Website Yayasan Batik Indonesia Resmi Diluncurkan

WomanIndonesia.co.id – Kementerian Perindustrian dan Yayasan Batik Indonesia (YBI) resmi meluncurkan website Yayasan Batik Indonesia (www.yayasanbatikindonesia.com) dan Pasar Batik Rakyat di Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta, hari ini, Selasa (24/9).

Peluncuran tersebut dilakukan Gati Wibawaningsih, S. Teks, M.A., Direktur Jenderal Industri Menengah dan Aneka Kemenperin beserta Jultin Ginandjar Kartasasmita, Ketua Umum YBI.

Peluncuran website ini bertujuan agar masyarkat memiliki akses yang mudah terhadap pengetahuan dan perkembangan batik, serta aktifitas-aktifitas yang akan dan sudah dilaksanakan oleh YBI.

Rangkaian acara ini diadakan dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional yang bertepatan pada 2 Oktober dengan mengusung tema “Membatik untuk Negeri”.

“Setiap tahunnya, tujuan kami mengadakan kegiatan-kegiatan dalam rangka Hari Batik Nasional tak lain untuk mempertahankan Batik sebagai ‘warisan budaya tak benda dari Indonesia yang ditetapkan oleh UNESCO pada 29 September 2009 di Abu Dhabi – Uni Emirat Arab” dengan tujuan untuk melestarikan dan meningkatkan nilai tambah batik Indonesia yang merupakan potensi kekayaan Nasional,” kata Jultin Ginandjar Kartasasmita, Ketua Umum YBI dalam sambutannya.

YBI berupaya untuk menggaungkan terus semangat membatik melalui acara-acara dan serangkaian aktifitas yang dilakukan tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

“Setiap tahunnya YBI diberikan dukungan oleh para pihak yang memiliki keperdulian tinggi terhadap Batik, tahun ini didukung antara lain oleh OSO Securities, Djarum Foundation dan Bank Rakyat Indonesia,” tutur Jultin.Acara peluncuran website Yayasan Batik Indonesia dan Pasar Batik Rakyat dibuka oleh Tarian Topeng “Kedok Ireng”.

This slideshow requires JavaScript.

Turut meriahkan acara ini adalah penampilan Peragaan Busana oleh 13 Nyonya Duta Besar Negara Sahabat dari Jepang, Kolumbia, Myanmar, Norwegia, Peru, Rusia, Suriname, Thailand, Uzbekistan, Brazil dan Swiss dengan para designers atau sponsors Batik Dudung, Batik Garut RPG, Batik Pesisir Failasuf, Galeri Batik Jawa, Parang Kencana, Batik Komar, Batik Jarit, Batik APIP, Batik Paring, Danar Hadi by Carmanita, dan Canting Madura.

Di penghujung acara Gati Wibawaningsih, bersama YBI melakukan peninjauan ke pameran Pasar Batik Rakyat. Pameran ini diramaikan oleh 43 brand Batik yang menghadirkan koleksi batik tulis dan cap dari berbagai provinsi dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik.

Pameran juga akan diiringi dengan beberapa penampilan pada tanggal 25 – 27 September dari: Musik Angklung oleh Mitra Seni Indonesia, talkshow “Batik Diatas Tenun Serat Alam” oleh Myra Widiono, Warlami & Benny Ardianto, talkshow “Fashion Stylist” oleh Dewi Utari, talkshow “Batik Sulam Tenun” dan Fashion Show oleh Rajib Nasrudin dan Hijab Stylist oleh Astri Gustiningtyas yang selengkapnya dapat diakses di akun sosial media Hari Batik Nasional 2019 (re: @haribatiknasional.2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *