Mengenal Madu Manuka, Madu Asli Selandia Baru

WomanIndonesia.co.id – Madu manuka merupakan salah satu jenis madu yang kini tengah naik daun. Madu ini adalah hasil kombinasi sifat-sifat terapeutik madu dan pohon manuka yang hanya tumbuh di Selandia Baru.

Pohon manuka sendiri memiliki sejarah panjang ratusan tahun sebagai tanaman obat yang dihormati, yang secara tradisional digunakan oleh orang-orang dari suku Maori, Selandia Baru, sebagai obat anti inflamasi dna penyembuhan terutama untuk penyakit pencernaan, mulut, dan kulit.

Yang istimewa dari tanaman ini adalah mereka hanya mekar selama enam sampai delapan minggu dalam waktu satu tahun, sehingga proses produksinya pun terbatas. Selain itu, pohon manuka tumbuh secara liar di daerah-daerah terpencil dan sangat berpengaruh pada angin dan cuaca setempat.

Madu dari pohon manuka telah diteliti secara luas dan diakui oleh para ilmuwan dan ahli medis untuk khasiat terapeutiknya yang luar biasa, terutama popularitasnya sebagian besar karena sifat anti bakteri dan penyembuhan yang kuat.

Di tahun 2006, para peneliti dari Manuka Health menemukan bahwa methyglyoxal (MGO), senyawa kunci anti bakteri alami terdapat madu manuka. MGO dibentuk dalam madu dari dihydroxyacetone (DHA), bahan yang ditemukan di nektar bunga manuka.

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh karena memiliki efek anti bakteri yang kuat dengan kandungan MGO yang tinggi, madu manuka juga bagus untuk sistem pencernaan manusia. Disebut madu manuka berkhasiat untuk menghambat bakteri yang terkait dengan tukak lambung, anti inflamasi dan protektif.

Untuk kesehatan mulut, madu manuka membantu menghambat bakteri terkait dengan pembentukan plak, kerusakan gigi, dan penyakit gusi, serta dapat menenangkan batuk kering. Sama seperti madu pada umumnya, madu manuka dapat menyembuhkan luka, membantu melawan infeksi, dan mengurangi peradangan ketika dioleskan pada luka.

(eka)