Nih, Bahaya di Balik Minuman Bersoda

WomanIndonesia.co.id – Minuman bersoda memang terasa nikmat saat diminum di cuaca panas. Rasa segar dan sensasi meledak ketika diminum menjadi sesuatu yang sering menggoda tenggorokan, terutama ketika kita merasa haus. Namun, tahukah Anda mengonsumsi minuman bersoda terlalu sering tidak baik baik?

Dilansir laman Foxnews, Kamis, (28/3/2019), sering minum minuman bersoda ternyata berdampak negatif bagi kesehatan tubuh Anda. Seperti yang Anda tahu, di dalam minuman bersoda terkandung zat pengawet, kafein, pemanis, dan pewarna yang semua zat tersebut berbahaya bagi kesehatan.

Dari aneka kandungan itu memberi efek negatif tertentu bagi seseorang. Bagi Anda penderita diabetes sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman soda. Kandungan gula pada minuman soda akan semakin meningkatkan gula darah dan memperburuk diabetes Anda.

Cegah Kematian Dini, Kurangi Minuman Manis

Tubuh memang membutuhkan gula untuk memperoleh energi. Dimana pankreas akan melepaskan insulin untuk membantu mengangkut gula ( dari konsumsi asupan karbohidrat) ke otot dan mengubahnya menjadi energi. Tetapi faktanya, soda mengandung lebih banyak gula dibanding yang dibutuhkan otot Anda.

Meltem Zeytinoglu, MD, MBA, seorang ahli endokrinologi dan asisten profesor kedokteran di University of Chicago Medicine mengatakan, “Dalam kebanyakan kasus, soda kerap dikonsumsi di luar hitungan makan, sehingga tubuh perlu memproses karbohidrat tambahan di samping karbohidrat dari asupan rutin. Gula tambahan ini, alih-alih disimpan dalam jaringan otot, malah dikonversi menjadi lemak di hati.”

Di samping itu, ginjal Anda akan ikut bekerja keras menyingkirkan kelebihan gula melalui urin Anda. Itu berarti tubuh akan kehilangan air sehingga meningkatkan risiko dehidrasi. “Gula dan kafein dalam soda adalah kombinasi yang tidak sehat,” kata Dr. Zeytinoglu.

Tidak hanya itu, gula juga dapat membuat seseorang menjadi ketagihan. Menurut sebuah penelitian Princeton, ketika tikus yang lapar diberi makanan yang manis, otak tikus-tikus tersebut melepaskan dopamin yang bisa membuat ketagihan. Kemudian kesimpulan penelitian National Institutes of Health menunjukan bahwa gula juga bisa membuat ketagihan pada manusia.

Akan tetapi eeits, jangan langsung membuang stock minuman soda di lemari es Anda. Meskipun berbahaya, tapi minuman bersoda masih bisa Anda konsumsi asal dalam porsi yang wajar.

Waspada, Sering Konsumsi Makanan Manis Picu Gigi Berlubang

“Soda sesekali tidak akan berdampak signifikan pada kesehatan Anda. Tapi, jangan dibiasakan. Ketika kebiasaan menjadi hal biasa, itu akan menjadi masalah. Carilah minuman non-kalori lain yang tetap bisa Anda nikmati, seperti es teh, dan air,” kata Cordialis Msora-Kasago, MA, RDN, ahli gizi terdaftar di Los Angeles, CA, dan juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics.
(tsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *