Makan Ikan Bisa Turunkan Risiko Asma Hingga 70 % Lho

WomanIndonesia.co.id – Punya asma dan ingin asma Anda tidak gampang kambuh? Gampang, coba konsumsi ikan aja secara rutin, ladies.

Ya, minyak ikan yang kaya asam lemak tak jenuh ganda atau N3 , dan mengandung asam lemak omega-3 dan 6, rupanya tidak hanya baik untuk perkembangan dan fungsi otak dan pusat sistem saraf. Tapi juga menurunkan risiko asma, bahkan hingga 70 %.

Dalam studi itu juga ditemukan bahwa tipe tertentu dari N-3 (dari minyak ikan laut) secara signifikan dikaitkankan dengan penurunan risiko asma atau gejala-gejala mirip asma hingga 62 persen.

“Sementara konsumsi n-6 yang tinggi ( dari minyak sayur-sayuran) terkait peningkatan risiko hingga 57 persen,” kata Andreas Lopata, Profesor dari James Cook Universitas di Australia, seperti dilansir laman Healthmeup, Selasa, (26/3/2019)

Saat ini, jumlah orang yang menderita asma sekira 334 juta, dan sekitar seperempat juta orang meninggal karena asma setiap tahun.

“Bahkan Jika Anda memasukkan kontaminan, seperti merkuri yang biasanya ditemukan di beberapa jenis ikan laut, manfaat dari konsumsi ikan dan makanan laut jauh lebih besar daripada potensi risikonya, ” kata Lopata dalam makalah yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Research and Public Health.

Namun, dia menekankan perlunya penelitian lebih lanjut untuk memahami agar manfaat n-3 bisa dioptimalkan dan efek negatif dari n-6 diminimalisir.

Adapun untuk mencapai kesimpulan itu, Lopata dan tim melibatkan 642 orang yang bekerja di pabrik pengolahan ikan di sebuah desa di Afrika Selatan.
(tsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *