Harapan Makaila Haifa di Tengah Pandemi Covid-19

WomanIndonesia.co.id – Di tengah sulitnya masa pandemi, brand lokal Indonesia terus berusaha menggeliat menancapkan akar-akarnya di hati pecinta fashion. Menolak kalah dengan kerasnya dampak pandemi, berbagai cara mereka lakukan untuk bertahan.

Brand MAKAILA HAIFA yang didirikan oleh Hida, adalah salah satunya. Brand modest fashion lokal ini tetap optimis dan menggeliat untuk bertahan. Didukung oleh #MARKAMARIE, Brand ini pun memutuskan untuk menceritakan kisahnya menghadapi pandemi melalui private event bertajuk HOPE: A FASHION PRESENTATION yang diadakan di Westin Hotel Jakarta pada 7 Desember lalu.

MAKAILA HAIFA adalah brand yang tergolong baru, namun brand ini memiliki cerita yang spesial. Brand ini terlahir dari harapan. Hida sang founder adalah ibu dua anak yang mendadak menjadi seorang single-mom.

Dalam kebingungannya untuk bertahan, di tahun 2018 ia memutuskan mendirikan brand Makaila Haifa sebagai bentuk self-resilience. Ia bangkit lagi tidak sendiri, namun dengan dukungan teman-temannya yaitu Farida, Yanti, Harini dan Kania sebagai support system yang membantu brand Makaila Haifa maju.

Perlahan tapi pasti, brand ini mulai berdiri tegak dan berhasil menjadi tongkat pembangkit bagi Hida. Dalam konteks ini, fashion adalah harapan dan support system Makaila adalah perwujudan dari konsep women support women.

Hida merasa fashion adalah penyelamatnya dan teman-temannya adalah perwujudan dari konsep women support women. Lalu ia berusaha menerjemahkan itu sebagai esensi dari brandnya.

“Saya bisa bangkit karena dukungan teman-teman saya. Brand ini lahir karena kebersamaan. Kini setelah saya bangkit, saya ingin memberi balik dan menggunakan brand Makaila Haifa sebagai tools untuk menyemangati wanita lain,” ujar Hida berbagi.

Ketika pandemi Covid-19menghadang, brand ini mengaktifkan kegiatan digitalnya dalam konsep women support women. Setiap minggunya, Makaila Haifa menghadirkan IG Live Sharing yang mengupas berbagai tantangan bagi wanita, dari mulai menjadi single mom, cancer survivor, persaingan antar wanita, belajar menjadi ibu, tantangan covid-19 bagi perempuan, berbisnis dengan suami hingga tantangan memiliki anak berkebutuhan khusus.

Kegiatan berbagi cerita ini menjadi diminati dan kemudian berhasil melahirkan komunitas #WEGOTYOURBACK. Melalui komunitas ini, Makaila Haifa dan anggotanya pun mulai melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan menyemangati wanita dan sesama.

Makaila Haifa adalah bukti bahwa ketika wanita bersatu, maka mereka bisa menghadapi berbagai tantangan yang menghadang.

Meskipun tergolong pendatang baru, Makaila Haifa telah menjual produknya hingga ke negeri tetangga Singapura. Makaila juga pernah menjadi salah satu Top 100 Modest Fashion Founders Fund 2019 yang diadakan oleh BEKRAF (kini Kemenparekraf) dan merupakan salah satu brand yang dibina oleh Franka Soeria yang dikenal sebagai modest fashion expert berskala global.

“Fashion mengalami cobaan paling hebatnya di 2020, tapi para pelaku fashion tidak pernah menyerah. Mereka ingin membuktikan bahwa mereka bisa melewati cobaan ini. Makaila Haifa adalah representasi dari self-resilience brand lokal. Bagi mereka fashion bukanlah hobi, tapi passion yang tak pernah padam,” ujar Franka Soeria berkomentar tentang Makaila Haifa.

Melalui event HOPE: A FASHION PRESENTATION di Hotel Westin Jakarta yang diadakan online dan offline ini, Makaila Haifa akan menghadirkan tiga sekuen. Tiga sekuen itu adalah koleksi denim yang menggambarkan kehidupan yang keras saat pandemi sepanjang tahun 2020, koleksi emas dan hitam yang menghadirkan fantasi ketika harapan hampir pudar dan koleksi putih sentuhan pastel yang menceritakan harapan akan 2021 yang lebih hangat dan mencerahkan.

“Kami sangat beruntung bisa bekerjasama dengan pihak-pihak yang percaya akan potensi Makaila Haifa. Harapan kami di 2021, brand ini bisa lebih banyak menyemangati wanita-wanita lain. Bukan saja dengan koleksinya namun juga dengan pesan yang kami sampaikan,” ujar Ida Dewi, tim Makaila Haifa.

Event ini diselenggarakan oleh #MARKAMARIE dan didukung oleh Sumatra Highlands, The Curvakum Label dan Soeperindo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *