Selain Cegah Kanker, Ini 8 Manfaat Kesehatan dari Kacang Lima

WomanIndonesia.co.id – Apakah Anda orang yang suka mengonsumsi kacang-kacangan untuk menjaga kesehatan. Bila jawabannya ‘ya’, sudahkah Anda mengonsumsi kacang Lima?
Kacang Lima atau Phaseolus lunatus merupakan varietas dari kacang kratok yang berbiji besar. Disebut juga “Butter Bean” atau kacang mentega karena rasanya yang mirip mentega. Bentuknya polong dengan panjang 3-5 cm dan lebar 1,5 cm. Satu buah berisi 3-4 biji dengan bentuk seperti ginjal. Di pulau Jawa, buah ini dikenal dengan nama krotok.

Kacang lima memiliki rasa yang lezat sehingga sering digunakan dalam berbagai masakan. Kacang ini biasa menjadi lauk musim panas di negara asalnya, Amerika Serikat. Namun, selain rasanya yang lezat, kacang lima ternyata kaya akan nutrisi, antioksidan, dan sterol tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Penasaran apa saja itu? Seperti yang dilansir laman Boldsky, ada 9 manfaat kacang lima bagi kesehatan.

1. Mencegah sembelit

Kacang lima berfungsi sebagai pencahar untuk mengurangi kemungkinan sembelit karena serat makanan yang tidak larut di tubuh. Memakan kacang lima dapat memudahkan serat makanan tercerna dengan baik dan membuat BAB (buang air besar) teratur.

2. Membantu perbaikan dan pertumbuhan jaringan tubuh

Kacang lima kaya akan protein yang sangat dibutuhkan tubuh. Protein berfungsi dalam pertumbuhan dan perbaikan sel dan jaringan tubuh. Dengan mengonsumsi kacang lima, tubuh akan mendapatkan asupan protein yang juga bisa membantu pemulihan lebih cepat dari cedera atau penyakit.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Kacang lima mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan jantung, seperti serat makanan, kalium, magnesium, folat dan saponin. Serat berfungsi menurunkan penyerapan kolesterol dalam aliran darah dan mengurangi tekanan darah. Folat mengurangi penebalan dinding arteri, sedangkan kalium dan magnesium berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Mencegah kanker

Kandungan serat makanan dalam kacang lima dapat melindungi usus besar dari zat beracun. Juga bertindak sebagai pengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. Selain itu, kacang lima mengandung senyawa isoflavon seperti genistin dan daidzein yang telah ditemukan dapat melindungi tubuh dari kanker payudara.

5. Stabilkan gula darah

Selain manfaat di atas, serat makanan yang terkandung dalam kacang lima juga dapat membantu mengelola kadar gula darah. Bagi Anda yang menderita diabetes, mengonsumsi kacang lima ini secara rutin akan mengelola resistensi insulin Anda.

6. Meningkatkan energi

Kacang lima merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Zat ini membantu meningkatkan produksi energi dan metabolisme di dalam tubuh. Saat cadangan zat besi mulai menipis di dalam tubuh, produksi sel darah merah akan berkurang untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini akan mengakibatkan tubuh menjadi lemah karena rendahnya tingkat energi.

7. Mencegah masalah kehamilan

Kacang lima sangat kaya akan kandungan folat/asam folat yang sangat dibutuhkan bagi janin. Folat berfungsi untuk membantu mencegah cacat lahir saraf otak dan sumsum tulang belakang pada bayi.

8. Membantu proses pencernaan

Serat yang terkandung dalam kacang lima dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkakan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Serat juga berfungsi sebagai prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus dan menurunkan faktor risiko obesitas dan sindrom metabolik.
(tsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *