Womanindonesia.co.id – Global Sources Indonesia, sebagai pameran dagang produk elektronik dan lifestyle yang paling ditunggu kembali hadir tahun ini untuk memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan perekonomian Indonesia.
Acara ini dirancang untuk membantu pengusaha lokal mengembangkan bisnis mereka dengan menstimulasi hubungan dagang dan kerjasama antara Indonesia dengan berbagai negara di dunia.
Dalam beberapa tahun terakhir, ekonomi Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, didorong oleh inovasi dan semangat kewirausahaan yang semakin berkembang di kalangan pengusaha lokal.
Global Sources Indonesia hadir sebagai platform yang ideal untuk mempertemukan pemilik bisnis, distributor, importir, dan retailer dengan produsen, supplier, dan mitra bisnis dari negara lain termasuk Tiongkok, Korea Selatan, Taiwan, dan Hong Kong untuk menjalin kerjasama strategis yang dapat mendorong ekspanis bisnis dan meningkatkan daya saing global.
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) Soegiharto Santoso mengatakan, acara Global Sources Indonesia 2024 bukan hanya menjadi ajang kolaborasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia tapi juga membantu pengusaha lokal dalam pencarian barang dengan lebih mudah dan murah.
“Global Sources Indonesia tak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi, tapi juga mempermudah aksesbilitas pengusaha elektronik untuk bertemu dengan supplier dan produsen produk elektronik dalam pencarian produk baru, dan memperluas jaringan supplier mancanegara dengan biaya yang lebih efisien tanpa sourcing keluar negeri, ditambah semakin ringan dengan adanya consolidation buying,” ujar Hoky sapaan akrab Soegiharto yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Perkumpulan Advokat Teknologi Informasi Indonesia (PERATIN).
Hoky mengatakan, “Acara ini, harus dimanfaatkan bagi pengusaha lokal dan UMKM yang ingin menciptakan brand elektronik sendiri bisa dimulai dari OEM/ODM, yang diharapkan bila brand tersebut sudah establish, para pengusaha bisa meningkatkan TKDN produk mereka sendiri, dimana hal ini sering kali menjadi kendala pada tahap awal memulai bisnis.”
Hoky pun menambahkan, dengan adanya acara pameran ini, kami berharap bisa menstimulasi peningkatan jumlah brand OEM/ODM lokal yang ke depannya dapat menciptakan kolaborasi turunan dari hubungan dagang antar negara-negara yang hadir pada pameran ini dengan Indonesia.
Di sisi lain, Ketua Umum Asosiasi Peralatan & Pakaian Olahraga Indonesia (Equinoc) Dimas Yustisia Putra menyatakan, “Indonesia tengah dilanda demam gaya hidup sehat. Hal ini terlihat dari maraknya acara lari dan bersepeda yang diadakan oleh berbagai perusahaan, padatnya CFD pada hari minggu di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, serta meningkatnya penjualan produk sportware dan peralatan olahraga lainnya di Indonesia secara signifikan dalam 5 tahun terakhir.”
Hal ini senada dengan data yang dikutip dari Badan Pusat Statistik Indonesia, proyeksi lima tahun ke depan (2024-2029) menunjukkan bahwa tren produk olah raga akan terus berlanjut dengan pertumbuhan sekitar 7-10%. Hal ini didorong oleh terus berkembangnya budaya gaya hidup sehat dan meningkatnya kesadaran akan pentingnya aktivitas fisik.
Masih dikatakan Dimas, tren ini perlu di support oleh peralatan dan perlengkapan olahraga yang mumpuni dan berteknologi tinggi. “Bersama ini, Equinoc mengajak seluruh pengusaha peralatan dan perlengkapan olahraga untuk datang ke acara Global Sources Indonesia 2024. Acara ini dapat membantu para pelaku bisnis lokal terutama UMKM yang menjual produk sport & outdoor untuk menjalin kerjasama dengan supplier dan manufaktur dari dalam dan luar negeri dalam pengadaan produk peralatan dan perlengkapan olahraga terbaru dan terinovatif,” ujarnya.
Hal ini sejalan dengan penjelasan Presiden Direktur Adhouse Clarion Events, Toerangga Putra, pameran Global Sources Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi antara para pengusaha lokal dengan supplier mancanegara pada produk elektronik dan lifestyle yang akan berpengaruh pada pertumbuhan bisnis di tanah air.
Menurutnya, lebih dari 600 supplier dan manufaktur terkemuka dari Indonesia, Tiongkok, Taiwan, Hongkong dan Korea Selatan akan hadir di acara ini dan menampilkan lebih dari 80.000 sampel produk elektronik dan lifestyle terbaru dan terinovatif.
“Global Sources Indonesia bukan hanya sebuah pameran dagang, tapi juga merupakan kesempatan bagi distributor, importir, pemilik merek OEM/ODM, retailer, online seller, wholeseller dan corporate buyer untuk mengeksplorasi produk terkini yang akan ditampilkan selama 3 hari,” jelas Toerangga Putra.
“Oleh karena itu, kami mengundang seluruh pelaku bisnis lokal di industri elektronik dan lifestyle untuk bergabung dan memanfaatkan peluang yang tersedia di acara Global Sources Indonesia yang akan berlangsung pada tanggal 19-21 September 2024 di JCC, Senayan. Acara ini akan dilaksanakan secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara ini dapat mengunjungi website kami dengan cara ketik di mesin pencarian: Global Sources Indonesia” ujar Toerangga Putra.
Tentang Global Sources Indonesia
Global Sources Indonesia merupakan pameran bisnis yang menampilkan lebih dari 80.000 sampel produk-produk elektronik dan lifestyle dari Tiongkok, Taiwan, Hong Kong dan Korea Selatan dengan teknologi dan inovasi terkini ke pasar Indonesia, serta menampilkan lebih dari 600 supplier dan manufaktur lokal serta internasional yang telah terverifikasi.
Acara ini diharapkan menjadi platform komprehensif dengan beragamnya produk yang ditampilkan, memberikan peluang yang lebih luas bagi peserta dan pengunjung untuk berkolaborasi, berinovasi, dan berbagi pengetahuan baik lokal maupun internasional.
Tentang Adhouse Clarion Events
PT Adhouse Clarion Events (PT ACE) berdiri sebagai Penyelenggara Pameran Profesional di Indonesia, yang terkenal dalam penyelenggaraan acara B2B, B2C, dan B2G yang inovatif dan terdepan di industri. Dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 30 tahun, kami mengkhususkan diri dalam menjalin konektivitas dan memberikan wawasan berharga di berbagai sektor industri.
Kami berkomitmen untuk memfasilitasi hubungan yang bermakna antara pembeli dan penjual, mendorong pertumbuhan bisnis, dan meningkatkan kolaborasi. Sebagai perusahaan lokal, PT ACE mengambil kekuatan dari akar yang mendalam di Indonesia sambil memanfaatkan jaringan global luas dari Clarion Events Group, yang terdiri dari 950 profesional dan tersebar di 14 kantor di seluruh dunia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News