Moms, 7 Makanan ini Baik untuk Perkembangan Otak Janin

WomanIndonesia.co.id – Tahukah Moms untuk meningkatkan kecerdasan anak, ternyata bisa dilakukan sejak janin berada dalam kandungan, lho. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan memastikan asupan gizinya tercukupi agar terhindar dari gangguan kesehatan. Nah jadi, Ibu perlu selektif dalam memilih makanan demi janin dalam perutnya.

Berikut makanan untuk pertumbuhan otak janin yang baik untuk dikonsumsi Moms seperti yang dikutip Halodoc:

Baca terus womanindonesia.co.id untuk mendapatkan informasi penting bagi kehidupan Anda.

1. Telur

Jangan sepelekan khasiat makanan yang satu ini. Kandungan zat kolin di dalamnya mampu membantu perkembangan memori dan kemampuan belajar Si Kecil. Selain kolin, telur juga kaya akan zat besi yang manfaatnya sudah dijelaskan di atas.

2. Zat Besi

Jangan lupa makanan seperti daging ayam, kacang-kacangan, dan daging sapi tanpa lemak. Makan seperti itu kaya akan zat besi dan nutrisi penting yang baik untuk janin. Kandungan zat besi bermanfaat untuk mengirimkan oksigen padanya.

Anda harus berhati-hati, sebab kekurangan zat bisa bisa berdampak negatif pada IQ nya kelak. Sebab zat besi ini merupakan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dalam kandungan.

3. Ikan

Sebuah penelitian dari Harvard Medical School menunjukkan, semakin banyak ikan yang dimakan ibu selama trimester kedua, semakin tinggi pula skor dari perkembangan mental bayi pada usia enam bulan. Ikan masuk ke dalam makanan untuk pertumbuhan otak janin karena kandungan asam lemak omega-3, terutama DHA (Docosahexaenoic acid).

DHA ini sangat baik untuk membantu pertumbuhan sistem saraf dan otak janin. Zat ini juga bisa membantu proses kematangan otak dan sistem saraf pusat janin. Namun, perlu berhati-hati dalam memilih ikan, sebab beberapa ikan bisa saja terkontaminasi oleh merkuri yang membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Baca juga

Lima Tips Menjalani Kehamilan dengan Bahagia

Moms, Ini Lho Pentingnya Menyusui Seusai Melahirkan

Seks Oral Selama Kehamilan, Perlu Gak Sih?

4. Bayam

Bayam termasuk ke dalam makanan untuk pertumbuhan otak janin yang sangat baik. Sayuran ini kaya akan asam folat yang dibutuhkan untuk pembentukkan awal otak dan sumsum tulang belakang janin.

Asam folat juga bisa bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi jaringan otak janin dari kerusakan. Ibu mesti waspada, sebab menurut studi, kekurangan asam folat bisa meningkatkan risiko cacat lahir pada janin.

5. Alpukat

Buah yang satu ini mengandung oleic acid yang bisa membantu dan memelihara kesehatan sistem saraf meliputi jaringan otak. Enggak hanya itu, alpukat juga bisa memaksimalkan perkembangan otak janin, lho.

6. Yogurt Yunani

Kandungan probiotik dan vitamin B kompleks pada yoghurt sangat penting untuk pertumbuhan jaringan otak dan senyawa kimia otak. Selain itu, menurut penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition, probiotik bisa meningkatkan kesehatan bayi, setidaknya bagi bayi yang lahir melalui persalinan normal dan diberi ASI.

7. Asam Folat

Asam folat termasuk nutrisi penting dalam pembentukan sel otak. Suplemen prenatal (masa sebelum kelahiran) dengan asam folat, penting bagi kecerdasan Si Kecil meski dalam kandungan.

Temuan ahli dalam Journal of American Medical Association menjelaskan tentang manfaat asam folat bagi ibu hamil. Dengan mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa menurunkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen.

Nah, Anda bisa menemukan makanan yang kaya akan asam folat pada sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kubis.
(eka)