Manfaat Tidur 8 Jam yang Wajib Diketahui (I)

WomanIndonesia.co.id – Apakah Anda sering merasa tubuh kurang fit setiap hari? Atau sering mengalami keluhan-keluhan kesehatan? Jika iya, mungkin karena pola tidur Anda yang kurang sehat, yakni kurang dari7-8 jam setiap hari. Persoalan tidur sering kali disepelekan, faktanya tidur punya andil yang penting untuk kesehatan tubuh Anda.

Tidur yang cukup merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat dan bermanfaat bagi kesehatan jantung, berat badan, pikiran, dan lainnya. Saat Anda memperbaiki pola tidur, Anda akan langsung merasakan perubahan signifikan pada kesehatan tubuh Anda setiap hari.

Mau tahu apa saja perubahan kesehatan itu? Berikut ulasan menariknya seperti dilansir laman Boldsky, Rabu (27/3/2018)

1. Membuat Anda lebih bahagia

Pernahkah Anda merasa badmood karena kurang tidur? Sering? Jangan biasakan hal itu ladies. Karena, ternyata tidur yang tidak cukup bisa memengaruhi kebahagiaan seseorang. Alasannya, karena tubuh tubuhnya yang tidak fit.

2. Menghindari disfungsi ereksi

Ya, kurangnya tidur dapat memengaruhi libido seseorang dan meningkatkan kemungkinan disfungsi ereksi. Ini dikarenakan tidur dianggap bisa memulihkan dan meningkatkan kadar testosteron yang dapat meningkatkan dorongan seksual.

3. Membantu membentuk otot

Tidur adalah waktu ketika tubuh Anda menyembuhkan kerusakan otot pasca latihan beban di gym. Selama Anda tidur, tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan. Jika Anda kurang atau tidak tidur, maka proses pembentukan otot akan terganggu.

4. Membantu menjaga berat badan

Tahukah Anda bahwa kurang tidur bisa membuat seseorang mengalami obesitas? Ya, menurut sebuah penelitian, orang yang tidur kurang dari 7 jam semalam punya kemungkinan 7,5 kali kelebihan berat badan. Ini karena pengaruh hormon saat seseorang kurang tidur.

5. Mencegah risiko diabetes

Sebuah penelitian menjelaskan, orang yang tidur 6 jam atau kurang dari 6 jam berisiko 1,7 kali lebih mungkin untuk terkena diabetes. Dan mereka yang hanya tidur 5 jam atau kurang dari itu akan berisiko 2,5 kali lebih mungkin terserang diabetes.

6. Membuat kulit lebih sehat

Ditemukan penelitian bahwa orang yang tidur selama 8 jam setiap hari dapat mudah pulih usai terkena paparan ultraviolet. Selain itu, mereka juga menunjukkan menghambat tanda-tanda penuaan.
(tsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *