Indeks
Cerita Kita
Tuesday, July 15, 2025
No Result
View All Result
  • News
    • Economics & Culture
    • Entertaintment
    • Technology & Otomotive
  • Beauty
  • Lifestyle
    • Fashion
    • Financial
  • Healthy
    • Activity
    • Food
    • Mood
  • Relationship
    • Dating
    • Married
    • Parenting
    • Sex
  • Review
    • Books
    • Hotel & Resto
    • Movie
    • Travelling
  • Inspirations
    • Profile
    • Story
  • K-POP
  • Event
#Quotes
Home Event

Semangat Bantu UKM, Moka Rilis Tren Data Ramadan

Ditulis oleh Andi Mardana
24 May 2019 wi
in Event
Semangat Bantu UKM, Moka Rilis Tren Data Ramadan
93
SHARES
Share on FacebookShare on Twitter

WomanIndonesia.co.id – Moka, startup penyedia layanan sistem kasir digit merilis data-driven insight menarik yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UKM sebagai bahan evaluasi strategi bisnis Ramadan tahun ini dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu untuk para pelaku UKM guna mempersiapkan bisnis di hari raya yang lebih baik.

Melalui medium microsite dan e-book Ramadan yang dapat diakses secara gratis, paparan data ini memberikan tiga gambaran utama untuk bisnis, yaitu dengan menunjukkan tren ritel dan F&B selama Ramadan, perubahan perilaku konsumen pada saat sahur dan berbuka puasa, serta antisipasi penurunan penjualan setelah Ramadan usai.

Selama Ramadan, industri ritel, F&B dan servis mengalami peningkatan transaksi yang signifikan, terutama pada minggu-minggu akhir di bulan Ramadan. Komoditi seperti pakaian dan aksesoris mengalami peningkatan volume pendapatan sebanyak 38,8 persen sementara jumlah transaksi tiap outletnya pun naik hingga 68,1 persen.

Salah satu produk pakaian yang paling laku terjual saat bulan Ramadan tahun 2018 adalah hijab, dengan preferensi hijab berbahan voile polos dan syal bermotif serta hijab dengan warna lembut seperti merah muda, persik dan biru.

Berbeda dengan tahun lalu dengan hijab berbahan voile polos yang banyak digemari, data menunjukkan bahwa hijab voile bermotif mulai mendominasi pasar di Ramadan 2019.

Untuk bisnis F&B, tren penjualan di tahun 2018 lebih kurang serupa dengan tahun 2019, di mana pada minggu pertama Ramadan, bisnis F&B sedikit melemah dibandingkan minggu sebelumnya dengan penurunan jumlah transaksi antara 20-30 persen tiap outlet.

Penjualan di bisnis F&B kembali meningkat di minggu kedua Ramadan dan diperkirakan akan terus meningkat sampai minggu terakhir Ramadan, yaitu 15-25 persen lebih tinggi dibandingkan dari minggu kedua Ramadan.

Namun begitu, terlepas dari angka pertumbuhan bisnis yang positif, terdapat penurunan penjualan di berbagai industri satu minggu setelah Hari Raya. Adapun penurunan yang terjadi sejumlah 42,5 persen pada merchant kuliner, 67,75 persen pada merchant ritel, dan 70% pada merchant servis.

Diperlukan strategi khusus bagi para pelaku UKM agar tetap dapat meningkatkan performa bisnisnya bahkan sampai Ramadan usai. Hutami Nadya, Data Analyst Moka menjelaskan poin-poin menarik yang dapat menjadi acuan bagi pelaku UKM untuk mengevaluasi bisnisnya selama Ramadan.

“Dapat disimpulkan bahwa puncak penurunan transaksi akan terjadi di minggu Idulfitri, namun penjualan akan kembali naik pada minggu pertama setelah Idulfitri,” jelasnya.

Menurut Hutami, langkah yang bisa diambil oleh para pelaku UKM setelah melihat tren aktivitas ini adalah dengan memperpanjang periode diskon hingga minggu pertama setelah Ramadan, menawarkan produk baru, menjual stok lama dengan promo paketan, serta meningkatkan program loyalitas dengan menawarkan reward khusus setelah bulan Ramadan.

Turut hadir pada acara ACOM, Ibu Destry Anna Sari, Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia mengatakan kegiatan diskusi seperti ACOM spesial Ramadan ini bermanfaat untuk meningkatkan aktifitas ekonomi di kalangan UKM Indonesia.

“Dengan mengetahui tren yang berlangsung dan memanfaatkan momentum, kami berharap para pelaku usaha dapat tetap produktif untuk meningkatkan produksi dan penjualan bisnis,” ujarnya.

Tidak hanya ebook Ramadan, Moka menyalurkan semangat #BantuLebihBaik untuk para pelaku UKM melalui microsite yang berisi berbagai info dan inspirasi bisnis terkini seperti kisah inspiratif merchant dan juga tips berbisnis sesuai dengan industrinya masing-masing.

Recommended By Editor

Berburu MUAQ Beauty di Jakarta X Beauty 2025

Tropee Bebe Kembali Edukasi Orang Tua: Tumbuhkan Rambut Bayi Bukan Sekadar Instan, Tapi Tepat dan Teruji

Mommy N Me 2025: Ajang Literasi Nutrisi, Gaya Hidup Sehat, dan Konsumsi Cerdas untuk Keluarga Muda

IQOS dan SELETTI Hadirkan Sensorium Piazza, Eksplorasi Seni dan Inovasi di Milan Design Week


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Share47Tweet19Pin7

RELATED ARTICLES

Source By. Instagram MUAQ Beauty
Event

Berburu MUAQ Beauty di Jakarta X Beauty 2025

2 weeks ago
Tropee Bebe Kembali Edukasi Orang Tua: Tumbuhkan Rambut Bayi Bukan Sekadar Instan, Tapi Tepat dan Teruji
Parenting

Tropee Bebe Kembali Edukasi Orang Tua: Tumbuhkan Rambut Bayi Bukan Sekadar Instan, Tapi Tepat dan Teruji

2 weeks ago
Mommy N Me 2025: Ajang Literasi Nutrisi, Gaya Hidup Sehat, dan Konsumsi Cerdas untuk Keluarga Muda_Womanindonesia.co.id
Parenting

Mommy N Me 2025: Ajang Literasi Nutrisi, Gaya Hidup Sehat, dan Konsumsi Cerdas untuk Keluarga Muda

2 weeks ago
IQOS dan SELETTI Hadirkan Sensorium Piazza, Eksplorasi Seni dan Inovasi di Milan Design Week_Womanindonesia.co.id
Event

IQOS dan SELETTI Hadirkan Sensorium Piazza, Eksplorasi Seni dan Inovasi di Milan Design Week

2 months ago
K-Fun Fest 2025: Strategi Jitu Indofood Gaet Hati Fans Korea_Womanindonesia.co.id
Entertaintment

K-Fun Fest 2025: Strategi Jitu Indofood Gaet Hati Fans Korea

2 months ago
Jakarta, 15/04/2025, Opening Ceremony INATEX - INDO INTERTEX 2025, JI EXPO Kemayoran -Jakarta.
Event

INATEX – INDO INTERTEX 2025 Resmi Dibuka Dengan Menghadirkan 500 Perusahaan dari 12 Negara

3 months ago
Next Post
Nikmatnya Berbuka Puasa dengan Menu Ikan Tilapia

Nikmatnya Berbuka Puasa dengan Menu Ikan Tilapia

WOMANINDONESIA

Informasi Terkini Untuk Perempuan Indonesia, Mulai Dari Kesehatan, Lifestyle, Keuangan, Fashion, Relationship, Food Review, Hot Issue Terkini dan Terbaru Hari Ini.

Topik Pilihan

usus makan uang bahan nasi anak run kerja iu kai sehat kesehatan ibu aman erha bar Indonesia os Me sel ikan alam

Informasi

  • About Us
  • Career
  • Media Kit
  • Contact Us
  • Sitemap

Alamat Redaksi

PT. Komunikasi Perkasa Indonesia. Epicentrum Walk Lt. 3 Unit A306-A307 Kawasan Rasuna Epicentrum Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta 12960.

: halo@womanindonesia.co.id
: 0812 8877 7317
: +62 812 8877 7317
: +62 812 8877 7317

BLOGROLL

  • Womenpedia
  • Trend.co.id
  • CaraLengkap.com
  • Create.web.id
  • DapurLetters.com
  • JasaSaya.com
  • KataSandi.com
  • zonanusantara.com
  • Desa.or.id
  • RedJasa.com
  • School.sch.id
  • SEO.sch.id
  • SLI.sch.id
  • Social.or.id
  • Whuzzz.com
  • TukuDong.com
  • Urbanoir.net
  • YPI.ac.id
  • idkoe.com
  • bukupandu.com
  • Privacy Policy
  • Term & Conditions
  • Indeks

© 2021 womanindonesia.co.id - All rights reserved. | DMCA.com Protection Status

No Result
View All Result
  • News
    • Entertaintment
    • Politics
    • Economics & Culture
    • Technology & Otomotive
  • Lifestyle
    • Beauty
    • Fashion
    • Financial
  • Healthy
    • Activity
    • Food
    • Mood
  • Relationship
    • Dating
    • Parenting
    • Married
    • Sex
  • Review
    • Hotel & Resto
    • Books
    • Movie
    • Music
  • Inspirations
    • Profile
    • Story
  • K-POP
  • Motivasi
    • Jiwa Bahagia
  • Quotes
  • Event

© 2021 womanindonesia.co.id - All rights reserved. | DMCA.com Protection Status

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist