AYDA 2019 Ajak Generasi Muda Merefleksikan Masa Depan Lewat Desain

WomanIndonesia.co.id – Tahun ini merupakan tahun ke-8 penyelenggara Asia Young Designer Awards (AYDA) yang diinisiasi Nippon Paint di Indonesia.

Kompetisi AYDA 2019 menekankan pada ide-ide baru yang dapat menjadi solusi desain praktis dengan mengusung tema “Forward: A Sustainable Future”, merefleksikan masa depan yang berkelanjutan.

Penyelenggaraan kompetisi arsitektur dan desain interior antarnegara ini menggandeng Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

AYDA 2019 di Indonesia bersinergi dengan berbagai pihak, dengan dukungan dari Kemenristekdikti Republik Indonesia di tahun ini, serta Universitas dan para praktisi arsitektur dan desainer interior. Pada skala internasional, AYDA bekerjasama dengan Harvard Graduate School of Design.

Hal ini menjadikan AYDA sebagai sebagai salah satu penghargaan bergengsi di Asia yang diselenggarakan di 15 lokasi geografis, yaitu Bangladesh, India, Indonesia, Iran, Jepang, Malaysia, Pakistan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Tiongkok, Wilayah Teritori Tiongkok (Hong Kong & Taiwan), dan Vietnam.

“Dengan adanya dukungan Kemenristekdikti RI, kami yakin kompetisi ini akan berkembang dan bersinergi dengan lebih baik,” kata Jon Tan, CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia dalam sambungnya pada peresmian AYDA 2019 di Jakarta, Selasa (16/07).

Pada kesempatan yang sama Prof. Ismunandar menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggara AYDA yang terus dilakukan setiap tahun. Menurut ia kompetisi arsitektur dan desain interior dapat mendorong generasi muda yang mempunyai potensi ini menjadi lebih kreatif.

“Sebagain lembaga pemerintah kita mendukung kegiatan ini (AYDA 2019) dengan harapan bahwa melalui inisiatif ini akan lahir arsitek sekaliber dunia dari kampus-kampus jurusran arsitektur di Indonesia,” kata Prof. Ismunandar, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti.

Kemudian AYDA 2019 mendapat dukungan dari sejumlah praktisi industri dan sejumlah universitas ternama Tanah Air.

“Dengan dukungan berbagai pihak tentunya meningkatkan kualitas kompetisi ini dan mendukung talenta-telenta baru menjadi pemimpin di masa depan industri arsitektur dan desain interior,” jelas Jon Tan.

AYDA selalu mengedepankan tema dinamis dan terus disesuaikan dengan perkembangan lingkungan dan industri, yang menjadikan kompetisi ini sebagai katalis untuk mendorong kreativitas dan keberanian dalam berkarya.

AYDA ingin memotivasi generasi muda untuk wujudkan visi mereka dan menjadikan masa depan yang berkelanjutan menjadi nyata bagi kita semua. AYDA tahun ini juga kembali memberikan beasiswa Summer School Program di Harvard Graduate School of Design kepada juara pertama di tingkat Asia.

Jon Tan menambahkan, Nippon Paint selalu membuka diri untuk berkerjasama dengan berbagai pihak, guna mendorong peningkatan kemampuan bersaing desainer muda Indonesia di tingkat global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *