Hentikan Masukkan Bawang Putih ke Vagina

WomanIndonesia.co.id – Ada yang mengatakan bahwa bawang putih dapat mengobati infeksi jamur jika Anda memasukkannya ke dalam vagina. Tolong, jangan lakukan itu!

Seorang kolumnis kesehatan untuk New York Times  sekaligus dokter kandungan Jennifer Gunter menguraikan mengenai dampak penggunaan bawang putih sebagai obat antijamur.

Menurutnya, bawang putih itu memiliki bakteri dari tanah. Bakteri dan tanah dapat bersifat patogen yang buruk bagi tubuh. Itulah sebabnya, kita harus membersihkan luka.

“Jika Anda benar-benar memiliki radang vagina yang meradang, bakteri tanah itu akan lebih mungkin menginfeksi,” imbuhnya, seperti dikutip laman dpa-international.

Gunter menjelaskan bahwa memang benar bawang putih mengandung allicin—telah dibuktikan di laboratorium—memiliki sifat antijamur dan antimikroba. Hanya saja, bawang putih hanya dapat melepaskan allicin jika dihancurkan.

Pada tahun 2001, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied Microbiology and Biotechnology mengamati sifat-sifat obat bawang putih, dan menemukan bahwa bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, karena ia memiliki efek menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh, misalnya.

Namun, hanya karena bawang putih mungkin memiliki beberapa sifat antijamur, itu tidak menjadikannya sebagai pengganti yang memadai untuk obat infeksi jamur – atau untuk penyakit apa pun dalam hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *