu Anda pun harus menjaga dan mengelola peralatannya dengan benar. Hal tersebut harus diperhatikan agar tidak terjadi pemborosan. Meskipun memang merupakan hal kecil, tapi jika dilakukan terus menerus, tetap saja akan berakibat pada pengeluaran budget yang besar.
Jika Anda ingin terhindar dari pemborosan karena kurangnya pengelolaan yang baik dalam mengelola alat tulis kantor Anda, tentu Anda harus perhatikan beberapa hal berikut untuk membantu pengelolaan yang lebih baik.
1. Pilih Produk Tepat dan Nyaman
Dalam mengelola alat tulis untuk kantor Anda, Anda harus memilih produk yang memang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda harus mengenali nama, jenis dan tipe dari setiap produk yang akan Anda gunakan.
Sebagai contohnya adalah, penggunaan map yang memiliki model dan kegunaan berbeda. Pun juga dengan tempat penyimpanan berkas seperti amplop. Hal terkecil seperti pulpen pun perlu diperhatikan seperti warna dan tipe tinta di dalamnya. Usahakan untuk membuat daftar belian terlebih dahulu untuk menghindari pembelian barang yang tidak berguna.
Cara memilih alat tulis kantor yang pertama adalah alat tulis kantor yang nyaman digunakan. Saat kembali ke kantor, tentunya kita akan mulai beraktivitas, melakukan tanda tangan basah, ataupun menuliskan berbagai ide dan konsep yang dibutuhkan selama proses kerja berlangsung.
Demi mendukung aktivitas tersebut, Joyko meluncurkan tiga tipe pulpen terbaru, seperti pena Joyko BP-336 My Pastel 0.7 mm, Pena Joyko BP-335 Cozie 0.5 mm dan Pena Joyko GP-337 Paspen Gel 0.5 mm. Tidak hanya itu, Joyko juga meluncurkan pensil Joyko P-107 Metallic 2B.
Alat tulis kantor selanjutnya yang direkomendasikan adalah buku sketsa dengan kualitas terbaik. Pada saat ingin menuliskan ide ataupun memo yang berkaitan dengan pekerjaan, tentunya kita memerlukan buku dengan kualitas kertas yang baik.
Besar ukuran juga diperlukan agar dapat mencakup seluruh coretan mengenai konsep dan informasi yang dibutuhkan.
Maka dari itu, Joyko turut meluncurkan Buku Sketsa Joyko SKBK-722, yang dapat digunakan sebagai catatan kantor, dengan 2 ukuran berbeda, yakni 16K dan A4.
2. Fokuskan Kualitas
Sebagaimana jumlah barang yang harus dibeli, tentunya Anda perhatikan juga kualitas dari alat tulis kantor tersebut. Setidaknya, harus dipastikan bahwa barang yang Anda pilih bisa lebih tahan lama. Bandingkan juga kualitas dengan harga. Jangan sampai Anda membeli barang yang harganya tinggi, namun kualitasnya tidak sebanding.
3. Planning Tahunan
Menjadi hal yang baik apabila Anda mampu melakukan perkiraan jumlah untuk memenuhi kebutuhan kantor Anda dengan matang, misalnya membuat planning tahunan. Apalagi jika pekerja Anda cukup banyak. Untuk lebih menghemat, Anda bisa langsung membelinya kepada supplier agar mendapatkan potongan harga yang menguntungkan.
4. Siapkan Budget Refill
Wajar saja jika perencanaan persediaan alat tulis apalagi untuk rencana tahunan itu tidak sesuai, entah karena salah penghitungan, adanya proyek yang memakan waktu lebih lama, atau mungkin Anda mendapat tambahan karyawan. Untuk itu, Anda perlu menyediakan budget tambahan untuk isi ulang alat tulis di kantor Anda jikalau ternyata alat yang sudah dianggarkan tahunan tidak mencukupi.
5. Penggunaan yang Bertanggung Jawab
Hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian pun adalah penekanan pada karyawan agar lebih bertanggung jawab dalam menggunakan semua alat tulis yang disediakan oleh kantor. Anda bisa membuat pengertian pada karyawan seperti, misalnya untuk tidak menggunakan kertas secara berlebihan apalagi jika tidak berguna secara efisien.
Anda juga bisa lebih memberikan pengertian lain bahwa hal itu selain menghamburkan peralatan, juga bisa berkontribusi pada rusaknya lingkungan karena bagaimana pun penggunaan kertas berasal dari pohon-pohon yang harus ditebang.
Sebagai salah satu produsen alat tulis berkualitas dengan harga terjangkau di Indonesia, Joyko menyediakan berbagai alat tulis kantor untuk memenuhi kebutuhan kerja tatap muka.
Menurut Asisten Direktur Joyko, Aaron Ciawi, produsen alat tulis ini terus berinovasi untuk menyediakan produk alat tulis dengan kualitas terbaik. Harga dan kenyamanan pemakaian juga turut menjadi faktor yang mempengaruhi pemilihan sebuah alat tulis.
“Melihat situasi tersebut, Joyko hadir menyediakan berbagai produk alat tulis kantor dengan harga terjangkau serta nyaman untuk digunakan para pekerja,” kata Aeron dalam keterangan tertulisnya baru-baru ini.
Selain itu, alat tulis juga dapat mendorong performa kinerja seseorang selama beraktivitas di kantor.
Berpartisipasi dalam Shopee 12.12 Birthday Sale, Joyko memberikan penawaran menarik dalam promo “Welcome Back to Office with Joyko. Pengguna Shopee dapat menikmati penawaran menarik berupa diskon hingga 80% serta hadiah gratis pada setiap pembelian produk hingga 12 Desember 2021.
Ada juga tambahan berbagai voucher belanja hanya di Shopee 12.12. “Sebagai salah satu produk alat tulis yang sudah dipercaya masyarakat Indonesia sejak lama, kami sangat senang untuk dapat bekerja sama dengan Shopee melalui pemberian promo menarik di Shopee 12.12 Birthday Sale, bagi para pekerja yang membutuhkan alat tulis kantor untuk kegiatan work from office. Kami juga berharap agar kedepannya situasi di Indonesia semakin membaik,” kata Aaron.
Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia Daniel Minardi menyampaikan, kini para pekerja dapat kembali melaksanakan kegiatan WFO. “Kami berharap, hadirnya produk alat tulis pilihan dari Joyko dalam Shopee 12.12 Birthday Sale, tidak hanya memberikan penawaran terbaik tetapi juga memberikan kemudahan akses bagi pengguna untuk memenuhi segala produk kebutuhan alat tulis kantor,” kata Daniel.
Kedepannya, kami juga berharap dapat senantiasa menyediakan pengalaman berbelanja berbagai kebutuhan yang lebih baik lagi bagi para pengguna serta menjadi platform untuk mitra brand seperti Joyko agar dapat terus memperluas jangkauan penjualan.”
Selain penawaran menarik dari dalam Shopee 12.12 Birthday Sale pengguna juga bisa mendapatkan tambahan promo lainnya, seperti Tanam ShopeePay 12M, Gratis Ongkir Xtra Lebih Banyak dan Pasti Diskon 50 persen.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News