Womanindonesia.co.id – Mikael Jasin, seorang Barista ternama Indonesia dan Brand Ambassador Arummi Cashew Milk, baru saja berhasil memenangkan World Barista Championship (WBC) 2024 di Busan, Korea Selatan. Prestasi ini menunjukkan bahwa Indonesia semakin memperkuat posisinya sebagai negara penghasil kopi yang tak terkalahkan di Asia Tenggara.
Berdasarkan laporan Momentum Works, Coffee in Southeast Asia: Modernising Retail of the Daily Beverage, Indonesia merajai pasar kopi modern di Asia Tenggara pada tahun 2023. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya gerai kopi di Indonesia dan tren kebutuhan akan kopi dan berbagai kreasinya yang semakin meningkat.
Seiring dengan semakin maraknya gerai kopi dan tren kebutuhan akan kopi, profesi barista juga semakin digemari dan bertumbuh menjadi salah satu profesi yang menjanjikan. Barista dituntut untuk dapat bertumbuh dan berinovasi menciptakan kreasi minuman kopi karena trennya juga terus berkembang.
Sebagai contohnya, Mikael Jasin yang sudah lebih dari 10 tahun berkecimpung di industri kopi selalu aktif mengikuti berbagai kompetisi Barista baik dalam maupun luar negeri. Terbaru, Mikael Jasin membuktikan kecintaan dan dedikasinya di industri kopi dengan memenangkan WBC 2024 di Busan, Korea Selatan setelah sebelumnya menjadi juara 4 di WBC 2019. Kemenangan ini diraih setelah Ia tampil prima mengalahkan 53 kompetitor dari 50 negara.
Mikael Jasin yang menggunakan salah satu produk susu nabati lokal Indonesia yaitu Arummi Cashew Milk pada penampilannya di WBC 2024, menunjukkan bahwa produk susu nabati semakin populer dan mendukung tren kopi nabati yang semakin berkembang.
Salah satu inovasi yang ditampilkan adalah campuran Arummi Cashew Milk dengan susu lainnya dalam proporsi tertentu. Proses pengembangan produk susu kacang mede Arummi dimulai dengan melibatkan barista untuk memahami kebutuhan spesifik mereka, seperti kemampuan untuk menghasilkan tekstur susu yang creamy, mudah untuk difrothing, dan cocok untuk dijadikan campuran berbagai bahan.
Chief Executive Officer Arummi Foods, Nacitta Kanyandara, menjelaskan bahwa melalui pengujian berkali-kali dan berbagai sesi diskusi dengan Barista, Arummi terus menyempurnakan tekstur dan rasa supaya susu kacang mede Arummi tidak hanya cocok untuk kreasi kopi, tetapi juga membuat pengalaman minum kopi menjadi lebih seru dan unik.
Oleh karena itu, Arummi Cashew Milk membuat kampanye yaitu “Arummi Artistry” yang terinspirasi dari kreasi para Barista di Indonesia. Campaign ini mengajak Barista untuk mencoba kreasi dan variasi menggunakan berbagai bahan campuran, salah satunya menggunakan Arummi Cashew Milk yang sangat cocok untuk dicampur dengan kopi. Kampanye ini akan diselenggarakan mulai tanggal 21 Mei-15 Juni 2024 di instagram @arummi.foods.
Mikael Jasin menambahkan bahwa inovasi menjadi penting bagi para pembuat kopi untuk tetap berkembang mengikuti tren yang terus berubah.
Arummi dan Mikael sebagai Brand Ambassador memiliki visi yang sama untuk menghadirkan minuman kopi yang enak dan inovatif yang bisa dinikmati lebih banyak orang di Indonesia. Oleh karena itu, kedepannya akan lebih banyak kolaborasi dari kedua belah pihak guna mendukung dan memperkuat komoditas lokal Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News