5 Perubahan Gaya Hidup untuk Mengurangi Kerutan Dahi

WomanIndonesia.co.id – Gaya hidup memiliki dampak besar pada kesehatan kulit Anda dan perkembangan keriput. Lakukan langkah-langkah berikut untuk menjaga kulit Anda tetap halus dan membantu mencegah penuaan dini dilansir dari Healthline.

1. Hindari paparan matahari langsung

Paparan sinar ultraviolet matahari dalam jangka panjang berkontribusi terhadap penuaan dini dan kerutan. Menurut penelitian, penggunaan harian SPF 15 atau tabir surya yang lebih tinggi memperlambat penuaan kulit dan mengurangi risiko bintik hitam juga kerutan.

2. Kelola stres

Stres bisa menyebabkan kerutan di alis dan dahi dahi. Meski sulit menghilangkan stres, para ahli menyarankan agar Anda bisa mengendalikan stres dengan baik. Untuk membantu mengelola stres, cobalah:

– bermeditasi
– berlatih yoga
– pernapasan diafragma
– aromaterapi
– makan makanan yang sehat
– cukup tidur
– berbicara dengan seorang terapis
– penjurnalan
– berolahraga setiap hari

3. Tetap terhidrasi

Kulit kering membuat keriput tampak lebih menonjol. Kulit yang terhidrasi dengan baik membantu mengurangi tampilan kerutan di dahi. Agar tetap terhidrasi dengan baik, minumlah setidaknya delapan gelas 8 air setiap hari. Saat berolahraga, atau menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, Anda harus minum lebih banyak. Anda dapat mengubah rasa air Anda dengan menambahkan lemon atau menggunakan infuser buah.

4. Makan diet seimbang

Menurut penelitian 2007, diet memainkan peran penting dalam penuaan kulit. Para peneliti menemukan bahwa asupan vitamin C dan asam linolenat yang lebih tinggi (asam lemak omega-3) mengurangi risiko kulit kering pada wanita paruh baya Amerika. Vitamin C juga dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah terlihat “keriput.” Diet tinggi lemak dan karbohidrat meningkatkan risiko keriput dan atrofi kulit.

5. Berhenti merokok

Jika peningkatan risiko kanker paru-paru , emfisema, dan penyakit jantung tidak cukup untuk membuat Anda berhenti merokok, mungkin pemikiran tentang penuaan dini dan kerutan adalah alasan yang sangat membantu. Merokok adalah penyebab utama penuaan dini dan keriput.

Menurut penelitian 2008, bahan kimia dalam asap tembakau mengurangi produksi kolagen dan merusak elastisitas kulit, yang menyebabkan penuaan dini dan kerutan.