Cegah Kematian Dini, Kurangi Minuman Manis

WomanIndonesia.co.id – Rasanya yang manis memang cepat memulihkan dahaga. Sayangnya, di balik kenikmatan rasa tersebut, minuman seperti soda, minuman berenergi, dan jus justru membawa petaka.

Bahkan, penelitian terbaru menyebutkan bahwa minuman manis tersebut meningkatkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung. Selain itu, risiko terendahnya adalah kanker, terutama pada usus besar dan payudara.

Perempuan Lebih Berisiko Alami Kematian Dini Dibanding Lelaki

Dalam jurnal Circulation yang terbit Senin (18/3) waktu setempat, perempuan yang minum minuman manis lebih dari dua porsi (gelas, botol atau kaleng) dalam sebulan terjadi peningkatan risiko kematian dini sebanyak 63 persen, menurut laman KDVR, hari ini.

Tak hanya perempuan, tapi laki-laki juga mengonsumsi minuman manis pun berisiko mengalami risiko serupa sebanyak 29 persen.

Women’s Health Initiative, sebuah penelitian nasional jangka panjang ternyata menemukan bahwa ada hubungannya antara minum dua atau lebih minuman dengan pemanis buatan per hari tersebut meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, dan kematian dini pada perempuan di atas 50 tahun.

Minuman Manis Benar Berkaitan dengan Penyakit Berbahaya

Temuan tersebut, menurut lektor di Departemen Epidemiologi dan Kesehatan Populasi di Fakultas Kedokteran Albert Einstein, Yasmin Mossavar-Rahmani menunjukkan bahwa ada kaitan antara minuman dengan pemanis buatan dan risiko kematian perempuan.

Selain itu, asisten dosen di Departemen Gizi di Harvard T.H. Chan School of Public Health Vasanti Malik menyatakan,“Telah ada penelitian sebelumnya yang menunjukkan hubungan kuat dan konsisten antara konsumsi minuman manis dan kenaikan berat badan, diabetes tipe 2, serta kondisi kardiometabolik lainnya seperti penyakit jantung dan stroke.”

Ganti Minuman Manis Dapat Turunkan Risiko Kematian Dini

Dapat disimpulkan bahwa konsumsi minuman manis terbukti meningkatkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung hingga 31 persen dan kanker sebanyak 18 persen bagi mereka yang minum minuman manis lebih dari dua hari per hari dibanding mereka yang minum minuman manis kurang dari satu per bulan.

Nah, buat kamu yang sulit mengekang minum minuman manis. Cukuplah minum minuman manis dengan bantuan pemanis bantuan dengan porsi satu kali per hari saja.
(mta)